11 Makanan yang Menyebabkan Jerawat

makanan yang menyebabkan jerawat

Makanan yang Menyebabkan Jerawat – Munculnya jerawat pada wajah seringkali menjadi satu masalah yang membuat tidak nyaman bagi orang yang terserang jerawat. Disamping menimbulkan rasa sakit pada wajah, jerawat juga sangat mengganggu penampilan wajah bagi seseorang.

Timbulnya jerawat dapat disebabkan beberapa faktor. Salah satu penyebab jerawat yang banyak tidak disadari oleh banyak orang adalah berasal dari beberapa jenis makanan yang kita konsumsi. Namun timbulnya jerawat pada wajah yang disebabkan oleh makanan pada setiap orang berbeda-beda. Sebagai contoh, pada sebagian orang mengonsumsi kacang dapat menimbulkan jerawat namun pada sebagian orang lain tidak. Reaksi yang muncul pada setiap orang berbeda-beda terhadap makanan yang dikonsumsinya.

Makanan Yang Menyebabkan Jerawat

Ada baiknya anda mengetahui beberapa jenis makanan yang biasanya dapat menyebabkan timbulnya jerawat jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyebab jerawat :

1. Cokelat

Kandungan lemak pada jerawat seringkali dipercaya dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Selain itu kandungan gula yang tinggi pada coklat dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh kita yang mengakibatkan mudahnya bakteri menginfeksi serta dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah.

2. Kacang

Walaupun kacang menjadi penyebab utama munculnya jerawat pada wajah, tetapi kacang memiliki kandungan lemak yang bisa menjadikan kulit berminyak. Hal ini bisa mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah. Sebagai alternatif pengganti kacang, anda dapat mengonsumsi almond dikarenakan almond tidak memengaruhi tingkat androgen pada tubuh.

3. Susu

Dari hasil riset yang dilakukan oleh salah satu badan dermatologi di Amerika, mengungkapkan bahwa adanya keterkaitan diantara susu dengan timbulnya jerawat. Dijelaskan bahwa dengan meminum susu bisa membuat hormon penyebab jerawat meningkat. Sebaiknya dianjurkan mengganti susu sapi dengan susu jenis lain.

4. Keju

Sama halnya seperti susu, jenis makanan keju juga bisa membuat daya tahan tubuh rusak serta mengakibatkan timbulnya jerawat. Dari hasil riset mengungkapkan bahwa sebagian makanan dari keju dapat menyebabkan hormon insulin meningkat.

5. Udang

Udang dan jenis makanan seafood atau makanan laut lainnya dikenal juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Hal tersebut dikarenakan kandungan yodium pada udang bisa memicu muculnya jerawat pada wajah. Namun anda tak perlu khawatir karena anda dapat mengganti dengan makanan laut alternatif lain seperti ikan salmon.

6. Kafein

Kafein yang terkandung di dalam bahan makanan atau minuman seperti kopi, teh, cokelat dan lainnya dapat merangsang kelenjar adrenalin pada tubuh yang mengakibatkan lepasnya hormon stres. Ini mengakibatkan dapat membuat tingkat stres meningkat. Sehingga apabila pikiran terlalu stres bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

7. Garam

Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung garam memang baik bagi tubuh, karena kandungan yodium pada garam mampu mencegah penyakit gondok. Namun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebihan. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan tubuh menahan banyak air yang dapat mengakibatkan peradangan pada kulit, menyebabkan kulit bercak-bercak, serta menjadikan warna pada kulit tidak merata.

8. Gula

Gula juga menjadi salah satu bahan makanan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Tidak cuma dapat menimbulkan jerawat, bahan makanan yang banyak mengandung gula bisa juga memperparah serta membuat jerawat menjadi infeksi. Kandungan gula pada makanan dapat membuat jumlah insulin pada tubuh meningkat sehingga menyebabkan hormon serta protein tubuh berubah yang mengakibatkan munculnya jerawat.

Sebaiknya hindari konsumsi bahan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Jenis makanan yang bersifat manis dapat membuat kadar gula darah menjadi meningkat sehingga dapat memicu munculnya jerawat.

9. Gorengan

Makanan yang biasanya digoreng dengan minyak goreng bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Hal tersebut disebabkan minyak yang terdapat pada gorengan bisa menyumbat pori-pori pada kulit serta membuat sel-sel pada kulit terlihat lebih tua. Kandungan lemak jahat pada gorengan juga sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Sebaiknya kurangi makan makanan gorengan atau makanan dengan kandungan berminyak lainnya untuk menghindari timbulnya jerawat.

10. Alkohol

Minum minuman yang banyak mengandung alkohol juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Alkohol merupakan zat yang sukar dinetralkan bagi tubuh. Alkohol dapat menjadikan tubuh mengalami dehidrasi serta menjadikan kulit lebih kering, sehingga dapat menyebabkan mudahnya timbul jerawat. Sebaiknya hindari atau kurangi minuman yang mengandung alkohol.

11. Karbohidrat Olahan

Makanan jenis ini memiliki kandungan gula yang bisa membuat kadar insulin meningkat pada tubuh kita. Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya hormon yang disebut hormon testosteron, sehingga bisa menyumbat pori-pori kulit dan hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat pada wajah.

Sebenarnya anda bukan harus menghindari jenis-jenis makanan yang telah disebutkan diatas untuk tidak dikonsumsi sama sekali, namun hanya saja porsi mengonsumsi jenis bahan makanan diatas tidak secara berlebihan karena jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Juga perlu ditekankan bahwa reaksi pada setiap orang akan berbeda-beda terhadap bahan makanan yang dikonsumsi seperti diatas.

kata untuk mencari artikel ini:
  • makanan penambah jerawat
  • apakah ikan laut salah satu faktor yg menyebabkan muncul nya jerawat
  • apakan makanan laut dapat menyebabkan jerawat?
  • macam macam makanan seafood yang bikin jerawatan
  • makan udang menyebabkan jerawat
  • makanan untuk menambah berat badan tapi tidak menyebabkan jerawat
  • penambah darah jerawat

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

11 Makanan yang Menyebabkan Jerawat | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: