Daftar Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan Buah dan Sayur yang Mengandung Asam Folat memang sangat penting untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Ada banyak sekali beragam jenis makanan yang di dalamnya mengandung asam folat mulai dari jenis buah-buahan, sayuran dan juga produk hewani yang dapat dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar kita. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya seperti bayam, buncis, brokoli, alpukat, pepaya, jeruk, pisang, hati sapi, hati ayam dan masih banyak lagi jenis makanan lainnya.

Kita semua sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung asam folat, karena zat yang juga merupakan kandungan vitamin B9 ini sangat baik dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita. Secara garis besarnya, asam folat ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti :

  • Membantu menurunkan resiko terjadinya cacat pada sistem saraf pusat seperti terjadinya spina bifida yang dapat menyerang bayi sebelum lahir, sehingga asam folat ini sangat penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah resiko bayi mengalami cacar kelahiran.
  • Membantu proses regenerasi sel-sel di dalam tubuh yang telah rusak.
  • Dapat bekerja sama dengan kandungan vitamin B12 yang dapat membantu dalam membentuk sel darah merah yang sehat.

Seseorang yang mengalami kekurangan asupan asam folat pada tubuhnya dapat menyebabkan beberapa fungsi tersebut mengalami gangguan, seperti dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia defisiensi folat. Sedangkan bagi ibu hamil yang mengalami kekurangan asam folat, maka dapat meningkatkan resiko bayi yang dikandungnya mengalami cacat tabung saraf sebelum dilahirkan seperti spina bifida dan juga anensefali.

Maka dari itu, sebaiknya jangan biarkan tubuh mengalami kekurangan asam folat terlebih bagi ibu selama masa kehamilan. Untuk mencegah terjadinya kekurangan asam folat, maka jangan sampai anda melewatkan untuk menambah menu harian anda dengan sumber makanan yang kaya akan kandungan asam folat. Berbeda dengan nutrisi lainnya seperti vitamin A, D, E dan juga K, asam folat atau vitamin B9 ini tidak akan tersimpan di dalam tubuh, sehingga harus didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki sumber asam folat. Meski demikian, pastikan adan tetap menyesuaikannya dengan kebutuhan harian anda, karena jika berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Lalu, berapa jumlah asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya?

Berikut ini jumlah asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, yaitu :

  • Untuk usia balita dan anak-anak membutuhkan asupan asam folat dalam jumlah antara 100-150 mcg per hari.
  • Untuk usia remaja membutuhan asupan asam folat antara 150-350 mcg per hari.
  • Bagi ibu hamil atau yang sedang merencakanan kehamilan, anda bisa minum suplemen asam folat dengan dosis 0.4 mg (400 mikrogram) per hari ketika anada berhenti menggunakan kontrasepesi hingga usia 12 minggu kehamilan.
  • Bagi anda yang memiliki riwayat spina bifida pada keluarga, maka anda sebainya minum suplemen asam folat dengan dosis 5 mg setiap harinya hingga usia 12 minggu kehamilan. Khusus bagi anda, biasanya dokter akan meresepkan asam folat ini setelah melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Makanan Sayur dan Buah Yang Mengandung Asam Folat

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian bagi tubuh anda, diantaranya yaitu :

Sayuran Yang Mengandung Asam Folat

  • Bayam

Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau ini merupakan sumber asam folat yang bisa didapatkan dengan mudah. Selain mengandung asam folat, bayam juga kaya akan kandungan zat besi yang sangat baik untuk mencegah anemia. Menurut hasil penelitian dari National Institutes of Health mengungkapkan bahwa di dalam ½ cangkir terdapat 100 mcg kandungan asam folat.

  • Kubis atau Kol

Zat asam folat yang terkandung di dalam kubis atau lebih dikenal dengan kol ini memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan brokoli yaitu berjumlah sekitar 97 mikrogram asam folat dalam setiap 100 gram kubis.

  • Brokoli

Sayuran lain yang memiliki kandungan asam folat yaitu brokoli, sayuran yang satu ini juga dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Di dalam 100 gram brokoli terdapat kandungan asam folat dalam jumlah 70 mikrogram, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak tetapi cukup untuk dijadikan sebagai alternatif.

  • Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, namun masih banyak yang belum mengetahui jika kandungan asam folat di dalam kentang ini cukup tinggi yaitu sekitar 30 mcg. Untuk mendapatkan jumlah yang optimal, sebaiknya kentang di olah dengan cara direbus atau dijadikan sebagai bahan sayuran.

Buah Yang Mengandung Asam Folat

  • Alpukat

Siapa sih yang tidak suka dengan buah yang satu ini, selain rasanya yang sangat nikmat dengan tekstur daging buahnya yang sangat lembut ini ternyata memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Jumlah asam folat yang terdapat di dalam alpukat ini yaitu mencapai 90 mcg untuk setiap satu cangkirnya. Selain itu, alpukat juga mengandung serat alami yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan juga menjadi sumber vitamin K serta asam lemak yang baik bagi kesehatan tubuh.

  • Pisang

Bersyukurlah bagi anda yang suka makan buah pisang, karena di dalam buah pisang memiliki kandungan asam folat yang dinilai cukup membantu memenuhi kebutuhan asam folat harian tubuh. Di dalam satu buah pisang mengandung asam folat dalam jumlah 24 mcg atau sekitar 6% dari kebutuhan harian yang dianjurkan. Maka dengan mengkonsumsi 2-3 buah pisang setiap harinya sudah cukup membantu mencukupi kebutuhan asam folat setiap harinya. Selain mengandung asam folat, buah pisang juga merupakan sumber dari kandungan vitamin A, B, C dan memiliki kandungan mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium dan mineral penting lainnya.

  • Pepaya

Buah-buahan lain yang bisa anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian anda yaitu dengan mengkonsumsi buah pepaya, karena di dalam buah pepaya ini terdapat kandungan asam folat yang cukup tinggi dan juga memiliki kandungan serat yang baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Maka tak heran jika buah yang satu ini juga sering dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah dengan pencernaan seperti susah BAB, sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

  • Jeruk

Buah jeruk memang sudah sangat terkenal kaya akan kandungan vitamin C nya, namun masih banyak orang yang belum mengetahui jika ternyata buah jeruk juga kaya akan kandungan asam folat. Di dalam 1 buah jeruk mengandung asam folat mencapai 50 mcg, anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan asam folat harian anda.

  • Kacang Kacangan

Kandungan asam folat juga bisa anda dapatkan di dalam makanan jenis kacang-kacangan seperti buncis, kacang merah dan kacang hitam.

  • Biji-bijian

Produk makanan yang terbuat dari biji-bijian bisa anda manfaatkan untuk memenuhi asupan asam folat harian anda, karena kandungan asam folat yang terkandung di dalam biji-bijian sangat tinggi. Di dalam setengah cangkir pasta gandu memiliki kandungan asam folat sekitar 92 mcg.

  • Hati ayam dan Hati Sapi

Selain kaya akan kandungan zat besi dan protein, hati ayam dan sapi juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Anda bisa mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan.

  • Sereal

Cukupi asam folat harian anda dengan sarapan pagi dengan semangkuk sereal, karena di dalam semangkuk sereal di pagi hari mampu memenuhi 100% kebutuhan asam folat harian anda.

Itulah beberapan jenis makanan yang mengandung asam folat yang bisa kami bagikan kepada anda semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca semua.

kata untuk mencari artikel ini:
  • daftar makanan yang mengandung asam folat
  • berapa mg kandungan asam folat dalam jeruk

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Daftar Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: