Sehat Natural

12 Manfaat Buah Durian Montong Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Buah Durian Montong

Manfaat Buah Durian Montong

Manfaat Buah Durian Montong – Durian adalah salah satu jenis buah yang cukup populer dan disukai banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Sebab, buah berduri yang satu ini memang tergolong unik dan istimewa. Salah satu hal yang membuat istimewa dari buah ini yaitu karena masa panennya hanya satu tahun sekali, sehingga harga buah durian cukup mahal dipasaran.

Buah durian memang memiliki rasa yang enak dan memiliki daging buah yang sangat lembut dimulut, bahkan buah ini juga sering dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam membuat es campur, es buah, jus atau bahan untuk membuat kue seperti pancake.

Buah durian sendiri terdiri dari banyak jenis, beberapa diantaranya seperti durian montong, durian petruk, durian sidodol, durian bokor, durian matahari, durian tembaga, durian merah dan masih banyak lagi jenis durian lainnya, mungkin di beberapa kota dan daerah di Indonesia penamaan dari jenis-jenis durian tersebut bisa berbeda-beda. Salah satu jenis durian yang akan saya bahas kali ini yaitu jenis durian montong.

Kandungan Nutrisi Durian Montong

Selain memiliki rasa yang enak, ternyata buah durian juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin B, C, niasin, riboflavin dan thiamin. Selain itu, di dalam buah durian juga terdapat kandungan mineral yang baik seperti kalsium, magnesium, kalium dan juga fosfor. Bahkan setelah dilakukan penelitian, di dalam buah durian terkandung mikro nutrient seperti phytosteron, polyphenol, phytonurient dan trypophan yang cukup tinggi.

Lalu, apa saja manfaat buah durian montong bagi kesehatan tubuh manusia? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Durian Montong Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi durian montong, diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat durian montong lainnya yaitu terbukti efektif untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena di dalam durian montong terkandung zat phytonutrient. Dengan mengkonsumsi durian montong ini dalam jumlah cukup, maka tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Menghangatkan Tubuh

Di dalam buah durian montong terdapat kandungan zat yang mirip dengan alkohol, sehingga durian montong ini sering dijadikan sebagai makanan untuk menghangatkan badan. Maka dari itu, jika mengkonsumsi buah durian terlalu banyak akan menimbulkan efek mabuk atau pusing.

  1. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi durian montong secara rutin dan dalam jumlah yang cukup juga dapat mencegah seseorang terjangkit penyakit kanker. Hal ini dikarenakan, di dalam buah durian montong terdapat kandungan zat phytonutrient yang mampu menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, zat lain yang mampu menonaktifkan sel kanker di dalam tubuh yang terdapat pada buah durian montong yaitu zat antioksidan dan juga polyphenol. Apabila kedua kandungan zat tersebut digabungkan, maka kemampuannya untuk mematikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh akan lebih efektif.

  1. Mencegah Dan Mengatasi Anemia

Di dalam buah durian terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi, kandungan zat inilah yang sangat efektif untuk membantu proses pembentukan hemoglobin yang nantinya akan meningkatkan jumlah eritrosit. Maka setelah itu, masalah anemia akan dapat dihindari dan bahkan dapat membantu anda dalam mengatasi gejala anemia.

  1. Kaya Vitamin C

Durian merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C, kandungan vitamin C yang tinggi ini dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh seperti :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit dan meregenerasi sel kulit.
  • Membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mencegah penyakit diabetes
  • Menurunkan resiko stroke
  • Mencegah mata katarak
  1. Mengurangi Reaksi Tumor

Di dalam tubuh manusia terdapat sel yang dapat menyebabkan kemungkinan tumbuhnya tumor. Maka dari itu, sangat dibutuhkan suatu zat yang mampu berperan sebagai penangkal dari tumbuhnya tumor tersebut agar tidak tumbuh dan berkembang. Salah satu jenis zat yang mampu menangkal pembentukan dan perkembangan tumor yaitu zat phytosterol.

Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa, di dalam buah durian ternyata mengandung zat phytosterol yang cukup tinggi. Kandungan zat inilah yang mampu memberikan reaksi untuk menghambat pembentukan dan perkembangan dari tumor tersebut.

  1. Menurunkan Sintesa Kolestrol

Kadar kolesterol berlebih dalam tubuh akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, diperlukan kandungan zat yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol berlebih. Di dalam buah durian montong terdapat kandungan organosulfur yang mampu mengurai kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, kandungan zat ini pun bisa kita dapatkan dari bawang putih.

  1. Meingkatkan Stamina Pria Dewasa

Di negara Malaysia, banyak kaum pria dewasa yang mengkonsumsi buah durian untuk membantu meningkatkan gairah dan stamina kaum pria dewasa. Maka dari itu, banyak kaum pria di Malaysia yang gemar mengkonsumsi buah durian karena dianggap dapat meningkatkan kemampuannya dalam melakukan hubungan intim dengan pasangan.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Di dalam buah durian montong terdapat suatu zat yang bernama hytonutrient, kandungan zat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan menurut hasil penelitian menunjukan bahwa, kandungan zat ini dapat menggantikan vitamin pada masa yang akan datang.

  1. Mengontrol Gula Darah

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, kandungan zat organosulfur yang terdapat pada buah durian juga sangat baik untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Adanya kandungan zat ini mampu meningkatkan metabolisme glukosa dalam darah, bahkan dapat menjadikan nutrisi yang berperan penting dalam menstabilkan gula darah.

  1. Mengurangi Gejala PMS

Bagi kaum wanita yang berada pada masa pre menstruasi syndrome, maka mereka akan mengalami peningkatan emosional. Mereka akan sangat mudah sekali marah dan sensitif apabila hati atau perasaannya terganggu. Untuk mengurangi efek dari PMS tersebut, maka disarankan untuk mengkonsumsi buah durian, karena di dalam buah durian mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk mengatur kadar gula dan juga mood yang baik.

  1. Mencegah Stres Dan Depresi

Mengkonsumsi durian dalam jumlah cukup ternyata cukup efektif untuk membantu menenangkan perasaan seseorang, sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah stres dan depresi. Hal ini dikarenakan, di dalam buah durian montong mengandung zat yang bernama trypopan yang dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamine yang dapat mengatasi seseorang yang mengalami depresi dan stres.

Catatan :

Meskipun buah durian montong memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, namun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

Itulah beberapa manfaat buah durian montong yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • buah durian montong

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

12 Manfaat Buah Durian Montong Bagi Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: