Inilah 36 Makanan Mengandung Sumber Vitamin C Tinggi

makanan mengandung sumber vitamin c

Makanan Mengandung Sumber Vitamin C – Salah satu vitamin yang memiliki peranan penting untuk tubuh manusia adalah vitamin C. vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki fungsi untuk membantu menghasilkan kolagen pada tubuh manusia. Senyawa kolagen ini memiliki peranan penting bagi tubuh yaitu berguna untuk membantu proses pembentukkan tulang, gigi, serta kulit.

Vitamin adalah salah satu zat yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Oleh sebab itu, kita harus memenuhi asupan vitamin dari makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Asupan vitamin C bisa anda peroleh dari mengonsumsi beberapa jenis makanan sumber vitamin C alami seperti buah-buahan, sayur-sayuran maupun dari makanan lain yang menjadi sumber vitamin C.

Lalu, apa saja makanan yang mengandung sumber vitamin C? dan apa saja fungsi dan manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh manusia? Untuk mengetahuinya, simak terus bahasannya dibawah ini

Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin C

Asupan vitamin C bisa anda penuhi dari beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi. Dalam sehari, tubuh memerlukan asupan vitamin C minimal sebesar 75 mg hingga 500 mg. Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C tersebut dari beberapa jenis buah-buahan, sayur-sayuran dan makanan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sumber vitamin C yang bisa anda konsumsi untuk kebutuhan vitamin C tubuh anda:

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk sudah dikenal sejak dulu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung sumber vitamin C yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah jeruk setiap hari untuk memebantu memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh anda.

  1. Buah Jambu Biji

Selain buah jeruk, salah satu buah yang menjadi sumber vitamin C adalah buah jambu biji. Kandungan vitamin C pada 100 gram jambu biji bisa mencapai 108 mg vitamin C. kandungan vitamin C pada buah jambu biji bahkan lebih banyak dibandingkan kandungan vitamin C pada buah jeruk. Kandungan vitamin C pada buah jambu biji bermanfaat menjaga sistem imun tubuh, serta memiliki sifat sebagai zat anti inflamasi.

  1. Buah Strawberry

Buah yang memiliki kandungan vitamin C selanjutnya adalah buah strawberry. Strawberry merupakan salah satu jenis buah dari kelompok buah berry. Kandungan vitamin C pada 100 gram buah strawberry yaitu sebanyak 83 mg vitamin C. kandungan vitamin C pada buah strawberry bermanfaat membantu mencegah radikal bebas, mencegah peradangan, serta mengurangi resiko penyakit kanker.

  1. Buah Apel

Kandungan vitamin C pada buah apel baik itu buah apel merah maupun buah apel hijau juga cukup tinggi. Kandungan vitamin C pada 100 gram buah apel adalah sebanyak 5 mg vitamin C. anda bisa mengonsumsi buah apel untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya.

  1. Buah Kiwi

Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah Kiwi. Buah yang asalnya dari amerika ini memiliki kandungan vitamin sebanyak 100 mg vitamin pada 100 gram buah kiwi. Manfaat dari mengonsumsi buah kiwi selain kandungan vitamin C nya diantaranya seperti membantu menjaga stamina tubuh, membantu mencegah penyakit jantung, serta membantu merawat kulit.

  1. Buah Kelengkeng

Buah kelengkeng juga bisa menjadi salah satu alternatif buah sumber vitamin C. buah khas daerah tropis ini memiliki kandungan vitamin C pada 100 gram buah kelengkeng bisa mencapai sebanyak 84 mg vitamin C.

  1. Tomat

Selain bisa dimanfaatkan untuk dijadikan masker alami wajah, buah tomat juga dikenal akan kandungan vitamin C nya. Kandungan vitamin C pada 100 gram buah tomat kurang lebih sebanyak 34 mg vitamin C. usahakan mengonsumsi tomat yang masih segar agar mendapatkan vitamin C yang lebih banyak.

  1. Cabe

Sumber vitamin C juga bisa anda dapatkan dari cabe. Tanaman yang memiliki rasa khas pedas ini selain berguna untuk memberikan rasa pedas pada masakan, ternyata memiliki kandungan vitamin C. kandungan vitamin C pada 100 gram cabe kurang lebih sebanyak 84 mg vitamin C. tetapi yang perlu dicermati bahwa jangan terlalu berlebihan mengonsumsi cabe. Terlalu banyak mengonsumsi cabe atau makanan yang mengandung banyak cabe bisa menyebabkan gangguan pada lambung serta organ pencernaan.

  1. Buah Pepaya

Selain kandungan vitamin A pada buah pepaya, ternyata buah pepaya juga mangandung vitamin C. kandungan vitamin C pada 157 gram buah pepaya bisa mencapai 95,7mg. Manfaat lain dari buah pepaya adalah membantu melancarkan metabolisme pencernaan tubuh kita.

  1. Wortel

Sayuran wortel lebih banyak dikenal sebagai sayuran sumber vitamin A. Namun selain kandungan vitamin A nya, ternyata wortel memiliki kandungan vitamin C juga. Anda bisa mengonsumsi wortel sebagai alternatif makanan sumber vitamin C.

  1. Buah Markisa

Buah yang dapat menjadi sumber vitamin C selanjutnya adalah buah buah markisa. Buah ini memiliki beberapa kandungan diantaranya Vitamin C, serat, kalori, serta protein. Kandungan vitamin C pada 100 gram buah markisa adalah sebanyak 72 mg vitamin C.

  1. Buah Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang masih dalam jenis atau kelompok buah jeruk. Sama seperti buah jeruk, lemon memiliki kandungan vitamin C didalamnya. Kandungan vitamin C pada satu buah lemon sedang adalah sebanyak 45 mg vitamin C. anda bisa mengonsumsi olahan buah lemon dalam berbagai bentuk minuman segar.

Daftar Buah-buahan Mengandung Vitamin C

Berikut ini adalah beberapa daftar buah-buahan yang mengandung sumber vitamin C yang tinggi

  1. Buah Leci (132 mg / 100 gram)
  2. Buah Pepaya (85 mg / 100 gram)
  3. Buah Jeruk Bali (79 mg / 100 gram)
  4. Buah Nanas ( 77 mg / 100 gram)
  5. Buah Sukun (62 mg / 100 gram)
  6. Buah Mangga (58,2 mg / 100 gram)
  7. Buah Belimbing (46 / 100 gram)
  8. Buah Melon (26,3 / potong kecil lemon)
  9. Buah Alpukat (21 mg / 1 buah alpukat kecil)
  10. Buah Jeruk Nipis (18,7 mg / buah jeruk nipis kecil)
  11. Buah Anggur Hijau (15 mg / 100 gram)
  12. Buah Pir ( 18,8 mg / 100 gram)
  13. Buah Pisang (9,3 mg / buah kecil)
  14. Blackcurrant ( 200 mg / 68 gram)

Daftar Sayuran Yang Mengandung Sumber Vitamin C

Berikut ini adalah beberapa daftar sayuran yang mengandung sumber vitamin C

  1. Kubis
  2. Brokoli
  3. Paprika Hijau
  4. Kale
  5. Kembang Kol
  6. Bok Choy
  7. Labu
  8. Lobak
  9. Kentang
  10. Edamame

Fungsi dan Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa vitamin C memiliki peranan penting yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C dan mempunyai beberapa fungsi bagi tubuh manusia

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh:

  1. Vitamin C memiliki manfaat sebagai antioksidan alami untuk mengurangi radikal bebas pada tubuh
  2. Vitamin C dapat membantu mencegah kanker
  3. Vitamin C membantu menjaga tekanan darah
  4. Vitamin C mampu membantu menurunkan risiko serangan jantung
  5. Vitamin C membantu mencegah penyakit stroke
  6. Vitamin C membantu menjaga sistem pertahanan tubuh
  7. Vitamin C bermanfaat mencegah dan mengatasi sariawan
kata untuk mencari artikel ini:
  • makanan yang mengandung vitamin c
  • makanan vitamin c
  • cara menambah vitamin c
  • sumber vitamin c
  • makanan mengandung vitamin c
  • minuman yang mengandung vitamin c
  • Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin C
  • cara meningkatkan vitamin C
  • makanan yang mengandung vitamin c dan manfaatnya
  • makanan yg mengandung vitamin c
  • makanan yg mengandung banyak vitamin c
  • cara memenuhi vit c
  • Cara mnambah vitamin dlm tubuh
  • cara peroleh vitmin c
  • caramenambahkan vitamin c

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Inilah 36 Makanan Mengandung Sumber Vitamin C Tinggi | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: