Sehat Natural

12 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang

Sehat-Natural.com – Pisang merupakan jenis buah yang cukup di favoritkan banyak masyarakat untuk dijadikan sebagai makan pencuci mulut atau atau sering juga dijadikan sebagai salah satu bahan dalam membuat aneka jenis makanan seperti kue bolu atau cake. Alasan dari buah pisang disukai oleh banyak masyarakat yaitu karena memiliki daging buah yang sangat lembut dan kaya akan kandungan nutrisi serta gizi yang sangat tinggi.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. berdasarkan dari kandungan nutrisi dan gizinya, buah pisang ini memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat dalam 1 buah pisang, diantaranya yaitu :

  • Vitamin A sebanyak 81 UI
  • Vitamin B6 sebanyak 0,5 mg
  • Vitamin C sebanyak 9 mg
  • Karbohidrat sebanyak 23 gr
  • Serat sebanyak 3 gr
  • Protein sebanyak 1 gr
  • Kalium sebanyak 450 mg
  • Potassium sebanyak 400 mg
  • Magnesium sebanyak 34 mg
  • Zat besi sebanyak 0,3 mg
  • Folat sebanyak 25 microgram
  • Mangan sebanyak 0,3 mg
  • Riboflavin / vitamin b12 sebanyak 0,1 mg
  • Niacin / vitamin b3 sebanyak 0,8 mg
  • Sodium sebanyak 1 mg

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pisang diatas menjadi alasan kenapa buah pisang ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan. Penasaran, apa saja manfaatnya? Mari kita simak penjelasannya dibawah berikut ini.

Mnafaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buah pisang yang wajib diketahui, diantaranya yaitu :

  1. Mengobati Sakit Maag (Lambung)

Buah pisang ternyata selain memiliki rasa yang manis, kandungan zat yang terkandung di dalamnya mampu meredakan sakit maag dengan cepat. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki riwayat sakit maag, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah pisang baik dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai minuman jus.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang sangat tinggi, khasiat dari kandungan kalium ini sangat bai untuk membantu menjaga kesehatan organ ginjal dan sekaligus meningkatkan fungsi kerja dari organ ginjal menjadi lebih baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Di dalam buah pisang juga memiliki kandungan fruktosa dengan indeks glikemiks yang sangat rendah, kandungan sejenis gula ini sangat baik untuk tubuh karena tidak menyebabkan kegemukan. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan bagi anda yang sedangb menjalani program diet sehat. Di dalam buah pisang juga mengandung protein dalam jumlah cukup yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Selain itu, di dalam buah pisang juga mengandung serat dalam jumlah tinggi, sehingga sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Oleh sebab itulah, buah pisang ini sering dijadikan sebagai salah satu buah yang wajib dikonsumsi dalam menjalani program diet.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pisang seperti potassium dan serat sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah yang dapat memicu resiko penyakit jantung. Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi buah pisang memiliki resiko terkena serangan jantung lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang jarang atau bahkan tidak suka mengkonsumsi buah pisang.

  1. Meringankan Rasa Sakit Pada Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang manusia, penyakit ini sering kali disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat. Bahkan faktanya, penderita diabetes yang rutin mengkonsumsi buah pisang dapat mengurangi rasa sakit yang dideritanya.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah pisang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh akan lebih tahan terhadap serangan virus dan penyakit akibat perubahan cuaca.

  1. Mengobati Penyakit Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat pada buah pisang terbukti efektif untuk membantu mengatasi penyakit anemia, dengan mengkonsumsinya secara rutin kondisi tubuh dari penderita anemia akan merasa lebih baik dan tidak mudah lelah dan mengalami gejala-gejala yang muncul akibat penyakit anemia.

  1. Mengatasi Sembelit Dan Susah Buang Air Besar

Kandungan serat alami pada buah pisang sangat tinggi, sehingga buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita sembelit dan susah buang air besar serta membantu melancarkan sistem perncernaan.

  1. Mengurangi Rasa Sakit Saat Haid/Menstruasi

Ketika datang rasa sakit saat menstruasi/haid, cara mengurangi rasa sakit secara alami bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi buah pisang. Karena di dalam buah pisang kaya akan kandungan mineral oenting yang sangat baik dan ampuh untuk meringankan gejala rasa sakit akibat menstruasi.

  1. Sumber Energi Tubuh

Terkadang makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan energi untuk tubuh, sehingga perlu makanan tambahan yang mengandung sumber energi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh setiap harinya. Buah pisang dapat menjadi salah satu makanan sehat yang mampu mencukupi kebutuhan energi bagi tubuh. maka dari itu, mengkonsumsi buah pisang pada saat sedang lapar sangat baik untuk menunda rasa lapar lebih lama dan menjaga tubuh tetap berenergi.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kecantikan Kulit

Selain sangat baij untuk kesehatan tubuh, ternyata buah pisang juga sangat baik dijadikan sebagai bahan untuk melakukan perawatan kulit wajah secara alami.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit wajah kering, berminyak, kasar dan kulit wajah yang kusam. Maka salah satu solusinya dapat dilakukan perawatan dengan menggunakan masker pisang. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah pisang ini mampu mengangkat tumpukan sel kulit mati yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit wajah seperti yang tadi dijelaskan.

Caranya yaitu :

Siapkan buang pisang secukupnya, kupas kulitnya dan haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu, tambahkan sedikit minyak zaitun1 sendok teh dan aduk hingga membentuk pasta atau krim. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih dengan menggunaka air dingin biasa.

Catatan :

Sebelum melakukan perawatan ini, sebaiknya bersihkan teflebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat untuk memudahkan pengangkatan sel kulit mati pada kulit wajah.

  1. Menghilangkan Jerawat Membandel

Manfaat buah pisang untuk kecantikan berikutnya yaitu terbukti efektif untuk menghilangkan jerawat membandel pada kulit wajah dan sekaligus menghilangkan noda hitam bekas jerawat, sehingga kulit wajah akan kembali bersih, putih dan bebas jerawat.

Caranya yaitu :

Haluskan buah pisang secukupnya, lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat secara merata. jika jerawat pada kulit wajah anda sangat banyak dan hampir menutupi seluruh permukaan wajah, maka anda bisa mengoleskan masker pisang ini secara merata pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air bersih mengalir. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan kulit wajah berjerawat ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

Itulah ulasan mengenai berbagai manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang dapat kami paparkan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

12 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: