15 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah Cempedak

Buah Cempedak

Manfaat Buah Cempedak – Apakah anda suka dengan buah yang memiliki aroma yang sangat kuat ini? Jika di lihat sekilas, buah campedak memang sangat mirip dengan buah nangka karena pada bagian kulitnya memilki duri berukuran kecil dan berwarna hijau. Pada daging buah campedak ini berwarna kuning terang, buah nangka dengan buah campedak memang sama-sama memiliki aroma buah yang sangat kuat ketika sudah matang, namun aroma dari buah campedak lebih kuat. Bahkan banyak masyarakat yang mengatakan jika aroma dari buah campedak ini hampir sama dengan aroma buah durian.

Rasa dari buah campedak sendiri sangat manis dan dapat membuat siapa saja ketagihan setelah mencobanya. Di samping itu, buah campedak memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini diantaranya yaitu vitamin A, C, Bioflavanoid, Enzim dan Ascobic Acid. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Buah Campedak Bagi Kesehatan Tubuh

Jika di lihat dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah campedak, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang cukup. Penasaran, apa saja manfaat buah campedak untuk kesehatan tubuh? Simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Siapapun pastinya ingin memiliki mata yang sehat, bukan? Untuk menjaga mata agar tetap sehat yang dengan terpenuhinya kebutuhan asupan vitamin A dalam tubuh. Salah satu makanan yang mengandung sumber vitamin A yaitu bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah campedak, vitamin A yang baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata.

  1. Bahan Olahan Makanan

Sama hal nya dengan buah nangka, buah campedak ini juga bisa kita jadikan sebagai bahan dasar dalam membuat olahan makanan. Banyak masyarakat yang mengolah daging buah campedak ini untuk dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat kolek atau gorengan. Namun perlu anda ketahui bahwa cara mengolah buah campedak dengan cara di goreng akan menurunkan efek dari manfaat buah ini, jika anda akan menggorengnya sebaiknya gunakan minyak goreng berkualitas bagus.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Manfaat lain dari mengkonsumsi buah campedak yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam buah ini mengandung vitamin C yang mampu mengurai tumpukan kolesterol jahat dalam darah dan membantu melancarkan produksi kadar kolesterol baik dan mengalirkannya dengan lancar ke seluruh tubuh. penumpukan kadar kolesterol jahat dalam darah dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan memicu munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

  1. Mencegah Dan Mengobati Tumor

Banyak para pakar kesehatan yang mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi buah campedak secara rutin dan teratur dapat membantu mencegah dan bahkan mengobati penyakit tumor. Namun sampai saat ini masih belum ada penelitian yang dilakukan secara resmi terkait hal tersebut. Jika dilihat dari kandungan nutrisi yang terdapat pada buah campedak ini, maka cukup mungkin akan dapat membantu mencegah dan mengobati tumor.

  1. Mengobati Penyakit Malaria

Di dalam buah campedak memiliki kandungan nutrisi penting seperti Enzim, Bioflavanoid dan berbagai jenis vitamin yang dapat membantu mengobati penyakit Malaria. Cara mengobati penyakit malaria dengan buah campedak, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung maupun di olah untuk dijadikan sebagai olahan makanan.

  1. Membasmi Parasit

Di dalam setiap tubuh manusia ada banyak sekali parasit yang dapat mempengaruhi sistem kerja dari organ tubuh. Selain itu, parasit-parasit yang terdapat dalam tubuh juga dapat memicu berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, salah satu manfaat buah campedak yaitu dapat membantu mengusir parasit-parasit yang merugikan di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah campedak juga sangat baik dikonsumsi karena terbukti efektif untuk membantu menjaga kesehatan pada saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah campedak terdapat kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan pada sistem pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

  1. Mencegah Dehidrasi

Di dalm buah campedak mengandung kadar air yang cukup tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi buah campedak secara rutin dan teratur dapat membantu mencukupi asupan cairan dalam tubuh, sehingga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan mengkonsumsi buan campedak secara rutin dan teratur ternyata sangat efektif untuk mencegah terjadinya serangan radikal bebas berbahaya bagi tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan, dengan mengkonsumsi buah campedak daya tahan tubuh kita akan tetap terjaga dengan baik. Kandungan Bioflavanoid yang terdapat pada buah ini mampu menangkan serangan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Mencegah Stroke

Penyakit stroke memang salah satu jenis penyakit yang sangat menakutkan, terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Hal ini dikarenakan, kebanyakan dari penderita stroke yaitu mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini akan menyerang para kalangan anak muda, terlebih bagi mereka yang mempunyai pola dan gaya hidup tidak sehat. Salah satu cara mencegah penyakit stroke yaitu dengan mengkonsumsi buah campedak, karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah campedak mampu menekan berbagai penyebab stroke.

Manfaat Buah Campedak Untuk Kecantikan

  1. Dapat Melangsingkan Tubuh

Mengkonsumsi buah campedak dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menekan nafsu makan berlebih yang dapat menyebabkan kegemukan. Oleh karena itu, buah campedak ini sangat baik dan cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet untuk melangsingkan tubuh atau menurunkan berat badan berlebih.

  1. Mencegah Kulit Keriput

Dengan adanya kerutan pada kulit wajah tentu dapat membuat kita merasa kurang percaya diri, sehingga banyak wanita yang rela membayar mahal untuk melakukan perawatan kulti di salon kecantikan atau membeli produk perawatan kulit yang harganya sangat mahal. Namun jika anda mencari cara yang alami dan murah, maka kami sarankan untuk melakukan perawatan kulit dengan mengkonsumsi buah campedak. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah ini dapat membantu menjaga elastisitasi kulit dan mencegah munculnya kerutan di kulit dari dalam.

  1. Mencegah Dan Mengatasi Kulit Kering

Manfaat buah campedak untuk kecantikan berikutnya yaitu dapat membantu mencegah dan mengatasi kulit yang kering. Untuk mengatasinya, anda bisa jadikan buah campedak ini untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat masker wajah, lalu gunakan masker alami ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu.

  1. Mencegah Dan Menghilangkan Jerawat

Selain dapat mengatasi kulit keriput, ternyata melakukan perawatan kulit wajah dengan masker buah campedak ini sangat efektif untuk mencegah dan menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya yaitu, haluskan buah campedak dengan menggunakan blender, lalu oleskan pada bagian kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat.

  1. Menghaluskan Kulit

Manfaat buah campedak untuk kecantikan yang terakhir yaitu dapat menghaluskan kulit wajah yang kasar. Caranya yaitu, haluskan beberapa buah campedak dan oleskan sambil digosok-gosokan secara perlahan pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat buah campedak untuk kesehatan dan kecantikan? Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat buah cempedak bagi kesehatan

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

15 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: