15 Manfaat Buah Ceri dan Kandungannya

Manfaat Buah Ceri

Manfaat Buah Ceri

Manfaat Buah Ceri – Buah ceri merupakan salah satu jenis buah yang masih satu keluarga dengan buah plum, persik, almond dan juga aprikot. Buah yang tidak hanya sering dijadikan sebagai makanan pencuci mulut, tetapi juga sering dijadikan sebagai bahan hiasan koktail. Buah ceri sendiri terdiri dari dua jenis yang diberi nama dengan ceri manis dan ceri asam, seri manis sendiri bisa dikonsumsi karena memiliki rasa yang enak sedangkan buah ceri asam biasa digunakan untuk melezatkan masakan.

Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, ternyata buah ceri ini kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. untuk anda yang belum tahu kandungan nutrisi apa saja yang terdapat pada buah ceri, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Nutrisi Buah Ceri

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh di dalam buah ceri seperti vitamin A, vitamin C, mineral, antioksidan dan anthocyanin. Tidak hanya itu saja, di dalam buah ceri juga mengandung senyawa lain seperti melatonin, ellagic acid, anthocyanin, bioflavonoid dan perillyl. Maka tak heran jika buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh orang yang mengkonsumsinya.

Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Tubuh

Di lihat dari kandungan nutrisi buah ceri yang lengkap, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah ceri ini, diantaranya yaitu :

  1. Berfungsi Sebagai Antiseptik

Manfaat buah ceri lainnya yaitu dapat berfungsi sebagai zat antiseptik, namun bagian yang digunakan sebagai antiseptik yaitu bagian daun buah ceri. Di dalam daun buah ceri mengandung zat seperti saponin, tanin dan juga flavonoid yang dapat bersifat sebagai anti bakteri. Ada banyak jenis bakteri yang bisa dihalau dengan daun buah ceri, diantaranya seperti bakteri S. epidermidis, C. diphtheriae, K. Rhizophil, P. vulgaris dan S. aureus.

  1. Mengobati Asam Urat

Asam urat memang telah menjadi salah satu jenis penyakit yang menjamur di kalangan masyarakat di Indonesia. Salah satu cara mengobati asam urat yang terbukti efektif yaitu dengan mengkonsumsi buah ceri, dengan mengkonsumsi buah ceri dapat mencegah peradangan dan juga meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. Baca Juga20 Obat Asam Urat Secara Alami 100% Manjur

  1. Mencegah Kanker

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa di dalam buah ceri ini diperkaya dengan kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Senyawa antioksidan ini mampu menangkal serangan radikal bebas dan juga zat racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. sebagaimana fungsinya, antioksidan ini dapat berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit termasuk untuk mencegah kanker.

  1. Mencegah Peradangan

Di dalam buah ceri juga mengandung zat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan demam, mencegah dan meringankan gejala peradangan.

  1. Mengatasi Gangguan Tidur

Bagi anda yang sering mengalami gangguan tidur seperti susah tidur, maka anda bisa mengkonsumsi buah ceri. Hal ini dikarenakan, di dalam buah ceri ini mengandung melatonin yang dapat membuat anda bisa tidur nyenyak. Selain itu, mengkonsumsi buah ceri dalam jumlah cukup juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan juga mengoptimalkan fungsi dari saraf-saraf pada otak. Manfaat buah ceri hampir sama dengan manfaat cokelat yang dapat mengoptimalkan fungsi otak dan juga dapat membuat tubuh terasa lebih rileks.

  1. Meredakan Nyeri Otot

Kandungan anti inflamasi yang terdapat pada buah ceri ini sangat efektif untuk membantu meredakan rasa nyeri pada otot yang sakit. Maka dari itu, buah ceri ini sangat baik dikonsumsi oleh anda yang sering melakukan pekerjaan berat atau bagi anda yang sering melakukan aktivitas olahraga. Anda bisa mengolah buah ceri ini untuk dijadikan jus, sehingga anda bisa minum jus buah ceri ini sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

  1. Mengatasi Kram Perut

Zat antiseptik yang terdapat pada buah ceri juga ternyata sangat efektif untuk membentu meringankan rasa nyeri dan mengatasi kram perut. Selain buahnya, ternyata bunga buah ceri juga sangat ampuh untuk mengobati sakit perut.

  1. Menjinakan Tumor Ganas

Kandungan senyawa flavonoid pada buah ceri dapat membantu menjinakan tumor ganas yang berkembang di dalam tubuh, karena zat ini dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat tinggi yang mempu menghentikan perkembangan tumor di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Energi Tubuh

Mengkonsumsi jus buah ceri setelah melakukan aktivitas seharian ternyata mampu mengembalikan enrgi tubuh yang telah terkuras, sehingga pada keesokan harinya tubuh akan terasa lebih segar dan bertenaga. Hal ini dikarenakan, di dalam buah ceri mengandung nutrisi yang lengkap, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber energi. Selain itu, minum jus buah ceri juga sangat baik untuk mereka yang sedang menjalankan diet. Karena minum jus buah ceri ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga mengubah sistem metabolisme dalam tubuh sehingga dapat membantu mempercepat penurunan berat badan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari buah ceri ini yaitu dapat menjaga kesehatan jantung, karena di dalam buah ceri terutama pada bagian daun buah ceri ini mengandung senyawa yang mampu melindungi miokardium. Dengan demikian, maka resiko penyakit dan gangguan jantung dapat di minimalisir dengan mengkonsumsi buah ini.

  1. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Mengkonsumsi buah ceri secara rutin terbukti efektif membantu mengeluarkan zat-zat racun di dalam tubuh, proses detoksifikasi dengan buah ceri ini sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan justru dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Mengobati Penyakit Jaringan Ikat

Buah ceri memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, dimana kanduingan kalium ini sangat efektif untuk membantu dalam mengontrol retensi air di dalam tubuh. Disamping itu, kandungan kalium ini juga ternyata terbukti efektif untuk mengobati penyakit jaringan ikat dan juga neurodegenerative autoimun.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi, sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi atau minum jus buah ceri ini. Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ceri ini terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi di dalam tubuh dan mengendalikannya agar tidak kembali naik. Kondisi ini tentu sangat baik untuk mencegah penyakit berbahaya seperti sarangan jantung dan stroke yang disebabkan oleh peningkatan tekanan darah yang terlampau tinggi.

  1. Meredakan Gejala Flu

Mengkonsumsi buah ceri atau jus buah ceri sangat baik untuk meredakan gejala flu seperti deman, batuk dan pilek yang biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri.

  1. Mengobati Diare

Buah ceri juga terbukti efektif untuk mengobati penyakit diare, karena di dalam buah ini mengandung anti bakteri dan juga senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Kedua zat tersebut mampu melawan serangan bakter yang dapat menyebabkan diare.

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh? Jadi, mulai dari sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ceri, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, dibuat minuman jus atau bisa juga dijadikan pelezat masakan favorit anda dan keluarga.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

15 Manfaat Buah Ceri dan Kandungannya | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: