Sehat Natural

12 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Kelapa

Manfaat Air Kelapa

Manfaat Air Kelapa – Air kelapa memang menjadi salah satu minuman sehat yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Disamping rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata di dalam air kelapa terkandung banyak sekal nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Banyak sekali manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh, namun kebanyakan orang hanya tahu jika air kelapa bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Di dalam air kelapa terkandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari karbohidrat, kalsium, magnesium, potasium, fosfor, zat besi, protein, serat, zinc, tembaga, selenium, asam pantotenat, asam folat, mangan, colin dan betaine. Selain itu, di dalam air kelapa juga kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainnya yang bisa anda dapatkan dengan minum air kelapa.

Beragam Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah beberapa manfaat air kelapa bagi tubuh yang bisa anda dapatkan, diantaranya yaitu :

  1. Dapat Mencegah Dehidrasi

Seperti yang telah kami bahas diatas bahwa minum air kelapa dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi yang dapat disebabkan oleh karena disentri, diare, kolera dan juga flu perut. Di dalam air kelapa juga memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang dapat membantu memenuhi cairan tubuh yang hilang setelah melakukan aktivitas. Maka dari itu, bagi anda yang sering berkeringat selama melakukan aktivitas baik itu dalam melakukan pekerjaan maupun olahraga, maka jaga ion tubuh anda dengan rutin minum air kelapa segar.

  1. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Selain untuk tubuh, air kelapa juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit karena di dalam air kelapa terdapat kandungan asam laurat dan juga sitokin yang dapat mendukung pertumbuhan serta regulasi sel. Dengan minum air kelapa secara rutin dan teratur, maka dapat menjadikan kulit tampak lebih sehat dan dapat terhindari dari penuaan dini pada kulit.

  1. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat air kelapa lainnya yaitu dapat menjaga daya taha tubuh tetap kuat, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan, air kelapa memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus yang mampu melawan serangan infeksi virus dan bakter seperti virus penyebab flu.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Minum air kelapa dapat membantu melarutkan batu ginjal, ini dikarenakan di dalam air kelapa terdapat kandungan mineral penting seperti kalium yang sangat berperan penting dalam proses alkali urin dan juga dapat mencegah terjadinya pembentukan dari batu ginjal.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Air kelapa adalah minuman sehat yang sangat baik bagi kesehatan, tidak terkecuali untuk ibu hami. Ibu hamil yang rutin minum air kelapa muda dapat membantu mencegah dan mengatasi morning sickness dan juga dapat mengurangi keinginan untuk muntah. Kandungan vitamin C yang terdapat pada air kelapa muda juga sangat dibutuhkan bagi tubuh ibu hamil.

  1. Dapat Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Apakah kulit anda berjerawat? Manfaat air kelapa juga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga sangat baik untuk kecantikan kulit. salah satu manfaat air kelapa untuk kecantikan kulit yaitu dapat mencegah dan menghilangkan jerawat. Selain dengan cara di minum, cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah jerawat ini yaitu dengan sering membasuh muka dengan air kelapa. Hal ini dikarenakan, sifat anti-bakterinya inilah yang mampu membunuh perkembangan bakteri penyebab jerawat di kulit. maka dari itu, jangan ragukan manfaat air kelapa muda bagi kecantikan kulit wajah anda.

  1. Dapat Menurunkan Lemak

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih, maka salah satu solusi terbaik untuk anda dalam menurunkan berat badan yaitu dengan rutin minum air kelapa muda. Minuman alami ini bebas dari bahan kimia dan mengandung nutrisi penting bagi tubuh yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan berlebih. Dengan minum air kelapa, anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga sangat baik untuk membantu anda yang sedang menjalani program diet sehat

  1. Dapat Mengontrol Gula Darah

Dengan minum air kelapa secara rutin dan teratur dapat membantu dalam mengontrol kadar gula daram darah yang menjadi pemicu penyakit diabetes. Meskipun rasanya manis, tetapi rasa manis ini dihasilkan dari pemanis alami yang aman bagi pasien penderita penyakit diabetes. Minum air kelapa secara rutin dapat membantu memperbesar saluran pembuluh darah yang mengecil akibat dari pembentukan plak, sehingga sirkulasi darah akan kembali lancar dan tubuh pun akan terbebas dari diebetes.

  1. Dapat Menangkan Serangan Radikal Bebas

Di dalam air kelapa mengandung antioksidan yang cukup tinggi, senyawa antioksidan ini terbukti efektif untuk membantu dalam menangkal serangann radikal bebas berbahaya. Pasien yang keracunan obat antibiotik juga dapat diatasi dengan minum air kelapa muda, bahkan air kelapa juga sangat baik untuk dijadikan air untuk minum obat karena dapat mempermudah proses penyerapannya.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukan bahwa dengan minum air kelapa secara rutin dan teratur dapat mengontrol tekanan darah, karena di dalam air kelapa terdapat kandungan kalium dan asam laurat. Selain itu, kedua kandungan tersebut terbukti mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah yang dapat mencegah serangan penyakit jantung.

  1. Dapat Menurunkan Darah Tinggi (hipertensi)

Di dalam air kelapa terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi, dalam dunia medis menjelaskan bahwa kandungan kalium tersebut sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan tekanan darah yang selalu dalam kadar seimbang, maka tubuh akan terhindari dari penyakit komplikasi yang dipicu oleh tekanan darah tinggi seperti penyempitan pembuluh darah, pecah pembuluh darah dan stroke.

  1. Dapat Meningkatkan Energi Tubuh

Ketika tubuh terasa lelah, letih dan lesu itu tandanya energi dalam tubuh sedang lemah atau berkurang. Untuk dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang, anda bisa perbanyak minum air kelapa muda. Dengan demikian, tubuh akan kembali segar, bugar dan dapat kembali beraktivitas dengan baik.

Tips Minum Air Kelapa

Meskipun telah banyak dilakukan penelitian terhadap manfaat air kelapa yang mengungkapkan bahwa air kelapa mengandung natrium yang sangat baik untuk kesehatan, namun anda tetap tidak disarankan untuk mengkonsumsi atau minum air kelapa mudah secara berlebihan.

Berikut ini beberapa tips minum air kelapa yang baik, yaitu :

  • Minum air kelapa muda sebanyak 1-2 gelas, minum pada pagi dan siang hari bagi orang dewasa.
  • Hindari memberikan air kelapa pada bayi dan balita, namun jika ingin memberikannya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk meminta dosis yang tepat untuk anak anda.
  • Hindari minum air kelapa di malam hari sebelum tidur, karena air kelapa tidak akan mudah diserap oleh tubuh sehingga sangat dikhawatirkan akan menjadi timbunan glukosa dalam jumlah berlebih.
  • Di dalam air kelapa juga terdapat kandungan kalori yang cukup tinggi, sehingga hindari minum air kelapa setiap hari dalam julah yang berlebihan.

Catatan :

Manfaat air kelapa ini akan di dapat dengan maksimal apabila diminum ketika tubuh sedang mengalami dehidrasi dan kekurangan ion tubuh, karena dengan minum air kelapa dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh, semoga informasi diatas bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

12 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: