Inilah 15 Makanan Mengandung Serat Tinggi

makanan mengandung serat tinggi

Makanan Mengandung Serat Tinggi – Asupan serat memang sangat penting bagi tubuh manusia. Serat secara umum memiliki fungsi untuk membantu melancarkan pencernaan pada tubuh kita. Namun, serat juga memiliki peran penting dalam tubuh kita diantaranya seperti membantu dalam menurunkan berat badan, mencegah kanker usus, menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan lainnya.

Asupan serat bisa anda dapatkan dari berbagai jenis makanan yang mengandung serat tinggi. Makanan berserat tinggi bisa anda dapatkan dari berbagai jenis buah-buahan, sayuran, jenis kacang-kacangan dan lainnya.

Lalu, apa saja makanan yang kaya akan serat? Dan apa saja manfaat dan serta fungsi serat bagi tubuh kita? Untuk mengetahuinya, anda bisa baca bahasannya dibawah ini

Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Sumber serat bisa anda dapatkan dari beberapa jenis makanan seperti beberapa jenis buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa macam makanan yang mengandung serat:

  1. Sayuran hijau

Sayur-sayuran hijau merupakan makanan sumber serat alami yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis sayuran diantaranya seperti bayam, lobak dan lainnya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Anda bisa menambahkan beberapa jenis sayuran hijau untuk membantu memenuhi kebutuhan serat setiap harinya.

  1. Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah pepaya juga memiliki manfaat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan enzim papain yang berguna memecah protein pada makanan yang kita konsumsi untuk diubah menjadi peptoin. Sehingga membuat mudah diserap oleh tubuh dan membuat pencernaan lebih lancar.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki kandungan serat didalamnya. Tidak hanya hanya kandungan serat, beberapa kandungan lain pada brokoli diantaranya seperti vitamin A, C, B6, kalium, mangan, magnesium, asam folat, serta yang lainnya.

  1. Tomat

Selain bisa digunakan sebagai masker wajah, ternyata tomat memiliki kandungan serat. Disamping kandungan seratnya, tomat juga memiliki kandungan likopen yang fungsinya menekan penyakit prostat. Oleh karena itu, buah tomat baik dikonsumsi untuk para pria.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan gandum utuh yang merupakan salah satu makanan berserat tinggi. Pada oatmeal terdapat kedua jenis serat yaitu serat laut serta serat tak larut. Anda bisa menambahkan oatmeal sebagai menu sarapan pagi anda untuk memenuhi kebutuhan serat harian anda.

  1. Buah Berry

Buah dari kelompok buah berry juga bisa menjadi buah sumber serat alami bagi tubuh. Kelompok buah berry terdiri dari strawberry, blueberry, blackberry, dan rashberry. Pada satu cangkir buah berry terkandung serat kurang lebih 8 sampai 9 gram serat.

  1. Buah Pir

Buah pir merupakan salah satu buah yang kaya akan serat didalamnya. Buah pir memiliki rasa segar jika dikonsumsi. Buah pir bermanfaat untuk mencegah sembelit karena kandungan seratnya mampu membantu melancarkan pencernaan pada tubuh.

  1. Wortel

Selain kandungan vitamin A nya yang baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel memiliki kandungan serat didalamnya. Manfaat rutin mengonsumsi wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, juga biak untuk kesehatan pencernaan anda. beberapa kandungan lain pada wortel diantaranya vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, mangan serta zat besi.

  1. Buah Apel

Salah satu buah yang berserat tinggi adalah buah apel. Kandungan serat pada buah apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan tubuh kita. Anda bisa mengonsumsi buah apel secara langsung atau juga bisa membuantnya menjadi jus apel yang menyegarkan.

  1. Buah Alpukat

Buah selanjutnya yang juga kaya akan serat adalah buah alpukat. Selain dapat digunakan sebagai masker alami wajah, ternyata buah alpukat juga memiliki kandungan serat didalamnya. Buah alpukat juga aman bagi penderita diabetes karena memiliki kandungan gula yang rendah.

  1. Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang memiliki kandungan kaya serat lebih banyak daripada jenis beras putih. Disamping itu, beras merah juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh manusia.

  1. Jambu Biji Merah

Selain buah yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaa, buah jambu biji merah juga mempunyai beberapa manfaat untuk dikonsumsi, diantaranya seperti membantu menurunkan kolesterol serta membantu mengatasi sariawan.

  1. Buah Nanas

Buah nanas juga menjadi tambahan deretan buah yang mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan anda. anda bisa mengonsumsi buah nanas sebagai alternatif buah sumber serat alami.

  1. Buah mangga

Buah yang tak kalah akan kandungan seratnya adalah buah mangga. Buah yang memiliki kandungan vitamin C ini juga memiliki kandungan serat didalamnya. Kandungan serat pada 100 gram buah mangga bisa sebanyak 1,6 gram serat. Beberapa manfaat mengonsumsi buah mangaa diantaranya seperti melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, serta membantu mencegah kanker.

  1. Kacang Almond

Kacang Almond merupakan salah satu jenis kacang yang mengandung serat. Kandungan serat pada 100 gram kacang almond adalah sebanyak 12,2 gram serat. Pada kacang almond juga memiliki kandungan lemak tak jenuh, sehingga jenis kacang almond lebih sehat jika dikonsumsi daripada jenis kacang yang lain.

Fungsi dan Manfaat Serat Bagi Tubuh Manusia

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan fungsi serat bagi kesehatan tubuh manusia:

  1. Melancarkan pencernaan tubuh
  2. Membantu menurunkan berat badan
  3. Membantu mengurangi resiko penyakit jantung
  4. Membantu mencegah terjadinya kanker usus
  5. Membantu menurunkan resiko diabetes
  6. Membantu mencegah sembelit
  7. Membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh
kata untuk mencari artikel ini:
  • Sayuran berserat tinggi
  • makanan yang mengandung serat
  • makanan mengandung serat
  • sayuran yang tinggi serat
  • Buah dan sayur berserat tinggi
  • sayuran yg banyak mengandung serat
  • sayuran yang banyak mengandung serat
  • sayuran mengandung serat tinggi
  • sayur yang banyak mengandung serat
  • makanan yg mengandung serat
  • minuman yang kaya akan serat
  • makanan serat tinggi
  • sayur mengandung serat tinggi
  • makanan dan sayuran yang mengandung serat
  • sayur yang mengandung serat
Inilah 15 Makanan Mengandung Serat Tinggi | Admin | 4.5
error: