14 Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit

makanan-kekebalan-tubuh

Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dalam tubuh kita terdapat sistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi untuk melawan dan mencegah datangnya berbagai penyakit yang ingin menyerang tubuh kita. Sistem imunitas atau kekebalan tubuh manusia terhadap penyakit ini ternyata bisa kita tingkatkan dengan berbagai cara.

Untuk menambah dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit bisa kita lakukan dengan cara alami dan tentu saja masih efektif serta cepat jika kita lakukan secara teratur. Untuk dapat menambah dan menjaga kekebalan tubuh (imun tubuh) bisa kita lakukan dengan dua cara. Yang pertama kita bisa melakukan latihan atau olahraga secara teratur. Dan yang kedua bisa kita lakukan dengan cara mengonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki beberapa kandungan untuk dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh manusia.

Namun, pada artikel kali ini akan membahas apa saja bahan makanan herbal alami yang bisa anda manfaatkan dan konsumsi untuk membantu menambah serta menjaga sistem kekebalan tubuh. dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut diharapkan dapat membuat tubuh kita lebih mampu melawan dan menekan terhadap serangan berbagai penyakit pada tubuh kita.

Dengan memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang kuat, hal ini berguna dalam hal pembersihan radikal bebas serta regulasi hormon akan semakin sempurna. Untuk itu, kita perlu memperhatikan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Beberapa makanan justru memiliki efek yang tidak sehat pada tubuh.

Lalu, apa saja daftar makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia? Berikut ini adalah ulasannya untuk anda

Daftar Makanan Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk menambah serta menjaga kekebalan tubuh secara alami

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan tradisional yang biasanya banyak digunakan untuk membuat masakan didapur. Namun, bawang putih ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh,yaitu meregulasi hormon, meregulasi aliran darah, dan lain sebagainya. bawang putih ini mempunyai manfaat untuk meningkatkan kekebalan yang cukup efektif. Kandungan pada bawang putih yang bernama allcin, yaitu kandungan yang mampu menghancurkan bakteri dan infeksi.

  1. Daging

Makanan kedua yang bisa anda manfaatkan untuk menjaga sistem imun tubuh adalah dari jenis daging. Pada daging banyak mengandung zink, yakni suatu elemen yang berguna untuk memproduksi dan memperbanyak sel darah putih. sel darah putih sangat penting bagi tubuh karena sel darah putih memiliki fungsi yaitu untuk membantu tubuh kita untuk melawan serangan penyakit pada tubuh.

  1. Yoghurt

Minuman yang berasal dari olahan susu yaitu yoghurt dikenal merupakan salah satu jenis minuman yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Yoghurt memiliki kandungan bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri ini sangat esensial untuk membantu menjaga sistem pencernaan, khususnya pada organ usus. Dengan memiliki sistem pencernaan yang sehat hal ini akan baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Barley dan Oat (sejenis gandum)

Barley dan Oat merupakan jenis makanan yang termasuk dalam golongan jenis gandum. Makanan jenis ini banyak memiliki kandungan serat potensial yang bernama beta-glucan, dengan antioksidan yang bermanfaat serta bersifat antimikroba. Kedua jenis gandum ini merupakan makanan yang bisa anda konsumsi untuk membantu meningkatkan serta menambah imunitas pada tubuh manusia.

  1. Ubi Jalar

Ternyata, ubi jalar juga banyak memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya karena kandungan vitamin A nya. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang bermanfaat untuk menghasilkan jaringan konektif yakni jaringan untuk mendukung, menghubungkan, serta memisahkan antar jaringan dan organ dalam tubuh. Ubi jalar memiliki manfaat untuk kulit dalam menjaga dari kuman penyakit serta bakteri penyebab penyakit. Hal ini perlu diketahui karena kulit merupakan salah satu bagian tubuh dalam sistem pertahanan tubuh manusia

  1. Telur

Telur juga merupakan makanan yang sering kita temui dan konsumsi sehari-hari. Jangan heran jika telur juga bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh. Telur memiliki beberapa kandungan vitamin, salah satu kandungan yang dominan yaitu kandungan vitamin D berguna untuk membasmi penyakit, serta meregulasi aliran darah pada tubuh manusia.

  1. Jamur

Usaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa anda lakukan dengan cara mengonsumsi Jamur. Hal ini karena jamur membantu dalam memproduksi sel darah putih, sel pada tubuh yang berguna dalam sistem imun untuk membantu melawan serangan penyakit. Pada Jamur juga banyak memiliki kandungan zink.

  1. Buah Alpukat

Cara menambah kekebalan tubuh selanjutnya bisa anda lakukan dengan mengonsumsi jenis buah seperti buah alpukat. Pada Alpukat memiliki beberapa kandungan seperti vitamin B1, C, A, serta mineral-mineral yang menjadikan buah alpukat menjadi buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga sistem imun tubuh. Buah alpukat juga bermanfaat untuk mambantu membersihkan usus secara natural.

  1. Kelapa

Beberapa komponen dalam buah kelapa bisa anda gunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. salah satunya adalah Minyak kelapa dan buah kelapa itu sendiri, keduanya mempunyai manfaat untuk kesehatan. Keduanya juga mempunyai kandungan asam lauric yang berubah menjadi monolaurin. zat monolaurin ini merupakan komponen yang ada pada air susu dan secara alami membantu meningkatkan sistem imun bayi

  1. Buah Beri

Selain buah alpukat, jenis buah-buahan seperti jenis buah beri juga bisa anda konsumsi. Jenis buah beri, terutama jenis blueberry dan raspberry, keduanya memiliki kandungan antioksidan yang mampu menguatkan serta menjaga sistem imun tubuh secara alami. Selain itu, anda tidak perlu khawatir karena buah Blueberry ini memiliki kandungan kadar gula yang rendah dibanding dengan buah yang lain sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes.

  1. Kubis

Kubis mempunyai kandungan yang kaya akan glutamin. Kandunan Glutamin ini merupakan salah satu komponen asam amino esensial yakni asam amino yang tidak dihasilkan dalam tubuh manusia. Anda bisa menambahkan kubis pada menu makanan sehari-hari anda untuk membantu menjaga sistem imunitas tubuh.

  1. Buah Lemon

Buah Lemon juga termasuk dalam salah satu jenis buah yang bermanfaat untuk membantu menjaga sistem daya tahan tubuh manusia. Buah lemon banyak memiliki kandungan vitamin C yang membuat tubuh kita lebih kuat untuk melawan berbagai penyakit yang menyerang tubuh manusia.

  1. Sayuran Hijau

Makanan untuk menambah kekebalan tubuh terhadap penyakit juga bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi beberapa jenis sayuran seperti Sayuran hijau, hal ini karena sayuran hijau banyak mengandung vitamin B1, A, dan C. Sayuran hijau juga banyak mengandung zink. Anda bisa secara rutin mengonsumsi sayuran hijau dalam menu makanan anda untuk menjaga kekebalan tubuh secara efektif dan cepat.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal alami serta tradisional yang biasanya banyak digunakan sebagai minuman penghangat tubuh. ternyata Jahe juga mempunyai manfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh manusia karena jahe mempunyai bahan antimikroba yang ampuh. jahe juga banyak memiliki kandungan mineral serta antioksidan. Jahe bisa digunakan oleh laki-laki atau pria untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

kata untuk mencari artikel ini:
  • makanan/buah yang bisa menambah zat imun pada tubuh manusia
  • macam macam obat dya tahan tbuh
  • makanan penambah imun ato kekebalan tubuh
  • makanan untuk meningkatkan daya imun bagi penderita diabetes
  • makanan yang perlu dikonsumsi bagi penderita penyakit kulit untuk menjaga kekebalan kulit
  • mnuman atau mkanan yg bs mningkt kn dya thn tbuh
  • monolaur begadang
error: