25 Daftar Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Daftar Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi – Darah tinggi atau dalam ilmu kesehatan disebut dengan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan naiknya tekanan darah pada manusia. Penderita darah tinggi atau hipertensi biasanya memiliki beberapa gejala seperti mudah lelah, terasa sakit pada kepala, kepala dan leher terasa berat, jantung berdenyut dengan tidak teratur, gangguan penglihatan dan lainnya.

Salah satu langkah yang bisa anda terapkan untuk mencegah darah tinggi adalah membatasi dan menjaga asupan garam agar tidak berlebihan. Namun cara itu saja tidak cukup untuk membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Cermati Asupan Makanan Anda :

Bagi anda penderita darah tinggi, sebaiknya anda selalu memperhatikan asupan makanan dan pola makan anda untuk mengendalikan tekanan darah. Pola makan dan jenis makanan yang anda konsumsi juga berpengaruh terhadap tekanan darah.

Makanan yang bisa memicu meningkatkan tekanan darah tinggi umumnya makanan yang banyak mengandung sodium. Sedangkan Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi adalah makanan yang berguna untuk menjaga tekanan darah tetap normal atau terjaga umumnya makanan yang banyak mengandung serat, magnesium dan potasium.

Lalu apa saja makanan untuk menurunkan darah tinggi? Dan apa saja jenis buah-buahan serta sayuran penurun darah tinggi? Untuk mengetahuinya, silahkan simak terus bahasannya pada artikel ini

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Sebelum membahas daftar makanan penurun darah tinggi, sebaiknya anda kenali dulu beberapa penyebab yang bisa memicu munculnya tekanan darah tinggi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi:

  1. Faktor Keturunan atau genetika
  2. Faktor usia atau umur seseorang
  3. Pengaruh saat mengalami stres
  4. Pola makan yang tidak sehat
  5. Terlalu banyak mengonsumsi sodium
  6. Kebiasaan merokok
  7. Kebiasaan mengonsumsi Alkohol

20 Daftar Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi Paling Ampuh

1. Buah Penurun Darah Tinggi

Beberapa jenis buah dapat anda konsumsi yang bermanfaat untuk membantu mengendalikan dan menjaga tekanan darah tetap normal atau terjaga. Beberapa jenis buah-buahan mengandung zat atau senyawa yang bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Berikut ini adalah beberapa macam buah untuk menurunkan darah tinggi yang bisa anda konsumsi:

1. Buah Alpukat

Buah penurun darah tinggi yang pertama adalah buah alpukat. Buah Alpukat memiliki banyak kandungan seperti serat, kalsium, vitamin C, serta Vitamin E. Beberapa kandungan yang ada dalam alpukat tersebut berguna untuk membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Buah Mengkudu

Mengkudu adalah salah satu buah yang dikenal banyak memiliki khasiat dan banyak digunakan sebagai obat untuk membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Salah satu khasiat buah mengkudu yaitu untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun yang ada pada tubuh, mengkudu juga memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah.

3. Buah Pisang

Buah untuk menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah buah pisang. Ini dikarenakan pada buah pisang banyak mengandung akan kalium serta potasium yang tinggi yang berguna untuk membantu mengendalikan tekanan darah. Selain itu, buah pisang juga memiliki manfaat untuk menyeimbangkan efek garam dan membuat fungsi organ ginjal meningkat karena kandungan mineralnya.

4. Buah Kiwi

Buah kiwi juga merupakan salah satu buah yang disarankan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Pada buah kiwi banyak mengandung akan vitamin C, potasium serta antioksidan yang berguna untuk membantu dalam mengontrol tekanan darah anda tetap terjaga.

5. Buah Jeruk

Buah jeruk dikenal banyak memiliki kandungan akan vitamin C nya. Selain itu, pada buah jeruk juga memiliki kandungan kalium dan potasium yang bisa membantu membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan mengendalikan tekanan darah anda.

6. Buah Blewah

Buah penurun darah tinggi selanjutnya yaitu buah blewah. Ini dikarenakan pada buah blewah banyak mengandung akan potasium yang tinggi. Sehingga ini menjadikan buah blewah menjadi salah satu buah untuk membantu menurunkan hipertensi.

7. Buah Melon

Selain buah blewah, buah melon juga memliki kandungan potasium yang tinggi yang membuat buah ini dapat dimanfaatkan sebagai buah untuk menurunkan darah tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah melon secara langsung atau bisa juga dengan menjadikannya menjadi jus melon.

8. Buah Semangka

Buah semangka memiliki beberapa kandungan diantaranya seperti lycopene, serat, kalium serta vitamin A yang bisa bermanfaat bagi penderita hipertensi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh universitas florida amerika, mengungkapkan bahwa kandungan asam amino atau juga disebut L-citrulline yang ada pada buah semangka dapat berguna membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

9. Buah Anggur

Anda pasti berfikir mengenai minuman ketika mendengan nama buah anggur ini, Buah yang sering dibuat untuk minuman ini ternya memiliki khasiat lain yaitu untuk menurunkan darah tinggi. Bauh anggur memiliki kandungan Bioflavonoid yang sangat berpengaruh untuk menurunkan darah tinggi anda saat dionsumsi. Selain itu juga kandungan Kalium dalam anggur memiliki 166 mg sehingga dapat memenuhi 4% dari nilai kalium harian yang dianjurkan oleh dokter.

10. Jambu Biji

Menurunkan darah tinggi dengan mengkonsumsi jambu biji merupkasn salah satu obat alami dan sangat tradisional, dimana dari sekian banyaknya buah-buahan jambu biji adalah salah satu obat paling efektif untuk penyakit darah tinggi. Hal ini telah dilakukan penelitian dan uji coba secara klinis di India. Dengan mengkonsumsi jambu biji anda tidak akan khawatir lagi mengenai darah tinggi anda dan msalah pencernaaan anda.

11. Blueberry

Tidak banyak yang tahu bahwa blueberry memiliki kandungan antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah anda jika mengkonsumsinya secara benar dan teratur. Saat kita mengkonsumsi buah blueberry kandungan yang ada dalam buah ini akan mengalahkan radikal bebas dalam tubuh kita.

Baca Juga:

Sayuran Penurun Darah Tinggi

Selain buah-buahan, ada beberapa jenis sayuran hijau yang bisa anda manfaatkan sebagai sayuran penurun darah tinggi. Berikut ini adalah beberapa macam sayuran hijau yang dapat anda konsumsi untuk membantu menyembuhkan serta menurunkan tekanan darah tinggi

1. Bayam

Sayuran bayam adalah salah satu sayuran sumber serat yang tinggi. Pada bayam juga mengandung kalium yang berguna sebagai zat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat bawang putih adalah berkhasiat untuk membantu mencegah adanya pembekuan darah dan juga berguna untuk menekan efek dari tekanan darah tinggi. Anda bisa menambahkan bawang putih pada masakan anda untuk membantu menyembuhkan darah tinggi.

3. Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang banyak memiliki kandungan mineral serta vitamin. Beberapa kandungan pada tomat diantaranya seperti kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin C. sehingga hal ini membuat tomat baik sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi tomat kurang lebih selama 4 bulan berguna menurunkan tekanan darah diastolik rata-rata turun 4 point serta tekanan darah sistolik rata-rata turun sekitar 10 point

4. Buncis

Sayuran untuk menurunkan darah tinggi berikutnya adalah buncis. Buncis adalah salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin serta mineral yang bermanfaat untuk dijadikan makanan alternatif untuk membantu menyembuhkan tekanan darah tinggi.

5. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis tanaman sumber karbohidrat yang banyak memiliki kandungan diantaranya seperti potasium serta magnesium. Kadnungan yang ada pada kentang tersebut bermanfaat sebagai senyawa untuk membantu menurunkan tensi darah yang tinggi.

6. Seledri

Sayuran hijau yang bisa dijadikan sayuran untuk menurunkan darah tinggi adalah seledri. Pada seledri juga banyak mengandung kalsium serta kalium. Anda dapat menambahkan seledri pada menu makanan anda untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

7. Kedelai

Sama halnya seperti seledri, pada kedelai juga banyak mengandung akan magnesium serta kalium yang tinggi. Kedua kandungan yang ada pada kacang kedelai ini berguna untuk membantu mengendalikan tekanan darah tetap terjaga.

8. Mentimun

Mentimun sudah dikenal sebagai salah satu sayuran penurun tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan potasium yang tinggi pada mentimun mampu membuat tekanan darah tinggi menurun. Ada baiknya bagi anda penderita hipertensi untuk menambahkan mentimun pada menu makanan anda.

9. Sayuran Seledri

Sayuran yang satu ini merupakan sayuran yang sering kita jumpai saat mengkonsumsi sayur sup. Selain menambah cita rasa dan aroma masakan, ternyata saayur seledri juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan sangat ampuh. Kandungan didalam sayur seledri memiliki kandungan zat kardisovaskular yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi dengan baik.

10. Sayur Kentang

Selain sumber karbohidrat yang sangat tinggi sayur kentang ternyata mampu mengobati darah tinggi. Dimana kandungan mineralnya yang sangat menyehatkan kentang juga mampu mengontrol tekanan darah tinggi karena kandungan magnesium didalamnya yang berfungsi untuk menjaga aliran sistem dalam darah serta produksi darah.

Makanan yang baik untuk Penderita Darah Tinggi

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi bagi penderita darah tinggi:

  1. Minyak Zaitun – Kandungan akan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tetap terjaga. Selain itu, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan jantung.
  2. Roti Gandum – Bagi penderita tekanan darah tinggi, anda bisa mengganti sarapan nasi anda dengan roti gandum. Roti gandum dapat menjadi altenatif pengganti nasi bagi penderita hipertensi.
  3. Oatmeal – Oatmeal merupakan salah satu produk olahan gandum yang baik dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi sebagai alternatif pengganti nasi saat sarapan pagi.
  4. Yogurt – Yogurt adalah salah satu hasil dari olahan susu yang memiliki beberapa kandungan dinataranya seperti kalium, magnesium, serta kalsium yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau darah tinggi.

Demikian lah ulasan mengenai makanan, buah-buahan dan sayuran yang bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. Konsumsi makanan dengan baik dan pilih manfaatnya supaya tubuh anda tetap sehat sampai hari tua nanti. Terimakasih =D

kata untuk mencari artikel ini:
  • makanan penurun darah tinggi
  • 8 makanan penurun tekanan darah tinggi
  • penurun darah tinggi
  • makanan penurun darah
  • makanan untuk menurunkan darah tinggi
  • buah penurun darah tinggi
  • sayuran penurun darah tinggi
  • makanan penurun hipertensi
  • makanan untuk darah tinggi
  • makanan penurun tensi
  • makanan penurun tekanan darah
  • makanan sehat untuk penderita darah tinggi
  • menurunkan darah tinggi
  • makanan untuk penderita darah tinggi
  • menu makanan untuk penderita darah tinggi

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

25 Daftar Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: