Manfaat Belerang untuk Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Manfaat Belerang untuk Masalah Kulit – Selain sebagai indera perasa, kulit juga berperan untuk melindungi tubuh dan sebagai alat ekskresi. Dengan peran pentingnya tersebut, kesehatan kulit perlu dijaga. Salah satunya adalah dengan mengatasi berbagai gangguan yang menyerangnya. Belerang merupakan salah satu zat yang berkhasiat mengobati berbagai permasalahan pada kulit. Manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit dapat dioptimalkan untuk menjadikan kulit Anda terbebas dari beragam masalah yang menyerang. Lalu, apa sajakah kandungan dalam belerang tersebut dan bagaimana khasiatnya? Pertanyaan tersebut dapat terjawab melalui penjelasan dari artikel berikut ini. 

Manfaat Belerang untuk Masalah Kulit

Sumber : Google.com

Manfaat Belerang untuk Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Belerang merupakan salah satu unsur kimia dan termasuk dalam jenis mineral alami. Unsur alami ini dapat bereaksi dengan unsur lain dan membentuk senyawa. Unsur belerang ini juga mengandung zat antibakterial dan antiinflamasi, sehingga berkhasiat baik untuk kesehatan kulit. Belerang dapat mengobati beragam masalah yang timbul pada kulit, karena zat yang terkandung di dalamnya tidak membahayakan kulit. Meskipun demikian, belerang hanya dianjurkan untuk pengobatan dari luar (eksternal), bukan dari dalam.

Langkah pengobatan dengan belerang dapat dilakukan dengan cara berendam dalam air belerang. Kolam pemandian air panas yang sumbernya berasal dari gunung berapi, mampu menjadi solusi untuk mengobati permasalahan kulit. Saat ini, obat untuk mengatasi masalah yang menyerang kulit juga sudah menggunakan belerang sebagai salah satu komposisinya, sehingga dapat berperan baik untuk mengobati. Khasiat belerang tersebut tidak lepas dari kandungan zat di dalamnya, yaitu berupa zat antibakterial dan antiinflamasi. Berikut ini merupakan manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit.

  1. Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit

Ada beragam permasalahan kulit yang mengganggu. Salah satunya adalah gatal-gatal yang disebabkan gigitan nyamuk ataupun serangga lainnya, akibat alergi, debu, dan sebagainya. Rasa gatal yang dialami tersebut merupakan hal yang sangat mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan penanganan secepatnya. Unsur belerang dapat menjadi solusi untuk menghilangkan rasa gatal yang mengganggu. Caranya adalah dengan mengambil belerang sebesar ibu jari, lalu haluskan. Setelah itu, tumbuk 3 butir merica serta ½ buah pala hingga halus. Terakhir, campurkan tumbukan ketiga bahan tersebut dengan beberapa tetes minyak tanah dan air, hingga tercampur secara merata. Lalu, Anda dapat mengoleskannya pada area kulit yang gatal.

  1. Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit adalah mengobati jerawat. Jerawat merupakan suatu persoalan kulit yang sangat mengganggu. Rasa gatal dan perih yang ditimbulkan dapat mengurangi kenyamanan dan menghambat jalannya aktivitas. Apabila tidak segera ditangani, maka jerawat tersebut akan semakin parah dan jika terkena debu akan memerah dan lama kelamaan akan membekas. Belerang yang mengandung antibakterial mampu menghilangkan bakteri dan kuman lainnya yang menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit. Belerang juga dapat meregenerasi bagian kulit yang sebelumnya ditumbuhi jerawat.

  1. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam terjadi karena bekas jerawat, bekas luka, karena gatal, ataupun bekas alergi. Adanya flek tentunya dapat memengaruhi penampilan kulit. Unsur belerang dapat mengembalikan kondisi kulit menjadi mulus seperti semula, karena mampu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi jaringan kulit. Pemakaian masker belerang dapat diterapkan secara rutin untuk menghilangkan flek hitam pada kulit.

  1. Mengatasi Kerutan

Kerutan yang muncul karena bertambahnya usia adalah masalah kulit selanjutnya. Akan tetapi, pola hidup yang salah, seperti kurang tidur, pemakaian kosmetik yang berlebihan, serta kurangnya nutrisi untuk kulit, dapat memicu timbulnya kerutan halus pada kulit. Kerutan halus tersebut merupakan tanda awal dari penuaan dini dan akan bertambah apabila tidak segera ditangani. Dengan salah satu manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit adalah mampu mengencangkan kulit, maka persoalan timbulnya kerutan tersebut dapat diatasi. Seiring berjalannya waktu, kerutan tersebut dapat diminimalisir dan hilang melalui penggunaan masker belerang secara rutin.

  1. Mengobati Alergi

Masalah kulit berikutnya yang dapat diatasi adalah alergi. Alergi adalah sebuah reaksi pada tubuh yang muncul akibat terganggunya sistem kekebalan tubuh oleh perubahan cuaca, serangan virus, serangan bakteri, ataupun karena tingkat sensitivitas kulit yang tinggi. Umumnya, alergi tersebut berupa munculnya gatal-gatal atau bintik merah pada kulit. Kandungan antibakterial yang ada dalam belerang dapat menyembuhkan alergi yang terjadi dan kulit  menjadi normal kembali.

  1. Mengatasi Infeksi

Mengatasi infeksi termasuk dalam daftar manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit. Kandungan antiinflamasi dalam belerang mampu mengobati dan mencegah terjadinya infeksi akibat alergi, gatal-gatal, ataupun kulit kering. Perawatan menggunakan belerang secara rutin dapat memberikan hasil lebih optimal.

  1. Menyembuhkan Koreng/Kudis

Koreng/kudis dapat diatasi menggunakan terapi belerang. Solusi tersebut dapat dilakukan secara rutin. adapun cara penerapannya adalah dengan berendam dalam air panas mengandung sari belerang. Anda dapat membuatnya sendiri dengan menumbuk belerang dan melarutkannya dalam air panas ataupun pergi ke pemandian air panas yang mengandung belerang, seperti kolam pemandian Ciater. Sifat panas pada belerang serta kandungan antibakterialnya yang bercampr dengan air panas mampu membunuh kuman dan jamur penyebab penyakit kulit. Cara ini tergolong efektif untuk segera mengatasi persoalan kulit ini.

  1. Mengobati Eksim

Dengan beragam manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit, maka salah satunya yaitu eksim dapat diatasi. Jika Anda mengalami eksim, maka penyembuhan menggunakan sari belerang dapat diterapkan. Eksim adalah penyakit gatal yang menyerang kulit hingga menyebabkan timbulnya koreng dan nanah. Sifat panas yang dimiliki belerang mampu membunuh jamur penyebab penyakit eksim tersebut. Berendam dalam air sari belerang dapat diupayakan untuk mengobati eksim.

  1. Mengatasi Panu dan Kurap

Panu dan kurap adalah permasalahan kulit yang sering menyerang. Dalam hal ini, manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit adalah membunuh jamur penyebab panu dan penyebab kurap. Belerang yang bersifat panas, mampu melumpuhkan mikroba dan jamur parasit yang merugikan tersebut, sehingga penggunaan belerang secara rutin dan berkelanjutan dapat menyembuhkan keduanya.

Kulit sangat berperan penting bagi setiap manusia. Oleh karena itu, kesehatan kulit adalah suatu hal yang perlu diperhatikan, terlebih apabila kesehatan kulit terganggu. Jika demikian, maka jangan dikesampingkan. Upaya untuk mengatasinya perlu dilakukan agar persoalan tersebut dapat diatasi. Pengobatan secara efektif dapat diterapkan untuk Anda yang mengalami persoalan pada kulit.

Belerang merupakan unsur mineral alami yang berkhasiat sebagai bahan pengobatan berbagai permasalahan kulit. Sifat belerang yang baik dan tidak merusak jaringan kulit, sesuai diterapkan untuk pengobatan. Alangkah baiknya, apabila pengobatan ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Berbagai manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit yang sudah dipaparkan di atas mempunyai tata cara pengobatan dengan belerang yang dapat diterapkan untuk mengobati masalah kulit yang Anda alami. Setelah masalah kulit tersebut teratasi, maka permukaan kulit Anda dapat kembali bersih dan mulus.

kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat belerang
  • manfaat belerang untuk kulit
  • belerang
  • manfaat belerang untuk penyakit kulit
  • khasiat belerang
  • Kegunaan belerang
  • cara memakai belerang untuk gatal gatal
  • cara mengobati gatal dengan belerang
  • manfaat blerang
  • cara menggunakan belerang sebagai obat gatal
  • cara menggunakan belerang untuk kulit
  • belerang untuk obat gatal
  • cara pemakaian belerang
  • kegunaan belerang untuk kulit
  • Cara menggunakan belerang untuk obat kulit

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Manfaat Belerang untuk Mengobati Berbagai Masalah Kulit | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: