Makanan Yang Wajib Dihindari Saat Hamil

Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Hamil

Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Hamil

Makanan Yang Perlu Dihindari dan Larangan Untu Ibu Hamil – Makanan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting guna memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh, terlebih lagi bagi anda yang tengah hamil tentunya sangat membutuhkan asupan gizi dan nutrisi cukup dan seimbang setiap harinya. Dengan terpenuhinya nutrisi dan gizi selama kehamilan, maka ibu hamil akan senantiasa dalam kondisi fit dan juga sehat selama masa kehamilan.

Selain itu, dengan selalu memperhatikan faktor makanan selama kehamilan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan, sehingga diharapkan ketika bayi lahir dalam keadaan sehat serta memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal baik pada tubuh maupun otak si kecil. Perlu anda ketahui bahwa perkembangan janin di dalam kandungan tentunya dapat dipengaruhi dari jenis makanan yang anda konsumsi setiap harinya, maka sangat dianjurkan ibu hamil selalu mengkonsumsi makan sehat yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu dan janin.

Di samping anda harus tahu makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, anda juga perlu mengetahui jenis makanan apa saja yang harus di hindari. Ini dikarenakan, tidak semua jenis makanan baik untuk ibu hamil meskipun makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Ada beberapa jenisn makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil bisa menyebabkan terganggunya tumbuh kembang janin di dalam kandungan, makanan tersebut jika sering dikonsumsi bisa menyebabkan bayi lahir cacat atau bahkan keguguran bagi ibu hamil muda.

Oleh karena itu, sangatlah penting ibu hamil untuk mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi dan harus dihindari selama kehamilan. Nah, untuk menambah pengetahuan anda berikut ini beberapa makanan yang perku dihindari saat hamil, yaitu :

Daftar Makan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

  1. Ikan Dengan Kandungan Mercuri Tinggi

Jika anda penikmat makanan seafood, maka sebaiknya mulai saat ini hidari dulu makan-makanan ikan laut selama kehamilan meskipun kandungan protein dan omega 3 dari ikan laut sangat tinggi dan baik untuk perkembangan otak janin di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan, di samping mengandung nutrisi yang baik dalam ikan laut juga memiliki kandungan merkuri yang tinggi dan berbahaya bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan juga perkembangan pada otak janin. Semakin ebsar ukuran ikan, maka semakin besar pula kandungan merkuri yang terkandung di dalamnya.

Menurut lembaga obat dan makanan dari Amerika menjelaskan bahwa ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan laut seperti ikan makerel raja, ikan todak, tilefish dan juga ikan hiu. Di dalam ikan-ikan tersebut terdapat kandungan merkuri yang sangat tinggi dan berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Meskipun jenis-jenis ikan tersebut sangat jarang di Indonesia, tidak ada salahnya jika bunda dan pasangan mengetahuinya. Jenis makanan seafoof lain yang tidak di perbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil yaitu seperti ikan salmon, sarden, tuna, ikan bilis, catfish, ikan trout, ikan tilapia dan udang.

  1. Makanan Seafood mentah dan setengah matang

Seafood mentah ataupun setengah matang juga tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama kehamilan, karena terkadang pada makanan tersebut terdapat cacing parasit yang masih hidup, jika dimakan oleh ibu hamil bisa sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Untuk itu, alangkah baiknya anda menghidari mengkonsumsi makanan seperti ikan dan kerang mentah atau dimasak setengah matang.

  1. Daging sapi dan unggas yang dimasak setengah matang

Daging sapi dan juga daging hewan unggas seperti ayam, bebek dan burung juga tidak boleh dikonsumsi apabila dimasak setengah matang, karena di dalam daging tersebut yang dimasa setengah matang masih memiliki kandungan parasit toksoplasmosis yang sangat berbahaya bagi kesehatan janin. Untuk mencegah atau menghilangkan parasit tersebut, maka pastikan daging dimasak hingga matang sempurna untuk mencegah terjadinya keracunan dari parasit tersebut. Jika memang perlu, anda bisa menggunakan alat termometer untuk mengetahui tingkat kematangannya.

  1. Telur mentah dan setengah matang

Di dalam telur metah mengandung bakteri jahat yang bernama salmonella, bakteri ini jika masuk ke dalam tubuh ibu hamil dapat membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan dan juga dapat menyebabkan ibu megalami muntah dan diare. Untuk itu, masak telur hingga benar-benar matang dan hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki campuran bahan telur mentah atau setengah matang seperti mayonaise dan makan berbahan telur mentah lainnya.

  1. Minuman yang tidak dipasteurisasi

Minum susu secara rutin setiap hari memang sangat baik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan serta meningkatkan perkembangan otak janin. Namun jenis susu atau produk susu yang dikonsumsi harus sudah melalui proses pasteurisasi atau pemasanasan, namun jika tidak melalui proses pasteurisasi sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan keracunan akibat dari bakteri yang ada di dalamnya. Selain itu, pastikan juga bunda menghindari minum susu murni mentah seperti susu sapi dan susu kambing.

  1. Hati Ayam Dan Sapi

Selain daging, ibu hamil juga sebaiknya tidak mengkonsumsi hati seperti hati ayam ataupun hati sapi. Namun jika memang anda menginginkanya sebaiknya dibatasi jangan terlalu sering dan berlebihan, karena di dalam makanan tersebut mengandung vitamin A yang terlalu berlebihan dan tidak baik bagi kesehatan janin di dalam kandungan.

  1. Minuman berkafein

Minum minuman yang mengandung kafein tidak baik bagi ibu hamil, karena kafein akan melewati plasenta dan menyebabkan terganggunya fungsi jantung pada janin. Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi banyak makanan atau minuman berkafein selama kehamilan dapat meningkatkan resiko keguguran bagi ibu hamil muda, berat badan rendah ketika bayi lahir dan bahkan dapat menyebabkan kematian pada bayi saat lahir. Namun ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, akan tetapi tidak ada salahnya juga jika bunda lebih memilih untuk menghidarinya. Selain itu, hindari juga minum minuman bersoda dan minuman berenergi.

  1. Minuman Beralkohol

Bagi ibu hamil yang suka minum minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko keguguran dan kematian bayi di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan, minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan fetal alcohol syndome yang dapat mengakibatkan terjadinya kelainan pada wajah bayi, gangguan fungsi jantung dan juga mengakibatkan kemunduran pada mental anak ketika besar nanti. Bahkan dengan minum alkohol sedikit saja dapat mempengaruhi perkembangan otak janin di dalam kandungan.

  1. Suplemen vitamin dan minyak ikan

Terakhir yaitu sebaiknya ibu hamil menghindari mengonsumsi suplemen vitamin dan juga minyak ikan dengan sosis terlalu tinggi, karena suplemen ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi yang tidak baik bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Jika memang anda membutuhkan tambahan vitamin untuk tubuh anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan.

Bagaimana, apakah ulasan diatas cukup jelas? Sekian ulasan yang dapat kami paparkan mengenai jenis makanan yang perlu dihindari saat hamil, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dan ajak pasangan anda untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kesehatan kehamilan dan kelahiran sang buah hati anda.

Terima masih dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • bayi sungsang dalam kandungan akan lahir cacat atau tidak
  • makanan yang dihindari saat hamil
  • apa saja makanan yang harus di hindari di saat hamil
  • makanan yang perlu di hindari saat hamil
  • makanan yang harus dihindari ibu
  • makanan yang dihindari pada ibu
  • makanan apa yang harus di hindari oleh ibu hamil
  • bayi bb 3 4 sungsang makanan yang dihindari agar tidak terlalu besar
  • apaka ciri ciri sapi hamil suka minum
  • mknan yg dhindri bumil

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Makanan Yang Wajib Dihindari Saat Hamil | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: