18 Makanan Bernutrisi Tinggi Yang dibutuhkan Tubuh

Makanan Bernutrisi Tinggi

Makanan Bernutrisi Tinggi

Makanan Bernutrisi Tinggi memang terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. ada banyak sekali jenis makan yang di dalamnya memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, sehingga makanan tersebut sangat penting dan patut untuk kita konsumsi setiap hari agar tubuh tetap sehat.

Makanan bernutrisi tinggi tidak selalu mahal, karena sejenis makanan biji-bijian, sayuran, buah-buahan dan sumber makanan hewani tertentu mempunya sumber nutrisi yang sangat tinggi. penasaran, makanan apa saja yang mengandung sumber nutrisi tinggi di dalamnya? Simak info selengkapnya dibawah berikut ini.

Daftar Makanan Bernutrisi Tinggi Yang Baik Untuk Dikonsumsi

  1. Jagung

Jagung

Jika dibandingkan antara jagung yang dikemas dalam kemasan kaleng dengan jagung yang dibekukan di dalam plastik, maka jagung yang dibekukan jelas memiliki rasa yang lebih enak. Menurut hasil penelitian dari Delicatessen di New York City mengungkapkan bahwa membekukan jagung terbkti mampu meningkatkan kadar lutein dan juga zeaxanthine di dalamnya. Kandungan zeaxanthin ini merupakan sejenis karotenoid yang mampu mencegah dan menurunkan kapabilitas daya penglihatan. Meski demikian, sebaiknya konsumsi jagung beku juga tidak berlebihan.

  1. Kacang Polong
Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan

Tidak hanya jagung, makanan bernutrisi tinggi lainnya yaitu kacang polong. Kacang polong ini juga sering dibekukan, karena menurut penelitian kacang polong yang dibekukan dapat meningkatkan jumlah dari zat antioksidan di dalamnya. Selain itu, di dalam kacang polong juga mengandung vitaimin C sekitar 13 persen yang dapat membantu memenuhi asupan vitamin C harian tubuh.

  1. Blueberry
Blueberry

Blueberry

Blueberry merupakan salah satu jenis makanan sehat yang sangat kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Jenis antioksidan yang terdapat dalam buah ini yaitu jenis anthocyanins yang termasuk ke dalam kategori flavonoids yang dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan juga kanker. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Pepaya
Pepaya

Pepaya

Salah satu buah tropis ini sangat mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun di swalayan, di dalam buah ini tersimpan banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti vitamin C, asam folat, serat dan potasium. Selain itu, kandungan nutrisinya yang lengkap pepaya juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mendukung tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Kandungan serat alami yang terdapat pada buah pepaya sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit yang biasanya sering kali di alami oleh ibu hamil, terutama pasa saat memasuki trimester ketiga.

  1. Kacang Merah
Kacang Merah

Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu makanan sehat yang sangat kaya akan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, di dalam kacang merah mengandung serat, protein, vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi, kalium, fosfor dan juga magnesium. Kacang merah sangat mudah dalam pengolahannya untuk dijadikan sebagai makanan atau masakan, biasanya jenis kacang ini sering dijadikan sebagai bahan tambahan pelengkap masakan.

  1. Ubi
ubi

ubi

Ubi merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai sumber karbohidrat tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Ubi sendiri termasuk ke dalam jenis makanan dalam kategori umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah. Ubi juga mengandung vitamin seperti vitamin A, B, C dan juga vitamin E. Untuk mendapatkan nutrisi dari ubi ini, anda bisa mengolahnya dengan cara di bakar, di rebus atau di kukus.

  1. Kacang Kedelai
Sari Kedelai

kacang Kedelai

Kacang kedelai juga merupakan jenis makanan yang sangat sering kita jumpai, cara pengolahannya pun sangat mudah dan bisa dijadikan sebagai makanan olahan seperti tahu, tempe, bunga tahu, tauco dan juga bisa dijadikan susu kedelai yang sangat menyehatkan. Kacang kedelai ini juga begitu populer bagi kalangan para pecinta vegetarian.

  1. Gandum
Gandum

Gandum

Gandum merupakan jenis tanaman biji-bijian yang mirip dengan tanaman padi. Gandum sering di olah untuk dijadikan sebagai tepung untuk digunakan sebagai bahan membuat roti, kue atau sereal. Kandungan nutrisi yang terdapat pada gandum sangat lengkap mulai dari vitamin B kompleks, serat dan zat besi. Gandum juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, gandum ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan sehat untuk diet dalam bentuk sereal.

  1. Kacang Almond
Kacang Almond

Kacang Almond

Jneis kacang-kacangan lainnya yang termasuk ke dalam makanan bernutrisi tinggi yaitu kacang almond. Bentuk dari kacang almond ini sangat mirip dengan kemiri, kacang almond sendiri biasanya dijadikan sebagai bahan toping pada berbagai olahan makanan tetapi juga dapat dijadikan sebagai cemilan yang mneyehatkan. Di dalam kacang almond mengandung vitamin E, serat dan protein yang sangat tinggi serta mengandung mineral penting seperti zat besi dan magnesium. Cara terbaik mengkonsumsi kacang almond sebaiknya di makan mentah atau jika akan di olah menjadi olahan makanan sebaiknya jangan telalu banyak menambahkan garam dan gula.

  1. Sayuran Hijau
sayuran membakar lemak tubuh

Sayuran

Makanan sehat bernutrisi tinggi berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan yaitu sayuran hijau. Makanan ini sangat baik dikonsumsi setiap hari, karena sayuran hijau mengandung gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil. Banyak sekali manfaat sayuran hijau bagi kesehatan tubuh, beberpaa diantaranya yaitu baik untuk menjaga sistem metabolisme tubuh, melancarkan sistem pencernaan, mengatasi dan mencegah anemia serta dapat membentuk hemoglobin di dalam tubuh.

  1. Ikan Salmon
Ikan

Ikan

Warna dagingnya yang berwarna cerah dan bertekstur lembut, daging ikan salom memang begitu difavoritkan banyak kalangan. Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan rutin mengkonsumsi daging ikan salmon, bahkan ikan salmon ini sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Hal ini dikarenakan, di dalam daging ikan salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan daging ini rendah lemak sehingga sangat cocok utuk dijadikan sebagai menu makanan sehat bagi keluarga.

  1. Ikan Lele
Ikan Lele

Ikan Lele

Mungkin masih banyak kalangan masyarakat yang menyepelekan manfaat ikan lele untuk kesehatan, pada kenyataannya makanan sehat ini mengandung nutrisi yang sangat tinggi dan memiliki rasa yang sangat lezat jika di olah menjadi masakan. Bahkan daging ikan lele ini sangat baik untuk dijadikan menu hidangan ketika sedang diet, karena daging ikan lele ini sangat rendah lemak dan kalori. Selain itu, daging ikan lele ini mengandung protein, omega 3, omega 6 dan juga vitamin B12 yang sangat baik untuk stamina tubuh dan perkembangan otak anak.

Makanan bernutrisi tinggi lainnya, yaitu :

  1. Daging sapi
  2. Daging kambing
  3. Daging ayam kampung
  4. Daging bebek
  5. Susu dan olahan makanannya
  6. Dan masih banyak lagi makanan sehat bernutrisi tinggi lainnya.

Itulah beberapa jenis makanan bernutrisi tinggi yang bisa anda konsumsi setiap hari, semoga informasi kami diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kita semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • contoh makanan bernutrisi

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

18 Makanan Bernutrisi Tinggi Yang dibutuhkan Tubuh | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: