Sehat Natural

10 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Sawo

Manfaat Buah Sawo

Sehat-natural.com – Buah Sawo merupakan jenis buah yang begitu populer di Indonesia. Buah yang berbentuk bulat dan sedikit lonjong ini memiliki kulit buah dan daging buahnya berwarna kecoklatan, rasa buah sawo sendiri sangat manis dan begitu khas. Di dalam buah sawo mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah sawo juga mengandung air yang cukup banyak sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai makanan penutup atau cuci mulut.

Beragam Jenis Buah Sawo Di Indonesia

Ada beberapa jenis buah sawo yang bisa kita temukan di Indonesia, yaitu seperti :

  • Sawo Mentega

Jenis buah sawo tembaga memiliki bentuk yang bulat mirip dengan telur terbalik dan memiliki bentuk yang memanjang, kulit buah sawo mentega memiliki warna hijau terang dan rasa buahnya sangat manis.

  • Sawo Manila

Sawo manila merupakan jenis buah sawo yang berbentuk lonjong dan pada daging buahnya cukup tebal. Jenis sawo ini mengandung air yang lebih banyak dan sangat populer di kawasan Asia Tenggara.

  • Sawo Duren

Sawo duren merupakan jenis buah sawo yang memiliki bentuk bulat seperti telur, pada kulit buahnya cukup tebal dan mengandung lateks. Sawo duren merupakan jenis sawo yang tidak bisa dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Sawo

Di dalam buah sawo yang bisa kita konsumsi mengandung banyak sekali nutrisi penting dan gizi lengkap yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, bahkan telah dilakukan penelitian untuk mengetahui jumlah kadar nutisi dan gizi yang terkandung di dalamnya.

Pada setiap 100 gram buah sawo mengandung :

  • Vitamin A sebanyak 60 IU
  • Vitamin B1 sebanyak 0,01 mg
  • Vitamin C sebanyak 21 mg
  • Karbohidrat sebanyak 22,4 gr
  • Protein sebanyak 0,5 gr
  • Lemak sebanyak 1,1 gr
  • Energi sebanyak 92 kkal
  • Kalsium sebanyak 25 mg
  • Fosfor sebanyak 12 mg
  • Zat besi sebanyak 1 mg

Berdasarkan dari kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya, buah sawo ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga ibu hamil. Sebab, di dalam buah sawo mengandung nutrisi yang sangat lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil serta mampu mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin yang dikandungnya.

Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah sawo untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Malancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada buah sawo sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membantu melancarkan saluran pencernaan dalam tubuh. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah sawo secara rutin, berbagai masalah pada pencernaan akan dapat teratasi dengan baik seperti sembelit, susah buang air besar dan berbagai gangguan kesehatan pada sistem pencernaan lainnya.

  1. Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, ternyata kandungan kalsium dan nutrisi penting lainnya yang terkandung di dalam buah sawo sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Mengkonsumsi buah sawo dapat menghindarkan anda dari resiko pengeroposan tulang (osteoporosis) dan gigi berlubang.

  1. Mengobati Diare

Sawo tidak hanya baik untuk mengobati penyakit anemia, tetapi juga sangat ampuh untuk mengobati diare. Caranya sangat mudah, anda hanya cukup memanfaatkan getah buah sawo yang masih muda dan teteskan sebanyak 10-15 tetes ke dalam setengah gelas air panas. Setelah itu, minum air tersebut setelah airnya sudah cukup hangat. Selain itu, cara lain untuk mengobati diare dengan buah sawo yaitu dengan mencuci bersih buah sawo, lalu parut dan peras airnya. Kemudian larutkan air perasan buah sawo tersebut dengan setengah gelas air matang hangat dan minum 2 kali sehari secara rutin dan teratur.

  1. Meningkatkan Pembentukan Sel Darah Merah

Kandungan zat besi yang terdapat pada buah sawo sangat baik dan berfungsi untuk membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah baru. Jika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan tubuh mengalami anemia, sehingga dapat membuat tubuh cepat lelahm lemas dan pusing. Dengan mengkonsumsi buah sawo ini, maka kebutuhan zat besi dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah sawo dalam jumlah cukup untuk mencegah penyakit anemia.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengandung zat besi, buah sawo juga ternyata mengandung mineral penting lainnya seperti kalsium dan fosfor, kedua mineral penting ini berfungsi untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat sampai tua nanti. Maka dari itu, menjaga kesehatan tulang merupakan langkah penting yang harus kita jaga dengan mengkonumsi makanan sehat dan bernutrisi seperti mengkonsumsi buah sawo.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah sawo mengandung vitamin A yang cukup tinggi, vitamin tersebut sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Maka dengan mengkonsumsi buah sawo secara rutin, mata kita akan selalu terjaga kesehatannya dan daya penglihatan pun akan semakin tajam. Maka dari itu, buah sawo ini sangat baik untuk anda berikan kepada anak anda agar kesehatan matanya tetap terjaga.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Anak

Jika ingin anak anda tumbuh sehat dan kuat, maka anda bisa memberi anak anda buah sawo secara rutin. Karena kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada buah sawo dapat membantu mempercepat pertubuhan dan perkembangannya dengan baik dan optimal.

  1. Mengobati Disentri

Manfaat buah sawo untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat mengobati disentri. Cara mengobati disentri dengan buah sawo yaitu dapat dilakukan dengan cara berikut :

Siapkan 1 buah sawo muda, kupas kulitnya dan haluskan dengan cara diparut. Setelah itu, tambahkan sedikit garam dan rendam di dalam segelas air panas. Aduk-aduk dan diamkan selama 30 menit, lalu minum sampai habis. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari.

  1. Mencegah Infeksi

Di dalam buah sawo mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi.

  1. Mencegah Kanker Usus

Di dalam buah sawo memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, serat merupakan kandungan nutrisi yang sangat berkhasiat untuk membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan serat di dalam buah sawo juga dapat membantu mengatasi sembelit dan sekaligus mencegah resiko kanker usus. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan dalam menangkal serangan radikal bebas berbahaya, buah sawo juga mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghentikan pembentukan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Bagaimana, sangat luar biasa bukan manfaat buah sawo ini?

Demikianlah ulasan mengenai manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh, semoga apa yang kami uraikan pada ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: