Sehat Natural

10 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Anggur

Manfaat Buah Anggur

Manfaat Buah Anggur sudah dikenal sejak dulu, buah anggur memang menjadi salah satu jenis buah yang memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam buah anggur terdapat kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Buah anggur sendiri menyimpan banyak sekali kandungan nutrisi, di dalam buah anggur menyimpan 70 persen air dan sisanya zat gula. Ada banyak kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya yaitu mengandung asam galat, asam folat, zat besi, glukosida, mangan, kalsium dan juga vitamin.

Selain itu, di dalam buah anggur juga terdapat kandungan senyawa yang sangat baik seperti zat polifenol dan juga resveratol yang keduanya dikenal sebagai zat antioksidan. Senyawa antioksidan sendiri berperan penting dalam menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat masuk ke dalam tubuh, radikal bebas sendiri dapat menyebabkan terbentuknya kanker di dalam tubuh sehingga tubuh dapat terhindari dari penyakit kanker.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

Selain dapat mencegah kanker, ternyata buah anggur juga masih menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu, langsung saja kita simal ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah anggur yang pertama yaitu terbukti efektif untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, karena di dalam buah anggur terdapat kandungan nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah anggur, maka tubuh akan lebih tahan terhadap serangan jenis penyakit.

  1. Mengandung Sumber Zat Anti Mikroba

Di dalam buah anggur terdapat kandungan zat antioksidan yang umum seperti piceatannol dan resveratrol, keduanya dapat menghasilkan fitonutrien yang terbukti ampuh untuk dijadikan sebagai antimikroba. Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan zat antimikroba di dalam buah anggur dapat membantu dalam mencegah berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh mikroba pada makanan.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Dari hasil penelitian para ahli menjelaskan bahwa kandungan zat resveratrol yang terdapat di dalam buah anggur dapat membantu dalam melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat memberikan kesemapatan bagi darah untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan lancar. hasil dari penelitian juga ditujukan pada saat kondisi tubuh dalam kondisi santai, kondisi dinding pembuluh darah yang lebar dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah sehingga dapat meningkatkan oksigen dan juga nutrisi penting ke dalam sel-sel tubuh.

  1. Mengandung Sumber Vitamin

Di dalam buah anggur merah terdapat kandungan vitamin yang lengkap dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. pada setiap satu porsi buah anggur merah menyimpan 16 mg vitamin C, sehingga dapat memenuhi asupan vitamin C harian sebanyak 27 persen dari total yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Di dalam buah anggur juga ditemukan kandungan vitamin lainnya, diantaranya yaitu seperti kandungan vitamin A, B6, K, E, thiamin, asam folat, beta karoten, alpha karoten dan masih banyak kandungan vitamin lainnya yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah anggur ini.

  1. Mengandung Sumber Mineral

Di dalam buah anggur juga mengandung sumber mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, pada setiap satu porsi buah anggur mengandung mieral seperti 0,5 zat besi, 0,2 mg tembaga, 288 mg kalium dan 0.1 mg mangan. Selain itu, buah anggur juga mengandung sejumlah mineral dalam jumlah kecil seperti mengandung kalsium, magnesium, selenium dan juga seng.

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Manfaat buah anggur lainnya yaitu terbukti efektif untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Menurut hasil pengujian menunjukan pada orang yang mengkonsumsi jus anggur setiap hari sebanyak 1-2 gelas setiap hari hingga selama beberapa bulan, hasilnya menunjukan peningkatan nilai dari peserta penelitian yang dilakukan di California Verbal Learning Test.

  1. Dapat Melindungi Tubuh Dari Bahaya Radiasi

Kandungan nutrisi dalam buah anggur sangat ampuh untuk melindungi tubuh dari bahaya terkena radiasi saat melakukan terapi radiasi dalam pengobatan kanker.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kecantikan Kulit

Kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada buah anggur tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga baik untuk merawat kesehatan dan kencantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat buah anggur untuk kulit, diantaranya yaitu :

  1. Dapat Mencegah Kanker Kulit

Menurut dari hasil penelitian menyatakan bahwa kandungan zat resveratol yang ada di dalam buah anggur terbukti efektif untuk mencegah dan menghentikan perkembangan sel kanker. Zat yang satu ini dapat membantu melindungi kulit dari resiko kerusakan kulit akibat dari bahaya paparan sinar UVB dan juga sinar matahari secara lansung. Dengan demikian, maka kulit akan terhindar dari resiko mengalami penyakit kanker kulit.

  1. Dapat Menghaluskan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah anggur ternyata sangat efektif untuk membantu dalam menghaluskan kulit wajah yang kering dan kasar. Cara menghaluskan kulit wajah dengan anggur cukup mudah, caranya yaitu dengan menghaluskan buah anggur secukupnya dan kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah yang kering dan kasar. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin.

  1. Dapat Mencerahkan Kulit Kusam

Bagi anda yang memiliki kulit wajah kusam, maka tentunya anda akan merasa kurang percaya diri dengan penampilan wajah anda. untuk mengatasi wajah kusam, maka anda bisa mencoba melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan masker buah anggur secara rutin.

Cara mencerahkan kulit wajah dengan angbgur, anda cukup menghaluskan buah anggur secukupnya dan oleskan sambil digosok-gosokan secara perlahan pada kulit wajah anda. diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas sampai bersih. lakukan perawatan wajah ini secara rutin dan teratur 2-3 kali dalam seminggu, maka dalam satu bulan anda sudah bisa melihat hasilnya.

Catatan :

Selain digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan wajah, anda juga sebaiknya mengkonsumsi buah anggur secara rutin dan teratur agar hasil yang di dapat lebih maksima.

Tips Mengkonsumsi Buah Anggur

Ada beberapa hal penting yang tidak boleh anda lupakan dan harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi buah anggur, yaitu :

  1. Pastikan anda tidak menderita penyakit diabetes, karena kandungan glukosa dalam buah anggur sangat tinggi dan dapat menambah parah kesehatan bagi penderita diabetes.
  2. Pastikan sebelum mengkonsumsinya, bersihkan terlebih dahulu buah anggur dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa zat dan bahan pestisida yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  3. Hindari menyimpan buah anggur terlalu lama dalam kulkas, karena jika disimpan terlalu lama dapat menyebabkan terjadinya kontaminasi dengan bakteri lain yang ada di dalam kulkas.
  4. Jika tujuan anda mengkonsumsi untuk mengobati suatu jenis penyakit, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengingat setiap jenis buah memiliki efek samping yang berbeda-beda pada setiap orang yang mengkonsumsinya secara berlebihan.

Bagaimana, menarik bukan informasi diatas?

Itulah beragam manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kami simpulkan pada pembahasan kali ini, semoga apa yang telah kami bahas diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: