10 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Cermai

Manfaat Buah Cermai

Manfaat Buah Cermai – Anda semua tentu sudah kenal dengan buah yang satu ini. Buah cermai merupakan jenis buah yang terkenal sangat kaya akan kandungan vitamin C, sehingga buah ini memiliki rasa yang sangat asam jika dikonsumsi secara lansung. Buah cermai sendiri memiliki nama latin Phyllanthus Acidos, buah ini tidak hanya terkenal akan kandungan nutrisinya saja tetapi juga terkenal akan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Buah cermai biasanya disering dijadikan bahan untuk membuat manisan dan juga sering dijadikan bahan pelengkap masakan. Buah cermai tidak hanya diperkaya dengan kandungan vitamin C saja tetapi juga mengandung nutrisi pemting lainnya yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ada banyak sekali manfaat buah cermai untuk kesehatan dan juga kecantikan, diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rasa buah cermai yang sangat asam ini ternyata mengandung vitamin C yang sangat tinggi, vitamin tersebut dapat berperan sebagai senyawa antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Di dalam buah cermai juga tersimpan kandungan serat yang sangat baik untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah cermai ini dapat mencegah dan mengobati diare yang disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah cermai ini tentunya dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

  1. Membantu Mengatasi Serangan Asma

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga biji buah ini sangat baik untuk membantu mengatasi serangan asma. Cara mengobati asma dengan biji buah cermai ini sangat mudah, anda hanya perlu merebus 10 biji buah cermai dengan air bersih sebanyak 1 gelas sampai mendidih, angkat dan saring airnya. Setelah itu, minum air rebusan biji buah cermai ini selagi hangat secara rutin 2 kali sehari. Sedangkan untuk mencegah asma kambuh kembali, anda cukup minum 1 kali sehari saja. Untuk mendapatkan khasiat optimal dari air rebusan ini, anda bisa tambahkan 1-2 sendok madu.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa buah cermai ini memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi, senyawa ini terbukti sangat efektif untuk membantu menangkal serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika radikal bebas tersebut terus menerus masuk dan mengendap dalam tubuh tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena dapat menjadi zat racun yang berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi buah cermai untuk membantu mengeluarkan tumpukan racun tersebut dan mencegahnya masuk kembali ke dalam tubuh.

  1. Mencegah Dan Mengobati Infeksi

Buah asam yang satu ini terbukti sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengobati infeksi, karena buah ini diperkaya dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin C, maka tubuh akan mudah terserang infeksi yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Jika buang air kecil anda lancar dan nyaman, maka itu mendakan jika organ ginjal anda sehat. Namun sebaliknya, jika anda mengalami kesulitan dan jarang buang air kecil, maka besar kemungkinan ada masalah pada organ ginjal anda. Bagi anda yang mengalami masalah susah buang air kecil, salah satu solusinya yaitu dengan mengkonsumsi buah cermai baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus. Hal ini dikarenakan, salah satu manfaat buah cermai ini yaitu dapat membantu melancarkan buang air kecil, sehingga kesehatan organ ginjal anda akan tetap terjaga dan dapat bekerja dengan baik.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Manfaat lainnya dari buah cermai ini yaitu dapat mencegah terjadinya serangan jantung, ini dikarenakan buah cermai memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang dapat membantu memperkuat otot-otot pada organ jantung. Selain itu, mengkonsumsi jus buah cermai secara rutin juga dapat melancarkan sirkulasi darah menuju ke organ jantung.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Di dalam buah cermai juga terdapat kandungan kromium yang sangat baik untuk membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Kandungan kromium ini sangat baik untuk membantu memaksimalkan proses penyerapan kadar glukosa dalam darah dan menjadikannya sebagai cadangan sumber energi dalam tubuh. maka dari itu, buah cermai ini sangat baik dijadikan sebagai makanan pelengkap diet bagi penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, disarankan untuk minum jus buah cermai ini minimal 1 gelas perhari atau mintalah saran dari dokter.

  1. Mencegah Dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat buah cermai ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan saja, tetapi juga baik juga untuk dijadikan sebagai bahan alami perawatan kulit terutama kulit wajah. Salah satu manfaat buah cermai untuk kecantikan yaitu terbukti ampuh untuk mencegah dan menghilangkan jerawat membandel pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah cermai ini mampu membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan buah cermai sangat mudah, anda hanya tinggal menghaluskan buah cermai secukupnya dengan blender, lalu tambahkan sedikit madu atau minyak zaitun dan aduk rata. Setelah itu, oleskan jus buah cermai tersebut pada bagian kulit yang berjerawat atau bisa juga dioleskan secara merata ke seluruh kulit wajah. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih. Selain dapat mencegah dan menghilangkan jerawat, perawatan wajah ini juga dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat, mencerahkan, menghaluskan dan sekaligus mengencangkan kulit wajah sehingga wajah akan tampak awet muda.

  1. Menyuburkan Rambut

Selain baik untuk kecantikan kulit wajah, buah cermai juga sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan sekaligus menyuburkan rambut. Sehingga bagi anda yang mengalami masalah rambut rontok, buah cermai ini bisa anda manfaatkan untuk melakukan perawatan rambut rontok secara alami. Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal membuat jus buah cermai yang diberi campuran minyak zaitun seperti cara diatas. Kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepala sembari dibilas dan dilakukan pemijatan secara lembut, lalu diamkan selama 30 menit dengan ditutup menggunakan handuk kering. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air mengalir. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan rambut ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu.

Demikianlah beberapa manfaat buah cermai untuk kesehatan dan kecantikan yang penting untuk anda ketahui, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah pengetahuan anda semua. Namun jika anda akan memanfaatkan buah cermai ini sebagai pengobatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: