Sehat Natural

13 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Jambu Biji

Manfaat Buah Jambu Biji

Sehat-natural.com – Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang sudah umum kita jumpai. Buah berbentuk bulat ini memiiki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, salah satu kandungan utama dari buah ini yaitu mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi. Buah jambu biji memiliki daging buah berwarna putih dan ada juga yang berwarna merah, di dalam daging buahnya terdapat banyak biji-biji berukuran kecil.

Buah jambu biji sendiri dapat di nikmati dengan cara di konsumsi secara langsung maupun dijadikan sebagai bahan untuk membuat jus buah segar. Rasanya yang manis dan agak keasaman dapat membuat tubuh menjadi segar, apalagi jika dikonsumsi pada siang hari.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Jambu Biji

Di dalam buah jambu biji sangat kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. banyak sekali manfaat yang dapat anda rasakan dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus buah jambu biji setiap hari bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah jambu biji mengandung :

  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Asam Folat
  • Flavonoid
  • Licopene
  • Luetin
  • Cryptoxanthin
  • Kalium
  • Asam pantotenat
  • Niasin
  • Mineral magnesium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Enzim superoksida

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah jambu biji diatas, banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin dan teratur mengkonsumsinya. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Menurunkan Hipertensi

Manfaat pertama dari jambu biji ini yaitu dipercaya mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Dengan mencegah proses penebalan darah, maka dapat mempertahankan fluiditas darah dan sekaligus membantu dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengkonsumsi jambu biji juga dapat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan serat yang terdapat pada buah jambu biji terbukti sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah dan sekaligus menjaga kesehatan jantung serta mampu mencegah resiko berbagai gejala yang ditimbulkan akibat penyakit jantung.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah jambu biji juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes, karena kandungan serat alami yang terdapat di dalam jambu biji sangat baik untuk membantu tubuh dalam melakukan penyerapan terhadap kadar glukosa dalam darah. Kondisi ini memungkinkan tubuh agar dapat menurunkan produksi insulin dan glukosa dalam tubuh. bahkan dari hasil penelitian menunjukan jika mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin dan teratur terbukti efektif untuk membantu mencegah resiko diabetes tipe 2.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tiroid

Di dalam buah jambu biji memiliki sumber zat tembaga yang sangat baik untuk membantu dalam mengatur sistem metabolisme tiroid. Kandungan zat ini pun sangat bermanfaat untuk membantu mengendalikan produksi hormon serta proses penyerapannya. Kelenjar tiroid sendiri merupakan sebuah kelenjar yang memiliki peran penting dalam mengontrol hormon dan juga fungsi sistem dari setiap organ tubuh, sehingga buah jambu biji ini sangat baik untuk membantu menjaga keseimbangan dari fungsi tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah jambu biji juga tidak kalah banyak dengan yang terkandung di dalam wortel. Vitamin A ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita agar daya penglihatan tetap optimal. Selain itu, mengkonsumsi buah jambu biji juga sangat baik untuk menghambat proses munculnya katarak pada mata, degenerasi makula dan memelihara kesehatan mata.

  1. Mengatasi Sembelit

Tidak hanya daun jambu biji yang memiliki kandungan serat tinggi, ternyata di dalam buah jambu biji pun memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan sangat baik untuk menjaga dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan. Misalnya saja sembelit, buah ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu dalam mengatasi sembelit. Jambu biji juga berfungsi sebagai obat pencahar alami yang sangat baik untuk membantu proses pembentukan dari gerakan usus yang lebih sehat dan sekaligus dapat membersihkan usus.

  1. Mengatasi Diare

Di dalam buah jambu biji juga mengandung senyawa yang bernama astrigents. Dalam senyawa ini dapat membantu dalam melindungi tubuh dari resiko terserang diare. Mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin juga dapat membantu penyembuhan disentri yang dapat bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan dan perkembangan microba, bahkan mengkonsumsi jambu biji juga dapat membantu dalam menghilangkan lendir berlebih pada saluran usus.

Kandungan vitamin C, karotenoid dan juga kalium yang terdapat dalam jambu biji sangat baik untuk menguatkan sistem pencernaan dan sekaligus dapat berfungsi sebagai desinfektan yang dipercaya ampun untuk mengatasi diare dengan cepat.

  1. Mengobati Batuk Dan Demam

Sumber kandungan vtamin C yang terdapat dlam buah jambu biji ini sangat berkhasiat untuk mengobati batuk dan demam. Selain itu, kandungan zat yang terdapat pada daun dan buah jambu biji ini dipercaya mampu mengeluarkan lendir pada saat sedang batuk dan juga dapat berfungsi sebagai desinfektan tenggorokan yang ampuh menghambat mikroba pada saluran pernapasan dan juga paru-paru.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jambu biji termasuk jenis buah yang bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh, karena di dalam buah jambu mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit.

  1. Berfungsi Sebagai Anti Tumor Dan Anti Inflamasi

Kandungan lycopene yang terdapat di dalam buah jambu biji ini terbukti sangat ampuh dalam menangkal pertumbuhan berbagai jenis tumor di dalam tubuh.

  1. Mencegah kanker

Berkat senyawa antioksidan yang terkandung di dalam jambu biji, tubuh akan lebih tahan terhadap serangan radikal bebas berbahaya yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah jambu biji ini, tubuh akan mampu untuk menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah kanker.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada daun maupun  buah jambu biji terbukti sangat berkhasiat untuk membantu dalam melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengatasi susah buang air besar, sehingga kesehatan sistem pencernaan akan tetap terjaga kesehatannya dan berfungsi dengan baik dalam mencerna makanan.

  1. Mengatasi Anemia

Buah jambu biji juga sangat kaya akan kandungan mineral penting yang dapat membantu mengatasi gejala anemia seperti sering pusing, lemas dan letih. Kandungan mineral penting seperti zat besi, mineral tersebut dapat membantu dalam meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat. Hal ini dikarenakan, selain kaya akan kandungan vitamin C juga mengandung serat alami yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat.

Itulah beberapa manfaat buah jambu biji untuk kesehatan, semoga artikel kesehatan diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca semua. Dengan mengetahui beragam manfaat dari buah jambu biji ini, maka jangan ragu untuk mengkonsumsi jambu biji setiap hari ya …

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • bentuk jambu biji cina
  • jambu biji bisa membantu meningkatkan apa

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

13 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: