17 Daftar Makanan Sumber Vitamin D dan Manfaatnya

Makanan Sumber Vitamin D

Makanan Sumber Vitamin D

Daftar Makanan Sumber Vitamin D dan Manfaatnya – Banyak jenis makanan yang mengandung sumber vitamin D mulai dari daging, ikan, buah-buahan, sayuran dan jenis makanan lainnya. Selain dari makanan, sumber vitamin D juga bisa didapatkan dari berjemur dibawah sinar matahari di pagi hari. Cara ini memang paling mudah dan tentunya tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, meski demikian memenuhi kebutuhan asupan vitamin D dari makanan juga sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Manfaat dari vitamin D sendiri sangat banyak, karena vitamin D ini sangat dibutuhkan oleh organ-organ penting di dalam tubuh dan mampu memelihara sel-sel dalam tubuh agar dapat bekerja dengan maksimal serta dapat membantu mensuplai kalsium ke dalam darah, usus dan juga tulang. Oleh karena itu, vitamin D ini merupakan nutrisi yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh sama hal nya dengan jenis vitamin lainnya.

Semakin bertambanya usia, maka tubuh akan semakin membutuhkan asupan vitamin D setiap harinya. Untuk anak-anak dan Dewasa membutuhakn asupan vitamin D harian standar mencapai 200 IU, sedangkan untuk usia diatas 51-70 tahun membutuhkan asupan vitamin D per hari sebanyak 400 IU dan untuk usia diatas 70 membutuhkan asupan vitamin D sekitar 600 IU.

Jenis Makanan Sumber Vitamin D

Ada banyak jenis makanan yang kaya aka kandungan vitamin D, diantaranya yaitu :

  1. Minyak Hati Ikan Kod

Jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin D paling banyak bisa didapatkan dari minyak hati ikan kod yang berjumlah mencapai 10.000 IU. Ikan Kod merupakan salah satu jenis ikan yang banyak mengandung berbagai nurtisi penting yang sangat baik untuk tubuh. Daging ikan Kod sering diolah sebagai jenis kemasan, makanan asinan, dan juga ikan segar.

Sementara minyak hati ikan kod ini diolah dan dikemas dalam bentuk kapsul yang bisa diminum. Manfaat dari minyak hati ikan kod ini sangat banyak, diantaranya yaitu menjaga kesehatan tulang, mempercepat penyembuhan luka, membantu meningkatkan kecerdasan otak, mencegah kepikunan, mencegah penyakit jantung dan stroke.

  1. Ikan Salmon

Ikan salon adalah salah satu jenis ikan yang biasanya banyak ditemukan di perairan Samudera Atlantik. Ikan salmon mengandung banyak sekali kandungan nutrisi penting yang sangat lengkap dan merupakan sumber vitamin D, sehingga ikan salmon menjadi salah satu sumber vitamin D terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak, beberapa diantaranya yaitu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan tulang, meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan otak, mencegah serangan jenis penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

  1. Tuna Kaleng

Makanan sumber vitamin D lainnya bisa didapatkan dari tuna kaleng. Tuna adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan vitamin D, daging ikan tuna sangat lembut dan lezat sehingga masakan ikan tuna kaleng begitu populer dan diminati oleh banyak kalangan masyarakat di Indonesia.

Selain mengandung vitamin D, ikan tuba juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. Maka tak heran jika ikan tubuh sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, mencegah tekanan darah dan kolesterol tinggi, menguatkan tulang dan gigi dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  1. Susu

Sumber vitamin D juga tidak hanya bisa didapatkan dari makanan jenis ikan, tetapi susu juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi. Minum susu tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh anak-anak saja, orang dewasa dan orang tua pun wajib minum susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Ada banyak sekali manfaat susu untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan tulang dan gigi, mempercepat proses pertumbuhan tulang dan menguatkan tulang, menjadikan tubuh lebih rileks dan membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

  1. Keju Chedar

Sama hal nya dengan susu, keju juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi. keju merupakan jenis makanan yang dihasilkan dari susu yang telah dilakukan proses permentasi dalam beberapa lama. Keju chedar ini dapat kita temukan di supermarket, karena termasuk produk impor. Keju chedar bisa kita konsumsi bersama dengan roti tawar, kue atau bisa juga dimakan langsung.

Selain menganding vitamin D, keju juga memiliki banyak kandungan nutrisi penting lainnya vitaminA, B12, D,  E dan K yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya seperti menjaga sumber tenaga, mencegah kanker, membantu p[roses pembentukan sel darah merah dan mendukung produksi DNA dalam tubuh.

  1. Daging Sapi

Kandungan gizi dan nutrisi dari daging sapi sangatlah banyak, selain kaya akan kandungan vitamin D juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B6, B12, protein, kalsium, zat besi, kalium dan masih banyak lagi kandungan gizi lainnya.

Untuk manfaatnya sendiri, daging sapi ini sangat bermanfaat untuk menambah masa otot, sumber energi tubuh, mencegah diabetes, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kecerdasan otak, mempercepat proses penyembuhan luka, mencegah kegemukan (obesitas dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

  1. Bayam

Bayam merupakan  salah satu jenis sayuran yang paling banyak mengandung vitamin D. Selain rasanya yang sangat enak, sayur bayam juga mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak sekali manfaat bayam untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, sumber anti-inflamasi, menjaga kesehatan jantung, menurunkan hipertensi, mencegah diabetes, meningkatkan kecerdasan otak, memenuhi nutrisi pada tulang dan sendi, melancarkan pencernaan dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi sayur bayam.

  1. Kacang kedelai

Kacang merupakan salah satu makanan jenis polong-polongan yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di Indonesia ada banyak sekali berbagai jenis makanan yang dibuat dari olahan kacang kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai.

Selain mengandung sumber vitamin D, kacang kedelai juga mengandung protein, lemak tak jenuh, kalsium, serat dan lechitin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti mencegah osteoporosis, menyehatkan sistem pencernaan, menangkal radikal bebas, mencerdaskan otak, memelihara kesehatan jantung dan masih banyak manfaat lainnya.

  1. Jus Jeruk

Jus jeruk tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C nya saja, tetapi juga kaya akan kandungan vitamin D. Selain bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh, minum jus jeruk secara rutin setiap hari juga dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit.

  1. Jamur Tiram

Gurihnya rasa dari jamur tiram membuat banyak orang sangat menyukai jenis makanan ini, jamur tiram menjadi salah satu jenis makanan sumber vitamin D yang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari, karena manfaat jamur tiram untuk kesehatan sangatlah melimpah.

Makanan Sumber Vitamin Lainnya

  1. Pisang
  2. Kentang
  3. Apel
  4. Nanas
  5. Es Cream Cokelat
  6. Es Cream Vanilla
  7. Peperoni

Itulah beberapa jenis makanan sumber vitamin D yang bisa anda pilih agar kebutuhan asupan vitamin D bagi tubuh selalu terpenuhi dengan baik. Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • makanan yang mengandung vitamin d
  • sumber vitamin d
  • contoh vitamin D
  • makanan vitamin D
  • buah vitamin D
  • sayuran yang mengandung vitamin d
  • buah yang mengandung vitamin d
  • vitamin d apa saja
  • makanan yg mengandung vit d
  • makanan yg mengandung vitamin D
  • makanan yg mengandung vi
  • makanan sumber vitamin d
  • buah yg mengandung vitamin d
  • buah & sayur yang banyak mengandung vit D
  • makanan apa yang mengandung vitamin d

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

17 Daftar Makanan Sumber Vitamin D dan Manfaatnya | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: