12 Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Bayi Agar Cepat Tumbuh

Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Bayi Agar Cepat Tumbuh – Sebagai orang tua, kita tentunya wajib memperhatikan asupan makanan untuk sang buah hati dengan makanan sehat dan bergizi seimbang untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satunya yaitu untuk menunjang pertumbuhan gigi, terutama pada saat masih bayi sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang baik agar gigi dapat tumbuh lebih cepat dan sehat.

Jika bayi anda sudah bisa diberi makan, maka sebaiknya berikan makanan-makanan sehat dan bernutrisi tinggi agar proses pertumbuhan giginya bisa maksimal dan cepat. Ada banyak jenis makanan yang dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi agar cepat tumbuh, anda dapat menambahkan makanan tersebut pada daftar menu makanan harian anak anda setiap harinya.

Inilah 12 Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Bayi Agar Cepat Tumbuh

  1. Keju
Keju

Keju

Keju merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan gigi bayi, namun pastikan jika bayi anda tidak memiliki alergi terhadap susu atau produk olahan yang terbuat dari susu. keju memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, kalsium ini dapat meningkatkan produksi air liur sehingga sangat baik dalam berperan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam mulut bayi. Jika bayi anda tidak suka dengan keju, maka anda bisa mencampurnya dengan makanan lain seperti bubur atau makanan lain yang disukainya.

  1. Susu

Susu Murni

Pemberian ASI dan juga susu formula mampu merangsang pertumbuhan gigi bayi, karena kandungan nutrisi yang terdapat pada susu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat lengkap seperti kalsium. Susu juga tidak hanya dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan gigi, tetapi juga dapat merangsang pertumbuhan tulang dan menjadikannya lebih kuat serta mencegah terjadinya kerusakan gigi. Selain itu, kandungan kalsium pada susu yang sangat tinggi, maka susu memiliki peranan yang sangat penting bagi sistem pencernaan si kecil.

  1. Air Putih
Cara Membersihkan Mata dengan Minum Air Putih

Air Putih

Meskipun bayi membutuhkan susu sebagai makanan pelengkap, tetapi jika bayi anda sudah diberi makanan pendamping ASI, pemberian air putih juga sangat penting untuk menunjang pertumbuhan gigi bayi. Jika usianya masih dibawah satu tahun, pemberian air putih ini memang harus dibatasi jangan sampai terlalu banyak. Hal ini dikarenakan, air putih memiliki sumber mineral, mineral ini nantinya akan diserap untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

  1. Sayuran hijau
sayuran membakar lemak tubuh

Sayuran

Apabila anak anda sudah diberikan makanan pendamping ASI, maka tidak ada salahnya jika anda mulai memberikan makanan tambahan seperti sayuran hijau. Jenis sayuran hijau ini sangat baik untuk merangsang proses pertumbuhan gigi bayi, salah satunya yaitu dengan memberikan sayuran seperti brokoli, bayam dan juga kangkung. Semua jenis sayuran hijau tersebut memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi seperti kalsium, zat besi, asam folat dan juga mengandung vitamin yang lengkap.

  1. Wortel
manfaat dan khasiat wortel bagi kesehatan

Wortel

Jenis sayuran lainnya yang baik diberikan pada bayi yaitu wortel, sayuran ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi yang tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata tetapi juga dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi agar dapat tumbuh lebih cepat. Cara terbaik untuk pemberian wortel pada bayi yaitu dengan dijadikan bubur atau cemilan seperti wortel rebus atau bisa juga dengan cara di kukus.

  1. Ikan
Ikan

Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang sangat baik diberikan kepada bayi, jenis ikan terbaik yaitu seperti ikan salmon, sarden dan juga ikan tuna. Semua jenis ikan laut ini sangat kaya akan kandungan vitamin D yang dapat mempercepat pertumbuhan tulang dan juga gigi, kandungan zat besinya bermanfaat untuk meningkat produksi sel darah merah, sedangkan kalsium dapat menjadikan jaringan, otot, gigi dan tulang bayi tumbuh lebih sehat dan kuat. Namun sebelum diberikan kepada bayi, maka pastikan bayi anda tidak alergi ikan.

  1. Daging dan Hati
Tips Mengolah Daging Kurban

Daging

Makanan peangsang pertumbuhan gigi bayi agar ceoat tumbuh lainnya yang bisa anda berikan pada bayi anda yaitu daging dan hati, kedua jenis makanan ini mengandung vitamin B kompleks dan mineral yang sangat lengkap. Jenis daging yang baik untuk diberikan kepada bayi yaitu seperti daging ayam tanpa lemak, namu jika anak anda memang belum bisa diberikan daging anda masih bisa memberikan sang buah hati anda kaldu ayam kampung. Selain daging, anda juga bisa memberikan anak anda hati ayam atau hati sapi, karena kedua jenis makanan ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi dengan cepat.

  1. Kacang-kacangan
Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan

Jika bayi atau anak anda tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan atau olahan makan yeng terbuat dari kacang, maka sebaiknya anda memberikan tambahan makanan tersebut untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan gigi. Aneka jenis kacang-kacangan yang baik diberikan kepada bayi yaitu kacang tanah, kacang mete, kacang hijau, kacang hitam dan juga kacang merah. Cara mengolahnya, anda bisa membuat bubur kacang agar lebuh mudah untuk dicerna oleh bayi. Pentingnya memberikan kacang-kacangan pada bayi karena din dalam kacang-kacangan terdapat kandungan mineral yang sangat lengkap mulai dari kalsium, fosfor, zat besi, seng dan juga vitamin.

  1. Jeruk
Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Jeruk Nipis

Sumber : Google.com

Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat bai diberikan kepada bayi dan anak pada masa pertumbuhan, karena selain dpat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk ini juga sangat baik untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi dengan cepat dan mencegah kerusakan pada gigi. Jika memungkinkan, anda bisa memberikan buah jeruk secara langsung sedikit demi sedikit.

  1. Apel
Cuka apel

Cuka apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang sangat menyehatkan dan menyegarkan, karena buah apel ini mengandung vitamin C dan juga asam malat yang cukup tinggi. kedua kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh bayi untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan gigi bayi. Namun jangan diberikan kepada si kecil secara langsung, sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu agar lebih lembut dan mudah untuk dicerna.

  1. Strawberry
buah strawberry

buah strawberry

Makan sehat yang mampu merangsang pertumbuhan gigi bayi yaitu dengan memberikan anak anda buah strawberry. Sama hal nya dengan jeruk, buah strawberry juga mengandung vitamin C, asam malat dan juga antioksidan yang tinggi. selain itu, buah strawberry juga kaya akan kandungan mineral seperti kalsium dan juga fosfor yang mampu menunjang kesehatan tulang dan gigi.

  1. Yogurt
Yogurt

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan olahan susu yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, karena yogurt sendiri mengandung kalsium yang sangat tinggi. Selain itu, pemberian yogurt pada bayi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi, karena produk olahan susu ini mengandung bakteri baik. Kandungan nutrisi yang terdapat pada yogurt sangat mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat menjadikan gigi lebih kuat dan dapat terhindari dari penyakit gigi.

Nah, itulah beberapa jenis makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi agar cepat tumbuh. Dengan adanya informasi ini semoga dapat menambah pengetahuan dan juga bermanfaat bagi anda semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • merangsang pertumbuhan gigi bayi
  • sayuran yang dapat merangsang pertumbuhan gigi pada bayi
  • makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi
  • makanan yg cepat meransang pertumbuhan gigi bayi
  • tips prtubhn gigi
  • Mempercepat tumbuh gigi pada anak
  • makanan yang dapat mebambahkan putih susunya gigi
  • cara agar bayi cepat tumbuh gigi
  • cara agar anak cepat tumbuh gigi
  • buah yang bisa mempercepat pertumbuhan bayi
  • buah untuk pertumbuhan gigi anak
  • buah sayur pertumbuhan gigi
  • vitamin D untuk tumbuh gigi bayi
  • baikah gigi bayi tumbuh terlalu cepat
  • asupan bayi jika numbuh gigi

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

12 Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Bayi Agar Cepat Tumbuh | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: