12 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Blewah – Blewah adalah jenis buah-buahan yang biasanya sering ditemukan ketika memasuki bulan suci ramadhan. Rasa buahnya yang sangat menyegarkan, tak heran jika buah yang satu ini laris manis dipasaran dan sangat disukai oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk membuat sup buah atau sirup. Bentuk buahnya sangat mirip dengan buah lemon, buah ini banyak ditemukan dan tumbuh di negara-negara yang berasa di kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia.

Kandungan Dan Manfaat Buah Blewah

Buah blewah sendiri mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh, buah ini sangat mudah kita dapatkan di pasar tradisional maupun di swalayan dan harganya oun cukup terjangkau. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini sangat lengkap, salah satu manfaat buah blewah untuk kesehatan tubuh yaitu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. menurut hasil uji dan tes dari The Journal of Food Science pada buah blewah ini, pada setiap 100 gram blewah mengandung :

  • Vitamin A sebanyak 3382IU
  • Vitamin C sebanyak 36,7 mg
  • Folat sebanyak 21 mcg
  • Kalium sebanyak 267 mg
  • Magnesium sebanyak 12,69 mg
  • Tembaga sebanyak 0,05 mg
  • Mangan sebanyak 0,03 mg
  • Seng sebanyak 0,10 mg
  • Krom sebanyak 0,005 mg
  • Kobalit sebanyak 0,003 mg

Semua kandungan nutrisi dan gizi tersebut sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan rutin mengkonsumsinya. Ada banyak sekali manfaat buah blewa untuk kesehatan, diantaranya yaitu :

Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah belewah mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, rutin mengkonsumsi blewah secara rutin dapat menjadikan tubuh lebih tahan terhadap serangan virus penyebab penyakit dan juga akibat perubahan cuaca.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah blewah juga sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan, karena buah ini rendah kandungan gula dan kalori, sehingga sangat baik dan cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Di dalam buah blewah mengandung kalium, potasium dan vitamin C yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengedalikannya agar tidak gampang kembali meningkat. Bahkan di dalam buah ini tidak mengandung kolesterol, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa buah blewah tidak mengandung kolesterol sama sekali, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi. kadar kolesterol tinggi di dalam darah dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular. Sedangkan kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah ini sangat efektif untuk mencegah proses pembekuan darah dan juga dapat memperkuat dinding kapiler.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Buah blewah tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi juga sangat efektif untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, di dalam buah blewah mengandung vitamin C dan juga vitamin A yang dapat berperan penting sebagai betakaroten yang dapat membantu merawat kesehatan jantung.

  1. Mencegah Kanker

Apabila tubuh mengalami kekurangan asupan gizi seperti vitamin C, vitamin A dan asam folat secara cukup setiap harinya, maka dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut, anda bisa mengkonsumsi buah blewah secara rutin dan teratur setiap hari baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan sebagai bahan membuat jus.

  1. Mengatasi Insomnia

Buah blewah ini memiliki sifat sedaktif yang sangat bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami susah tidur, efek dari sifat sedaktif ini hampir mirip dengan efek yang dihasilkan dari obat tidur. Untuk mengatasi gangguan tidur, maka salah satu solusinya bisa dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi buah blewah secara rutin.

  1. Mengobati Sakit Maag

Manfaat buah blewah lainnya bagi kesehatan tubuh yaitu terbukti efektif untuk mengobati sakit maag. Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka sebaiknya konsumsi buah blewah ini dalam bentuk jus secara rutin 2 kali sehari satu jam sebelum makan.

  1. Merawat Kesehatan Mata

Di dalam buah blewah ini sangat kaya akan kandungan vitamin A, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin A ini sangat ampuh untuk melawan dan mencegah serangan radikal bebas yangb disebabkan oleh polusi udara.

  1. Menjaga Kesehatan Janin

Di dalam buah blewah diperkaya dengan kandungan asam folat yang sudah jelas sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur selama kehamilan dapat membantu mencegah resiko bayi mengalami cacat tabung saraf dan juga bayi mengalami kelahiran prematur.

  1. Menjaga Dan Merawat Kesehatan Kulit

Buah yang berwarna oranye seperti wortel, labu, ubi jalar dan juga buah blewah merupakan jenis buah yang memiliki sumber karotenoid yang merupakan pigmen organik yang sangat tinggi, kandungan zat inila yang sangat efektif untuk mencegah kanker kulit. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini juga sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit dan sekaligus dapat mencerahkan kulit kusam, tanda penuaan dan juga kulit terbakar akibat sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Selain dapat langsung dikonsumsi, anda juga bisa mengolahnya untuk dijadikan sebagai masker kulit wajah dan tubuh.

  1. Melanacarkan Sistem Pencernaan

Buah blewah juga dilengkapi dengan kandungan serat alami yang cukup tinggi, serat ini sangat efektif untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga bagi anda yang sering mengalami masalah pada pencernaan seperti sulit buang air besar, sembelit dan gangguan pada pencernaan lainnya, maka anda dapat mengkonsumsi buah blewah secara rutin dan teratur setiap hari. Selain itu, kandungan air yang terdapat pada buah blewah ini sangat melimpah, sehingga sangat efektif untuk membantu proses detoksifikasi terhadap tumpukan zat berbahaya dan racun yang mengendap di dalam usus.

Manfaat Buah Blewah Untuk Diet Sehat Rendah Kalori

Di dalam buah blewah mengandung kalori yang sangat rendah, pada 100 gram buah blewah hanya mengandung 60 kalori. Selain itu, buah blewah juga diperkaya dengan kandungan air dan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Oleh karena itu, buah blewah ini cocok dijadikan sebagai salah satu menu makanan penutup untuk mendukung program diet sehat anda.

Ketika menjalani program diet sehat rendah kalori, maka buah ini dapat menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan, buah ini tidak hanya rendah kalori tetapi juga kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Itulah penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat buah blewah untuk kesehatan dan diet, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

12 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: