Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Buat Janin

Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil dan Janin – Mengkonsumsi makanan bergizi tentunya sangatlah penting bagi inu hamil, karena dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Makanan yang dikonsumai oleh ibu hamil haruslah memiliki kadar gizi yang cukup dan seimbang, artinya setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi harian selama masa kehamilan baik dalam hal jenis makanan, kualitas dan juga kuantitasnya.

Jumlah makanan yang dibutuhkan oleh ibuh hamil dapat disesuaikan dengan usia dari kehamilannya. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil sejak usia muda hingga enam bulan pertama (trimester pertama dan kedua), maka sebaiknya di dalam makanan tersebut terkandung terkandung kalori dengan jumlah sekitar 2.000 kalori setiap harinya. Kemudian pada saat memasuki usia tiga bulan terakhir masa kehamilan (trimester ketiga), maka ibu hamil membutuhkan tambahan asupan kalori sebanyak 200 kalori setiap harinya dan total kalori yang dibutuhkan ibu hamil yaitu sekitar 2.200 kalori setiap harinya.

Sedangkan jenis makanan yang baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu harus memiliki kandungan kalori 10% kalori dihasilkan dari protein, 35% kalori dihasilkan dari lemak dan 55% kalori sisanya dihasilkan dari sumber karbohidrat. Selain sumber kalori tersebut, makan ibu hamil juga harus mengandung zat besi, asam folat, kalsium, magnesium, selenium, seng, vitamin A, B dan C. untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi tersebut, maka sebaiknya ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan segar dan protein.

Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Berikut ini merupakan beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sesuai berdasarkan usia kehamilannya.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

  1. Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil muda yang baru memasuki usia kehamilan trimester pertama. Pisang dapat bermanfat untuk mengurangi efek mual (ngidam) yang sering kali di alami oleh ibu hamil muda ketika memasuki usia kehamilan tiga bulan pertama. Di dalam buah pisang terdapat kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi dan baik untuk membantu mengatasi masalah morning sickness. Tidak hanya itu, buah pisang juga mengandung vitamin C, asam folat dan juga potasium yang baik untuk ibu dan janin.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda, karena di dalamnya terdapat kandungan asam folat cukup tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh ketika memasuki masa kehamilan trimester pertama untuk mencegah cacat tabung saraf. Selain itu, bayam juga mengandung serat alami, mangan, zat besi, vitamin A, C dan juga vitamin K.

  1. Kacang-kacangan

Tentunya kita semua juga tahu jika kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein dan serat, sehingga dengan mengkonsumsi kacang selama masa kehamilan sangat baik untuk membantu mencegah dan mengatasi masalah sembelit. Menurut dari kasus yang sering terjadi, hampir 40% wanita hamil akan sering mengalami sembelit, penyebab dari sembelit tersebut dikarenakan adanya tekanan pada rahim yang terus membesar, hormon progesteron yang dapat menghambat pergerakan pada sistem pencernaan. Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang cukup tinggi.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

  1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang sangat bergizi dan baik untuk ibu hamil, ini dikarenakan pada kuning telur terdapat kandungan kolin dan nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk menunjang perkembangan pada otak bayi atau janin di dalam kandungan dan sekaligus meningkatkan fungsi otak anda sendiri. Jumlah kolin yang dibutuhkan oleh ibu hamil di masa kehamilan trimester kedua ini, ibu hamil membutuhkan sekitar 450 mg choline per hari. Maka jika anda memang seorang vegetarian dan tidak suka dengan telur, maka anda bisa menggantinya dengan daging sapi, susu dan juga kacang kedelai.

  1. Alpukat

Bagi ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan trimester kedua, maka anda sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi alpukat, karena di dalam buah alpukat ini sangat kaya akan kandungan serat, asam folat, vitamin C, B6 dan vitamin K. Selain itu, alpukat juga diperkaya dengan kandungan lemak tak jenuh yang menyehatkan dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Bahkan alpukat juga telah terbukti mampu mengurangi morning sickness dan juga membantu meningkatkan perkembangan otak janin serta mempercepat proses pertumbuhan jaringan.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

  1. Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu buah tropis yang sangat baik dikonsumsi secar rutin oleh ibu hamil denhan usia trimester akhir atau ketiga, karena di dlam buah pepaya mengandung serat, asam folat, vitamin C dan juga potasium. Selain itu, pepaya juga dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit yang sering kali di alami oleh ibu hamil di usia ini. Namun pastikan ibu hamil hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi pepaya matang saja, karena pada pepaya mentah mengandung banyak pepsin pada getahnya yang dapat memicu kontraksi.

  1. Kacang

Ketika memasuki trimester akhir ini sang ibu akan semakin merasa berat dan cepat lelah, sehingga sangat dianjurkan untuk sering makan terutama makanan yang kaya akan kandungan protein dan lemak sehat (lemak tek jenuh). Salah satu makanan yang paling disarankan yaitu kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, walnut dan juga pistachio.

  1. Lemak Ikan

Kandungan lemak yang terdapat pada ikan terutama ikan laut sangat kaya akan kandungan asam lemak omega 3, kandungan omega 3 ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Ibu hami disarankan untuk mengkonsumsi 12 ons ikan setiap minggunya, hal ini masih dianggap aman bagi ibu hamil selama masa kehamilan.

  1. Seafood

Mengkonsumsi seafood atau makanan laut ternyata sangat baik untuk ibu hamil selama masa kehamilan trimester akhir ini, karena pada makanan laut memiliki kandungan protein dan juga omega 3 yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan laut, maka dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak janin di dalam kandungan. Jika anda ingin memiliki anak yang sehat dan cerdas, maka sebaiknya konsumsi makanan laut seperti udang dan ikan laut.

Baca Juga : 

Ibu hamil sangat disarankan agar tidak melewatkan untuk mengkonsumsi makan sehat dan bergizi setiap harinya sampai tiba hari kelahiran, namun tetap harus diimbangi dengan makanan lain yang tentunya buka makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Beberapa jenis makanan sehat yang kami bagikan diatas hanya sebagai saran saja, karena mungkin anda tidak cocok mengkonsumsi salah satu makanan diatas jika ternyata anda memiliki alergi terhadap salah satu jenis makanan yang kami sebutkan, Oleh karena itu, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan yang selalu menangani pemeriksaan kehamilan anda setiap bulannya. Dengan demikian, hasil yang akan anda dapatkan pun lebih maksimal.

Itulah ulasan singkat yang dapat kami sampaikan mengenai aneka makanan yang bagus untuk ibu hamil, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua. Sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • apah makan yg brgizi utuk ibu hamil wlpun tidak priksa rutin kbidan
  • apakah buah alpukat bagus untuk mempercepat perkembangan dan pertumbuhan janin
  • cara buat makana untuk ibu hamil yg menyahatkan com
  • carakasih gizi yang baik buat ibu hamil
  • makanan ibu hamil penumbuh rambut janin
  • makanan sehat ibu hamil testimtr trahir
  • Makanan untuk Kesehatan Ibu Hamil
  • vitamin untuk bumil untuk semester pertama sampai akhir

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Buat Janin | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: