Sehat Natural

14 Manfaat Buah Jeruk Bali Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Jeruk Bali

Manfaat Buah Jeruk Bali

Sehat-natural.com – Pastinya anda semua sudah sangat mengenal atau bahkan sudah sering mengkonsumsi jenis buah yang memiliki nama jeruk Bali. Meskipun dinamakan jeruk Bali, tetapi buah yang satu ini bukanlah buah asli khas Bali dan perkembang biakannya pun jarang ditemukan di Bali, tetapi justru buah ini banyak dibudidayakan di pulau Jawa. Masih belum diketahui secara pasti asal muasal pemberian nama tersebut, namun artikel yang kami suguhkan saat ini bukan untuk membahas mengenai riwayat atau sejarah keberadaan jeruk bali di Indonesia, melainkan akan mengulas informasi tentang beragam manfaat jeruk dari jeruk bali itu sendiri.

Jeruk Bali memang sudah sangat populer di Indonesia, bahkan buah ini sangat di favoritkan bagi semua kalangan masyarakat di tanah air. Bentuk buah jeruk bali ini hampir mirip dengan buah jeruk pada umumnya, hanya saja buah jeruk yang satu ini memiliki ukuran yang sangat besar dibandingkan dengan ukuran jeruk biasa. Ukuran jeruk bali setara dengan ukuran buah melon dan memiliki bentuk yang bulat.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Jeruk Bali

Sama hal nya dengan buah jeruk pada umumnya, buah jeruk bali juga mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, baik untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan. Berikut ini kandungan nutrisi yang ada di dalam buah jeruk bali, terdiri dari :

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Asam folat
  • Serat
  • Flavonoid
  • Likopen
  • Pektin
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Zat besi

Manfaat Buah Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat jeruk bali ini untuk kesehatan, beberapa diantaranya yaitu :

  1. Sumber Antioksidan

Senyawa antioksidan adalah suatu zat yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai serangan penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. radikal bebas memang memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh, radikal bebas ini sangat baik untuk mencegah berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan lainnya termasuk mencegah kanker.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Banyaknya kandungan vitamin di dalam buah jeruk bali ini sangat bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit, terutama untuk jenis penyakit yang sering menyerang sistem pertahanan tubuh seperti flu dan batuk.

  1. Mengobati Sariawan Di Mulut

Mengkonsumsi buah jeruk bali secara rutin ternyata sangat ampuh untuk mengobati sariawan di mulut, karena u, jika anda sedang menderita sariawan, maka segera obat dengan mencukupi asupan vitamin C harian tubuh anda dengan mengkonsumsi buah jeruk bali setiap hari.

  1. Menyegarkan Tubuh

Kombinasi rasa manis dan asam serta kandungan air yang banyak pada jeruk bali ini sangat baik untuk membantu menyegarkan tubuh, terlebih pada saat kondisi cuaca sedang terik dan tubuh membutuhkan sesuatu yang mampu membuat tubuh terasa lebih segar. Setelah lelah beraktivitas, maka kondisi tubuh akan kembali fit dan bersemangat menjalani aktivitas.

  1. Ampuh Mencegah Kanker

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa, di dalam buah jeruk nipis mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi. senyawa ini sangat efektif untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya dan mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi jeruk bali baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus, maka resiko terjangkit penyakit kanker dapat diminimalisir.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Di dalam buah jeruk bali mengandung senyawa pectin yang sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh, sehingga buah yang satu ini sangat baik dikonsumsi secara rutin dan teratur oleh anda yang menderita penyakit kolesterol tinggi. Bagi yang tidak terjangkit penyakit kolesterol pun baik untuk mengkonsumsi jeruk bali ini agar dapat terhindari dari resiko penyakit kolesterol.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan senyawa pectin ternyata tidak hanya ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, tetapi juga sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung dengan baik agar dapat terhindar dari resiko serangan jantung. Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki jantung dan tubuh yang sehat, maka jangan ragu untuk mengkonsumsi buah jeruk bali dalam jumlah cukup setiap hari.

  1. Membersihkan Darah

Di dalam buah jeruk bali mengandung zat aktif yang terbukti sangat baik untuk membersihkan sel darah merah di dalam tubuh. selain itu, zat aktif tersebut juga dapat membantu dalam meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh berkat kandungan zat besi yang terkandung di dalam jeruk bali ini. Dengan demikian, selain darah akan menjadi lebih bersih dan sehat, anda juga dapat terhindar dari resiko menderita penyakit anemia.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Meskipun buah jeruk bali ini mampu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh bagi yang menderita penyakit anemia, namun buah ini juga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. kandugan kalium yang terdapat pada buah ini sangat berkhasiat untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh, sehingga bagi anda yang sehat pun akan terhindari dari bahaya hipertensi.

  1. Sebagai Anti Bakteri Dan Anti Inflamasi

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan berikutnya yaitu terbukti efektif untuk mencegah dan mengatasi peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Manfaat Buah Jeruk Bali Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan, ternyata buah yang satu ini juga sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kecantikan. Diantaranya yaitu :

  1. Dapat Menutrisi Kulit

Nutrisi yang terkandung di dalam buah jeruk bali tidak hanya baik untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menutrisi kulit dan memperbaiki sel-sel dan jaringan kulit yang rusak akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari dan polusi udara.

  1. Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk bali ini sangat baik untuk merawat kulit agar terasa lebih halus dan sehat.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam jeruk bali sangat ampuh untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit seperti menurunkan tingkat elastisitas kulit, munculnya kerutan halus dan berbagai tanda penuaan dini lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi jeruk bali, maka masalah penuaan dini dapat terhindarkan.

  1. Baik Untuk Masker Wajah

Buah jeruk bali bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah alami yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti kulit berminyak, kulit kusam, kulit kasar, kulit berjerawat, mengecilkan pori-pori kulit wajah yang besar dan berbagai masalah kulit wajah lainnya.

Cara membuat masker wajah dari buah jeruk bali, yaitu :

  • Ambil daging buah jeruk bali seperlunya saja, lalu haluskan dengan menggunakan blender dan tambahkan 1 sendok makan madu murni.
  • Setelah itu, oleskan masker wajah alami ini secara merata pada kulit wajah dan biarkan hingga kering kurang lebih selama 30 menit.
  • Terakhir, bilas hingga bersih kulit wajah dengan air bersih.
  • Untuk hasil optimal, lakukan perawatan dengan masker jeruk bali ini secara rutin dan teratur minimal 3 kali seminggu.

Itulah beragam manfaat jeruk bali untuk kesehatan dan Kecantikan yang perlu ketahui. Semoga artikel yang kami suguhkan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • nutrisi buah jeruk bali

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

14 Manfaat Buah Jeruk Bali Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: