8 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Yang Mujarab

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Makanan Penurun Kolesterol

8 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Yang Mujarab – Untuk menurunkan kolesterol tinggi memang dapat dilakukan dengan cara memberi nutrisi yang tepat pada tubuh dengan mengkonsumsi macam-macam makanan sehat dan menerapkan pola makan yang tepat. Jika memang selama ini anda sering menerapkan pola makan yang tidak sehat dan sering mengkonsumsi berbagai jenis makanan pemicu peningkatan kols=esterol tinggi, maka sekarang saatnya anda untuk mengubah semua kebiasaan tersebut untuk menekan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Tahukan anda, apa itu Kolesterol? Kolesterol adalah tumpukan lemak yang mengendap di dalam darah, sebenarnya kolesterol ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain dapat diproduksi oleh tubuh secara alami, kolseterol juga dapat diproduksi dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu ada kolesterol baik (HDL) dan ada juga kolesterol jahat (LDL), kolesterol LDL lah yang perlu kita waspadai dalam peningkatannya, karena jika kadr kolesterol jahat di dalam darah terlalu berlebihan dapat memicu penyakit jantung dan juga penyakit stroke.

Resiko Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi Bagi Kesehatan Tubuh

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah dapat memicu terjadinya penyumbatan pada sistem pembuluh darah arteri, sehingga saluran arteri akan mengeras. Seseorang yang menderita kolesterol tinggi akan sangat beresiko mengalami serangan jantung, penyakit jantung dan juga stroke akibat dari peradangan dan juga pembekuan darah. Oleh karena itu, dengan menerapkan pola makan yang teratur dan mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Pengaruh makanan terhadap kolesterol bisa berbeda-beda, ada jenis makanan yang mengandung serat larut yang dapat mengikat kadar kolesterol berlebih dalam pencernaan dan juga mencegah masuknya sirkulasi darah. Selain itu, ada juga makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah akibat dari kandungan lemak jenuh yang terdapat pada makanan tersebut.

Lalu, makanan apa saja yang dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah?

Ada banyak jenis dan bahan makanan yang dapat memicu terjadinya peningkatan terhadap kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, antara lain seperti :

  • Daging dengan kandungan lemak tinggi
  • Kulit dari binatang unggas seperti ayam dan bebek
  • Aneka masakan bersantan
  • Konsumsi mentega
  • Makanan goreng-gorengan
  • Kue dan biskuit
  • Aneka jenis makanan yang mengandung minyak kelapa dan juga minyak sawit
  • Makanan siap saji atau makanan instan

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat memicu peningkatan kadar kolesterol tinggi, sehingga batasi untuk mengkonsumsi aneka jenis makanan tersebut. Dengan menghindari makanan-makanan penyebab kolesterol tinggi tersebut, maka tubuh akan dapat mengontrol masuknya lemak ke dalam tubuh anda dengan baik.

Untuk anda yang menderita penyakit kolesterol tinggi, maka sangat dianjurkan agar anda lebih banyak dan sering mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterl dalam darah. Lalu, makanan apa saja itu? Untuk itu, simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Ada banyak jenis makanan yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi, diantaranya yaitu :

  • Beras Merah
Beras Merah

Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu bahan makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, ini dikarenakan beras merah kaya akan kandungan vitamin B. Beras merah juga mengandung magnesium, selenium dan juga fitonutrien yang sangat efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu, kandungan serat alami pada beras merah sangat efektif untuk menurunkan kadar gula darah berlebih.

  • Gandum
Gandum

Gandum

Gandum merupakan bahan makanan yang juga sangat berperan dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, trigliserida dan juga dapat mengatur gula darah dengan baik. Kadar kolesterol berlebih bisa diturunkan dengan rutin mengkonsumsi makanan berbahan gandum seperti dengan mengkonsumsi roti atau kue gandum.

  • Bayam
Bayam

Bayam

Jika anda memang jarang makan sayuran, mulai dari sekarang anda dapat menambahkan sayuran seperti sayur bayam pada menu makanan harian anda. Bayam sangat baik untuk kesehatan karena salah satu jenis sayuran ini mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Selain itu, bayam juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah arteri.

  • Seledri
Seledri

Seledri

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang biasa dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan sup ini. Namun tahukan anda, ternyata tanaman seledri ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat menurunkan kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan, seledri ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang mampu mencegah oksidasi LDL dan penyakit jantung. Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman seledri ini, anda bisa jadikan sebagai bahan untuk membuat jus, menambahkannya pada masakan atau sup.

  • Buncis
Buncis

Buncis

Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah sering kita masak atau juga sering dijadikan sebagai lalapan. Selain itu, ternyata bunci juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah, karena pada buncis terdapat kandungan lemak tak jenuh ganda dan juga sebagai sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan bagi penderita penyakit diabetes. Untuk menurunkan kolesterol tinggi dengan buncis, anda bisa mengolahnya untuk dibuat jus atau juga bisa jadikan masakan sepeti tumis buncis.

  • Kacang Kedelai
Sari Kedelai

kacang Kedelai

Kacang kedelai atau berbagai olahan dari kedelai seperti tempe, tahu, susu, nugget dan nutrela merupakan salah satu jenis makanan penurun kolesterol yang sangat ampuh. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang kedelai terdapat kandungan isoflavin yang dapat berfungsi sebagai pengendali kolesterol jahat agar tidak berkembang dan meningkat. Berbagai bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai sebaiknya tidak dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak biasa, ganti dengan minyak zaitun yang sangat baik untuk kesehatan.

  • Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang Putih

Bahan bumbu masak yang sering kita jumpai di dapur ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Selain itu, bawang putih juga sangat berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi setengah siung bawang putih secara langsung setiap hari atau dengan mencampurkannya pada bumbu masakan.

  • Kacang-Kacangan
Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang mede, kacang almond, kecang kenari dan kacang merah mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang sangat baik untuk kesehatan pada sistem pembuluh darah arteri dan juga dapat mencegah serta menurunkan kada kolesterol berlebih dalam darah. Sedangkan untuk kacang panjang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk memperlambat proses perkembangan dan penyerapan kadar kolesterol pada makanan.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi, sebaiknya anda tetap rutin dan teratur melakukan pemeriksaan jumlah kadar kolesterol untuk mencegah terjadinya peningkatan secara tiba-tiba dan sekaligus mengetahui perkembangannya.

Demikian ulasan yang dapat kami paparkan pada postingan kesehatan kali ini, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua.

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

8 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Yang Mujarab | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: