15 Makanan Yang Mengandung Sumber Protein Tinggi

makanan sumber protein tinggi

img : wikipedia.org

15 Makanan Yang Mengandung Sumber Protein Tinggi

Makanan Sumber Protein Tinggi – Protein merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Protein memiliki peran penting sebagai zat pembangun serta membentuk otot pada tubuh manusia. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memenuhi asupan protein untuk tubuh kita.

Peranan protein bagi tubuh sangat dibutuhkan dalam perkembangan tubuh. Beberapa peranan protein bagi tubuh manusia diantaranya seperti zat pembangun tubuh, zat untuk membantu metabolisme tubuh, zat untuk membantu fungsi DNA, dan peranan penting lainnya.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa saja jenis atau macam makanan yang bisa kita jadikan sebagai makanan sumber protein tinggi untuk memenuhi asupan protein bagi tubuh kita.

Lalu, seperti apa saja kriteria makanan yang banyak mengandung protein? Dan apa saja jenis makanan sumber protein tinggi yang bisa anda konsumsi? Untuk mengetahuinya, anda bisa simak bahasannya pada artikel dibawah ini

Manfaat Protein untuk Tubuh Manusia

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau fungsi protein bagi tubuh manusia:

  1. Protein berfungsi sebagai pendukung metabolisme tubuh
  2. Protein memiliki fungsi untuk memelihara sel-sel tubuh
  3. Protein berfungsi untuk meningkatkan Kekebalan Tubuh
  4. Protein berguna untuk meningkatkan Kesehatan Jantung
  5. Protein berfungsi membantu Pembentukan Janin pada kandungan ibu
  6. Protein berperan untuk membentuk Sel-sel dan Otot
  7. Protein untuk meningkatkan kesehatan Kulit dan Rambut
  8. Protein berguna untuk meningkatkan energi
  9. Protein berguna sebagai zat pembangun tubuh manusia
  10. Protein sebagai zat untuk menghasilkan tenaga

Jenis-jenis Protein

Secara umum, Protein dapat dibedakan menjadi 2 jenis protein, yakni:

1. Protein Nabati

Sumber Protein nabati secara umum terdapat pada tumbuh-tumbuhan. Protein nabati bisa anda dapatkan dari berbagai macam makanan seperti pada berbagai olahan kedelai diantaranya susu kedelai, tempe, tahu dan lainnya. Jenis makanan lain yang banyak mengandung protein nabati diantaranya seperti bayam, brokoli, kacang almond, kacang polong dan lainnya.

2. Protein Hewani

Sumber protein hewani biasanya didapatkan dari berbagai makanan yang berasal dari hewan, diantaranya seperti daging, ikan, telur, susu sapi, keju dan lain-lain.

15 Makanan Yang Mengandung Sumber Protein Tinggi 

Asupan protein bisa kita dapatkan dari beberapa jenis makanan sumber protein tinggi untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita. Protein ini nantinya akan berguna sebagai zat pembangun dan pembentuk tubuh kita. berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang banyak mengandung protein

1. Daging

Pada beberapa jenis daging memiliki kandungan protein yang tinggi. Salah satu daging yang kaya akan protein adalah daging sapi. Daging sapi kaya akan kandungan protein. Selain itu, daging sapi juga mengandung zat besi, vitamin B12 serta seng. Kandungan pada 100 gram daging sapi mengandung 25-36 gram protein. Selain daging sapi, jenis daging lain yang banyak mengandung protein diantaranya ikan, dada ayam, serta daging kambing.

2. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein hewani. Protein yang ada pada telur mudah dicerna oleh tubuh kita. Kalori yang ada pada telur juga tidak terlalu tinggi. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan akan protein pada tubuh kita. Telur memiliki kandungan protein sebanyak 12,6 gram pada setiap 100 gram telur. Kandungan lain yang ada pada telur diantaranya seperti kalsium, zat besi, fosfor, kolin, kalium, asam folat, riboflavin, dan lain-lain.

3. Ikan Tuna

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi adalah ikan tuna. Ikan tuna juga banyak mengandung asam lemak omega 3. Kandungan protein pada 100 gram ikan tuna memiliki kandungan sebanyak 29 gram protein. Kandungan lain yang ada pada ikan tuna diantaranya seperti kalsium, kolin, fosfor, magnesium, zat besi, vitamin A, vitamin D.

4. Kacang Kedelai

Salah satu jenis kacang yang menjadi makanan berprotein tinggi adalah kacang kedelai. Selain kaya akan protein, mengonsumsi kacang kedelai secara teratur juga baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung anda serta berguna untuk menekan kadar kolesterol pada tubuh kita.
Pada setiap 100 gram kedelai mengandung protein sebanyak 36,49 gram protein. Anda dapat mengonsumsi nya dalam berbagai bentuk olahan kacang kedelai diataranya seperti tahu, tempe, susu kedelai dan lainnya.

5. Bayam

Bayam merupakan salah satu ayuran yang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah kandungan proteinnya. Pada setiap 100 gram bayam memiliki kandungan protein sebesar -+2,9 gram protein.

Selain kandungan proteinnya, bayam juga mengandung berbagai macam gizi, diantaranya seperti fosfor, kalsium, potasium, magnesium, berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E serta vitamin K.

6. Keju

Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang difermentasi. Keju juga merupakan salah satu sumber protein. Keju memiliki kandungan protein sebesar 21 gram pada setiap 100 gram keju. Selain protein, keju juga memiliki kandungan lain diantaranya seperti fosfor dan kalsium yang memiliki manfaat untuk membantu membuat gigi lebih kuat dan melindungi gigi.

7. Gandum

Gandum juga merupakan salah satu altenatif makanan sumber protein yang bisa anda jadikan menu makanan sehari-hari. Kandungan protein yang ada pada gandum memiliki kadar protein yang hampir sama dengan kadar protein yang ada pada kacang kedelai. Pada setiap 100 gram gandum memiliki kandungan protein sebanyak 16,9 gram protein. Disamping kandungan proteinnya, ternyata banyak kandungan lain yang ada pada gandum seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, berbagai vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan lainnya.

8. Kacang Hijau

Jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber protein yang tinggi selain kacang kedelai adalah kacang hijau. Pada kacang hijau memiliki protein sebesar 3,04 gram protein dalam setiap 100 gram kacang hijau.

9. Beras

Beras adalah salah satu makanan pokok pada beberapa negara yang merupakan salah satu makanan sumber energi atau sumber karbohidrat. Kandungan protein yang ada pada setiap 100 gram beras yaitu kuramg lebih 7,13 gram protein.

Kandungan protein yang ada pada beras memiliki kadar yang berbeda-beda. Hal ini tergantung berdasarkan jenis beras tersebut. Disamping kandungan protein dan kandungan karbohidratnya yang tinggi, beras juga memiliki beberapa kandungan lain diantaranya seperti kalsium, potasium, magnesium, fosfor dan lainnya.

10. Susu Sapi

Selain kandungan kalsiumnya yang tinggi, susu sapi juga kaya akan kandungan proteinnya yang tinggi. Bahkan bisa dikatakan protein yang ada pada susu sapi lebih tinggi daripada jenis susu yang lain. Kandungan protein yang ada pada susu sapi sebesar 3,20 gram pada tiap 100 gram susu sapi. Sedangkan kandungan kalsiumnya sebesar 143 miligram. Kedua kandungan yang ada pada susu sapi tersebut sangat baik untuk masa pertumbuhan terutama masa pertumbuhan anak-anak.

11. Kacang Almond

Selain nikmat untuk dikonsumsi dalam berbagai macam olahan makanan, kacang almond ternyata bisa dijadikan sumber protein yang nikmat. Kacang almond memiliki banyak kandungan nutrisi diantara seperti vitamin E, vitamin B, protein, dan kandungan lainnya. Kacang almond memiliki kandungan protein sebesar 21,22 gram pada setiap 100 gram kacang almond.

12. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran sumber protein alami. Kandungan protein pada brokoli sebesar 2,82 gram pada setiap 100 gram brokoli.selain kandungan proteinnya, brokoli juga mempunyai kandungan lain seperti serat dan vitamin C.

13. Kacang Polong

Jenis kacang-kacangan lainnya yang juga memiliki kandungan protein adalah kacang polong. Kadnungan protein pada setiap 100 gram kacang polong adalah sebesar 25 gram protein. Selain kandungan proteinnya, kacang polong juga kaya akan kandungan seratnya.

14. Susu Kambing

Selain susu sapi, susu kambing juga menjadi salah satu minuman yang banyak mengandung protein yang tinggi. Pada 100 gram susu kambing, memiliki kandungan protein sebanyak 8,7 gram. Selain itu, susu kambing juga lebih mudah dicerna serta diserap oleh sistem pencernaan tubuh kita. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan susu kambing memiliki rantai asam lemak yang lebih pendek daripada susu sapi.

15. Kentang

Selain dapat dimanfaatkan sebagai makanan alternatif sumber karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan protein. Kandungan protein yang ada pada 100 gram kentang yaitu sebanyak 2 gram protein.

Baca Juga:

Daftar Makanan Sumber Protein Berdasarkan Jenis Proteinnya

1. Makanan Sumber Protein Nabati

Berikut ini adalah beberapa jenis atau macam makanan yang mengandung protein nabati:

  1. Bayam
  2. Gandum
  3. Kacang kedelai
  4. Kacang hijau
  5. Beras
  6. Kentang
  7. Brokoli
  8. Kacang Polong
  9. Kacang Almond
  10. Biji bunga matahari

2. Makanan Sumber Protein Hewani

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sumber protein hewani:

  1. Daging sapi
  2. Ikan
  3. Telur
  4. Daging Tuna
  5. Dada ayam
  6. Keju
  7. Susu sapi
  8. Susu kambing
kata untuk mencari artikel ini:
  • sumber protein
  • olahan protein
  • tahu dan telur berprotein tinggi
  • apakah tempe banyak protein
  • olahan protein hewani
  • apakah tempe mengandung protein hewani
  • ikan kambing ada asam folatnya
  • ikan dan ayam merupakan makanan yang mengandung protein
  • hasil olahan protein hewani
  • gizi telur dan daging
  • daging susu telur ayam tahu dan tempe termasuk zat
  • daftar protein tahu dan tempe dan telur
  • apakah tahu kaya protein
  • beras dgn protein yg tinggi
  • ayam dan tahu mana yang lebih tinggi protein

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

15 Makanan Yang Mengandung Sumber Protein Tinggi | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: