20 Makanan Mengandung Kalsium Tinggi Untuk di Konsumsi

makanan mengandung kalsium tinggi

img : wikipedia.org

Makanan Mengandung Kalsium Tinggi – Kalsium adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan bagi tubuh manusia. Salah satu peranan penting kalsium bagi tubuh adalah untuk membantu dalam proses pembentukan gigi dan tulang. Kalsium adalah jenis mineral yang dikelompokkan ke dalam jenis mineral makro.

Asupan kalsium bisa anda dapatkan dari berbagai jenis makanan sumber kalsium yang bisa anda konsumsi. Beberapa jenis makanan dikenal memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium sangat dibutuhkan bagi tubuh terutama pada masa pertumbuhan. Untuk itu, sangat disarankan bagi anda untuk menambahkan menu makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

Lalu, apa saja jenis makanan yang berkalsium tinggi? Dan apa saja manfaat kalsium bagi kesehatan tubuh manusia? Untuk mengetahui lebih jauh, baca pembahasannya dibawah ini

Manfaat Kalsium bagi Tubuh Manusia

Kalsium memiliki berbagai manfaat dan peranan penting bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi makanan berkalsium:

  • Membantu menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis
  • Membantu pertumbuhan dan menguatkan gigi
  • Membuat sirkulasi darah lebih lancar
  • Membantu menyehatkan saraf
  • Membantu melenturkan otot
  • Menjaga tekanan darah tetap normal
  • Membantu tingkat keasaman darah tetap seimbang
  • Membantu mencegah kanker usus
  • Membantu mencegah serangan jantung
  • Menjaga cairan dalam tubuh tetap seimbang
  • Membantu mengurangi resiko terkena kencing manis
  • Membantu mengatasi rematik dan kram serta sakit pinggang

20 Daftar Makanan Mengandung Kalsium Tinggi Untuk di Konsumsi

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk tubuh, anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan. Beberapa jenis makanan memiliki kandungan sumber kalsium yang tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa kebutuhan kalsium setiap harinya pada tiap orang akan berbeda-beda. Kebutuhan kalsium berbeda dapat didasarkan pada usia seseorang, apakah itu usia anak-anak, usia remaja, usia dewasa, maupun usia lanjut.

Lalu apa saja makanan yang memiliki kandungan tinggi kalsium? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sumber kalsium

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal memiliki memiliki kandungan gizi yang tinggi. Salah satu kandungan yang ada pada ikan salmon adalah kalsiumnya yang tinggi. Kandungan kalsium pada 6 ons ikan salmon mencapai 161mg. Oleh karena itu, ikan salmon merupakan salah satu ikan sumber kalsium yang tinggi.

  1. Ikan Sarden

Selain ikan salmon, jenis ikan yang kaya akan kalsium adalah ikan sarden. Jenis ikan laut satu ini dikenal kandungannya yang kaya akan kalsiumnya. Kandungan kalsium pada 3 ons ikan sarden mencapai 325 mg. Anda bisa menambahkan ikan sarden pada menu makanan anda untuk membantu memenuhi kebutuhan akan kalsium.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki berbagai kandungan didalamnya. Selain kandungan zat besinya, bayam juga kaya akan kandungan kalsiumnnya. Kandungan kalsium pada 50 gram bayam bisa sebanyak 75 mg kalsium. Anda bisa menambahkan bayam pada menu makanan sebagai sayuran sumber kalsium.

  1. Brokoli

Selain bayam, sayuran yang banyak mengandung kalsium selanjutnya adalah brokoli. Kandungan kalsium pada 100 gram brokoli bisa mencapai 60 mg kalsium.

  1. Kacang Almond

Salah satu makanan dari jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi adalah kacang almond. Kandungan kalsium pada 150 gram kacang almond bisa mencapai 350 mg kalsium.

  1. Kacang Kedelai

Tidak hanya kacang almond, jenis kacang kedelai juga dikenal memiliki beberapa kandungan didalamnya. Salah satu kandungan tersebut adalah kalsiumnya tinggi.

  1. Tahu

Tahu merupakan salah satu jenis makanan olahan yang terbuat dari kacang kedelai. Oleh sebab itu, makanan ini juga memiliki kandungan kalsium. Kandungan kalsium pada 50 gram tahu adalah sebanyak 250 mg kalsium.

  1. Pokchoy

Pokchoy merupakan salah satu jensi sayuran lain yang mengandung kalsium. Kandungan kalsium pada 1 cangkir sayuran pokchoy bisa sebanyak 75 mg.

  1. Susu Sapi

Susu merupakan salah satu minuman yang dikenal sebagai minuman sumber kalsium yang tinggi. Salah satu susu yang kaya akan kalsium adalah susu sapi. Sudah sejak dahulu susu sapi banyak dimanfaatkan sebagai minuman yang berkalsium tinggi.

Baca Juga:

  1. Susu kambing

Sama halnya seperti susu sapi, susu kambing juga menjadi salah satu minuman yang kaya akan kalsium. Selain sebagai susu tinggi kalsium, susu kambing juga memiliki kelebihan yaitu lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan susu sapi.

  1. Keju

Keju merupakan salah satu makanan olahan yang terbuat dari fermentasi susu, sehingga tentu saja keju juga kaya akan kalsium. Keju dapat anda tambahkan pada berbagai menu makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh anda.

  1. Susu Kedelai

Selain dapat dibuat menjadi berbagai macam olahan seperti tahu, kedelai juga bisa dibuat menjadi susu kedelai. Tentu saja susu kedelai merupakan salah satu susu yang tinggi akan kalsium.

  1. Yogurt

Bentuk produk olahan lain dari susu selain keju adalah yogurt. Yogurt dihasilkan dari proses fermentasi susu. Oleh karena itu, anda dapat menjadikan yogurt menjadi salah satu minuman yang berkalsium tinggi.

  1. Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan lainnya yang mengandung kalsium. Kandungan kalsium pada 1 cangkir kacang merah bisa mencapai sebanyak 78 miligram kalsium.

  1. Kacang Putih

Selain kacang merah, ada juga jenis kacang  yang kaya akan kalsium yaitu kacang putih. Kandungan kalsium pada 50 gram kacang putih adalah sebanyak 221 mg kalsium.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang berupa gandum utuh. Selain beberapa kandungannya seperti kandungan karbohidat dan seratnya yang tinggi, oatmeal juga memiliki kandungan kalsium. Kandungan kalsium pada satu mangkuk oatmeal adalah sebanyak 105 mg kalsium.

  1. Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang bisa menjadi sumber kalsium. Selain beberapa kandungan pada pisang seperti zat besi, magnesium, serta fosfornya, buah pisang juga mengandung kalsium.

  1. Lobak

Selain kandungan vitamin A nya yang cukup tinggi, lobak juga memliki kandungan kalsium yang berguna untuk perkembangan tubuh kita. Kandungan kalsium pada satu batang lobak adalah sekitar 200 mg.

  1. Sayur Kol

Sayuran kol merupakan sayuran yang masih sejenis dengan kubis. Kandungan kalsium pada satu cangkir sayuran kol adalah sebanyak 90 mg.

  1. Biji Wijen

Tahukah anda, bahwa ternyata biji wijen juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Kandungan kalsium pada 1 sendok biji wijen setidaknya terdapat 160mg kalsium.

Tambahan

Kebutuhan akan kalsium perharinya pada setiap orang berbeda-beda. Ini bisa didasarkan pada usia seseorang dan bisa juga didasarkan pada kondisi kesehatannya. Pada kondisi penyakit tertentu, menyebabkan seseorang harus mengonsumsi makanan yang banyak kalsium. Namun sebaliknya, ada juga penyakit yang menyebabkan kita tidak boleh mengonsumsi kandungan kalsium secara berlebihan.

kata untuk mencari artikel ini:
  • Makanan yang mengandung kalsium
  • makanan yg mengandung kalsium
  • makanan mengandung kalsium
  • makanan berkalsium tinggi
  • makanan yang banyak mengandung kalsium
  • makanan berkalsium
  • daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi
  • makanan penambah kalsium
  • sayuran yang mengandung kalsium
  • makanan tinggi kalsium
  • makanan yg banyak mengandung kalsium
  • makanan sumber kalsium
  • penambah kalsium
  • jenis makanan yang mengandung kalsium
  • makanan yg mengandung kalsium tinggi

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

20 Makanan Mengandung Kalsium Tinggi Untuk di Konsumsi | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: