5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan dan Kesehatan – Belimbing wuluh atau belimbing sayur merupakan tumbuhan asli dari Indonesia atau tepatnya berasal dari Kepulauan Maluku. Selain memiliki khasiat untuk kesehatan, manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan juga banyak. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahuinya karena memang buah tersebut hanya sering digunakan sebagai bumbu masakan saja. Namun, sebagian masyarakat Indonesia juga sudah mengetahui manfaat lainnya untuk kesehatan seperti digunakan sebagai obat flu dan batuk.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sumber : Google.com

Sebelum membahas tentang manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu isi nutrisinya. Setiap buah-buahan pasti mempunyai kandungan gizi yang berbeda-beda dan manfaatnya pun juga beragam. Lalu apa saja kandungan gizinya? Yang pertama adalah vitamin C, memang buah berwarna hijau ini rasanya sangat asam dan jangan salah karena vitamin C nya begitu tinggi. Kemudian ada kandungan lainnya seperti vitamin A, flavonoid, vitamin B1, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan kalium. 

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan dan Cara Merawatnya

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi di dalamnya, tentu Anda jangan ragu lagi untuk memanfaatkan buah kecil ini. Selain bisa memelihara kesehatan, belimbing sayur juga sangat berkhasiat dalam menjaga kecantikan. Lalu apa saja manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan? Simak poin-poinnya di bawah ini.

  1. Memutihkan kulit

Tahukah Anda jika belimbing yang sering digunakan sebagai tambahan membuat sambal ini bisa memutihkan kulit? Tentu Anda tidak menyangkanya bukan? Ya, memang benar buah tersebut mampu memutihkan wajah karena sejumlah kandungan vitamin C dan zat antioksidan di dalamnya. Zat antioksidan tersebut mampu menangkal serangan radikal bebas dan kandungan vitamin C bisa membantu meregenerasi sel supaya wajah lebih cerah.

Untuk itu Anda bisa membuat maskernya yaitu dengan menyiapkan 10 buah belimbing sayur dan air hangat. Kemudian langkah selanjutnya adalah menghaluskan buah tersebut yang sudah dicuci bersih sampai halus dan tambahkan air hangat secukupnya. Oleskan pada wajah Anda selama 10 menit dan gosok-gosok supaya sel kulit mati terkelupas. Untuk hasil terbaik pakailah masker tersebut sebelum tidur dan rasakan manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan sebagai pemutih kulit alami tersebut.

  1. Mengecilkan pori-pori

Memiliki pori-pori wajah yang agak besar tentu sangat rawan terkena jerawat dan komedo. Oleh karena itu Anda harus bisa merawat wajah dengan sebaik mungkin yaitu dengan memanfaatkan belimbing sayur. Bagaimana bisa? Ternyata buah yang memiliki rasa asam tersebut bisa membantu wajah untuk mengecilkan pori-pori. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menggunakan 5 buah belimbing sayur dan menyiapkan air garam. Kemudian buah tersebut haluskan sampai benar-benar halus dan tambahkan air garam secukupnya. Langkah berikutnya adalah mengoleskan ke bagian kulit wajah dan diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air bersih. Manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan di atas akan Anda dapatkan bila dipakai secara rutin.

  1. Obat jerawat alami

Masalah yang sering dialami oleh banyak orang adalah jerawat. Ya, jerawat memang sangat mengganggu karena penampilan akan menjadi memudar karenanya. Untuk itu Anda harus segera mengatasinya dengan cepat yaitu mengobatinya. Namun, Anda jangan langsung berpikir memilih obat jerawat yang terbuat dari bahan kimia seperti merk-merk terkenal itu karena Anda tentunya tidak tahu bahaya efek sampingnya bukan? Lebih baik menggunakan obat jerawat yang alami saja yaitu menggunakan belimbing sayur.

Manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan yang digunakan sebagai obat jerawat alami tersebut sangat mudah sekali caranya. Bagaimana cara membuatnya? Pertama siapkan 5 buah belimbing wuluh segar, bersihkan. Kemudian siapkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 1 sendok teh belerang. Campur bahan-bahan tersebut dan kemudian oleskan di seluruh bagian wajah yang berjerawat. Tunggu hingga beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Lakukanlah perawatan tersebut 3 kali sehari supaya jerawat cepat hilang dan wajah pun akan terbebas dari jeratan jerawat yang mengganggu.

  1. Mencerahkan kulit (badan)

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, ternyata belimbing wuluh juga memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit badan. Ini karena buah tersebut banyak mengandung zat antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C tinggi yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Kemudian vitamin C akan menutrisi kulit dari dalam sehingga kulit tampak lebih cerah dan berseri. Untuk memperoleh manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan tersebut caranya cukup mudah yaitu memakai lulur yang terbuat dari buah itu. Bagaimanakah cara membuatnya?

Pertama Anda harus menyiapkan 10 atau boleh lebih belimbing sayur yang segar dan sudah dicuci bersih. Kemudian bahan selanjutnya adalah air hangat ambil secukupnya saja. Langkah berikutnya yaitu lumatkan sejumlah belimbing wuluh sampai benar-benar halus dan jangan lupa tambahkan air hangat supaya tidak terlalu kental. Setelah itu, gosok-gosokan ke permukaan kulit selama 10 menit supaya sel kulit mati terangkat. Bilas dengan air bersih jika dipakai di seluruh badan maka lebih baik mandi. Rasakan sensasi dari belimbing sayur tersebut dan dapatkan kulit cerah seketika.

  1. Menghilangkan panu

Bagi Anda yang memiliki masalah penyakit kulit seperti panu, lebih baik memanfaatkan belimbing sayur. Daripada harus memakai salep dan Anda mengeluarkan banyak uang, lebih baik mencoba mengatasinya dengan buah hijau asam tersebut. Sebenarnya panu itu adalah masalah sepele tetapi jika dibiarkan maka akan mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri Anda nantinya. Caranya cukup sediakan 10 buah belimbing sayur dan air kapur sirih secukupnya. Pertama haluskan belimbing wuluh kemudian campur dengan air kapur sirih. Oleskan ke bagian kulit yang terkena panu dan lakukanlah perawatan tersebut 2 kali sehari. Dalam beberapa hari panu yang ada di badan niscaya akan cepat menghilang, buktikan sendiri khasiatnya.

Kelima manfaat di atas merupakan manfaat dari belimbing wuluh khusus untuk kecantikan. Belimbing wuluh memang banyak dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena bisa tumbuh subur di mana saja. Kebanyakan belimbing sayur tumbuh subur di pekarangan rumah dan tidak terlalu tinggi. Jika berbuah maka satu pohon akan ditumbuhi puluhan hingga ratusan buah. Oleh karena itu, manfaatkan buah tersebut untuk merawat kecantikan Anda.

Daripada harus merawat kecantikan di salon dan keluar biaya banyak, menggunakan bahan alami sangat dianjurkan. Mengapa? Selain ekonomis bahan alami juga tidak memiliki efek samping yang bisa merusak kesehatan. Kemudian bahan alami seperti belimbing wuluh juga tidak akan membuat ketergantungan. Berbeda dengan kosmetik pemutih wajah yang bisa membuat ketergantungan kulit. Jika tidak memakainya sehari saja kulit bisa kembali kusam. Beda halnya dengan menggunakan pemutih alami dari belimbing wuluh, kulit tetap akan normal jika tidak menggunakannya lagi. Dari deretan manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan di atas, mungkin salah satunya bisa Anda coba dan lakukan secara rutin. Selamat mencoba dan rasakan sendiri khasiatnya.

kata untuk mencari artikel ini:
  • Bagaimana jika belimbing langsung di gosok2 ke wajah Apakah akan merusak wajah

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan dan Kesehatan | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: