Sehat Natural

17 Kandungan dan Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Zuriat

Manfaat Buah Zuriat

Manfaat Buah Zuriat – Apakah anda mengenal buah Zuriat? Buah zuriat merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer bagi kalangan jemaan haji, karena buah asli asal Hulu Mesir ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh ketika pulang melaksanakan ibadah haji. Buah zuriat ini bagitu populer karena dipercaya mamiliki banyak sekali manfaat, kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya pun sangat lengkap dan baik bagi kesehatan tubuh jika rutin mengkonsumsinya.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Zuriat

Bukan tanpa alasan jika buah zuriat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh bagi yang mengkonsumsinya, karena di dalam buah ini mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. untuk lebih jelasnya, anda bisa simak sedikit penjelasan mengenai berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada buah zuriat dibawah berikut ini.

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi pilihan yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar dalam kontraksi otot dan juga kerja biologis. Peranan karbohidrat sendiri dapat menyediakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kerja otot, sistem saraf dan juga proses metabolisme lemak dalam tubuh.

  • Energi

Energi adalah salah satu kandungan nutrisi yang dimiliki buah zuriat, energi ini dihasilkan dari proses metabolisme glukosa. Glukosa sendiri terdapat di dalam hati dan juga otot rangka yang dikenal dengan sebutan glikogen. Glukosa akan di simpan di dalam tubuh sebagai lemak, nantinya glikogen ini akan dijadikan sebagai cadangan sumber energi tubuh ketika tubuh sedang membutuhkan glukosa dalam jumlah yang lebih banyak dari glukosa yang tersedia di dalam darah. Misalnya saja pada saat sedang menjalani olahraga atau melakukan pekerjaan berat yang membutuhkan energi lebih banyak.

  • Lemak

Fungsi dari lemak sendiri sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh yang optimal, karena lemak ini dapat berfugsi sebagai insulator dalam menjaga suhu tubuh dan juga melindungi seluruh organ dalam tubuh. Berbagai jenis vitamin yang dapat larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan juga vitamin K. Namun fungsi dari lemak sendiri yaitu sebagai sumber energi cadangan tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, lemak juga memiliki peranan yang sangat penting dalam melakukan transduksi sinyal antar sel dan juga lemak tertentu dalam tubuh.

  • Protein

Protein adalah suatu komponen utama yang terdapat dalam tubuh untuk membentuk rambut, kulit, otot, tulang dan berbagai jaringan tubuh lainnya. Di dalam tubuh manusia sendiri terdapat lebih dari 10.000 jenis protein yang berbeda, semua jenis protein tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh tetap sehat. Bahkan di dalam 75% kadar air dalam tubuh pun terdiri dari protein, sehingga peran dari protein dalam tubuh sangat penting termasuk juga untuk terhadap struktur enzim.

Selain itu, protein juga sangat berperan penting dalam membantu melepaskan makanan yang biasa kita makan. fungsi dari protein sendiri dapat berfungsi sebagai transportasi dari hemoglobin dan di dalam protein mengandung besi yang membawa oksigen ke otot saat berolahraga melalui aliran darah.

  • Tiamin (Vitamin B1)

Fungsi utama dari Tiamin atau vitamin B ini yaitu untuk membantu tubuh dalam memanfaatkan sumber karbohidrat dan juga nutrisi dalam tubuh. Selain itu, fungsi lain dari tiamin ini yaitu untuk menjadikan sistem saraf lebih sehat dan menjaga transmisi saraf yang tepat terhadap seluruh sel yang terdapat di dala, tubuh.

  • Riboflavin (Vitamin B2)

Jenis lain dari vitamin B yaitu riboflavin, zat inilah yang dapat membantu tubuh untuk memecah dan juga mengolah berbagai micronutrients seperti lemak, protein dan juga karbohidrat dalam tubuh. Selain itu, jenis vitamin ini juga dapat menjaga kesehatan kulit.

  • Niacin (Vitamin B3)

Niacin merupakan jenis vitamin B lainnya yang memiliki peranan penting dalam membantu meningkatkan produksi sumber energi dalam tubuh dan sekaligus menjaga fungsi dari sistem saraf. Selain itu, fungsi dari niacin ini juga dapat menjaga kesehatan pada sistem pencernaan.

  • Kalsium

Kalsium merupakan mineral pemting yang sangat umum dan dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung pembentukan tulang dan juga fungsi tubuh seperti proses pembekuan darah dan kontraksi otot. Hampir seluruh kalsium yang ada dalam tubuh tersimpan di dalam tulang dan gigi, kekuatan dan kepadatan tulang akan semakin optimal ketika memasuki usia 30 tahunan. Setelah itu, terjadi proses untuk mencapai keseimbangan saat memasuki usia dewasa.

  • Fosfor

Fosfor juga termasuk ke dalam jenis mineral penting yang berperan dalam proses pembentukan tulang dan ggi. Selain itu, fosfor juga berperan dalam membantu pembuatan ATP dan molekul yang akan digunakan oleh tubuh untuk menyimpan sumber cadangan energi. Fosfor akan bekerja sama dengan vitamin B, sehingga sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu fungsi dari organ ginjal, detak jantung yang normal, kontraksi otot dan juga sinyal saraf.

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah zuriat, mungkin sebagian dari anda ada yang bertanya-tanya mengenai aoa saja manfaat buah zuriat untuk kesehatan. Jika benar, anda bisa simak ulasannya dibawah berikut ini.

Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam buah zuriat terkandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi, kandungan senyawa ini sangat berperan aktif dalam menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat menjadi pemicu dari munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker yang sangat membahayakan dan bahkan mematikan.

  1. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium yang terkandung di dalam buah zuriat cukup tinggi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah ini terbukti efektif untuk mencegah masalah pada kesehatan tulang seperti osteoporosis.

  1. Mengurangi Stres

Kandungan antioksidan phytochemical yang terdapat pada buah ini sangatlah banyak dan bermanfaat untuk mencegah dan juga mengurangi tingkat stres oksidatid akibat dari serangan radikal bebas.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Menurut hasil studi yang dilakukan para ahli membuktikan jika kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah zuriat ini sangat efektif untuk mencegah penuaan dini, sehingga rutin mengkonsumsi buah ini dapat membuat anda tampak awet muda.

  1. Mencegah Hipertensi

Buah ini sangat nikmat saat di kunyah dan bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi, sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu menurukan tekanan darah tinggi.

  1. Mengatasi Alergi

Di dalam buah zuriat mengandung senyawa flavanoid dan senyawa hydroxycinnamates yang berfungsi sebagai anti alergi, sehingga mengkonsumsi buah ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi alergi.

  1. Mengatasi peradangan

Buah zuriat sendiri memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan, sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang mengalami cedera atau terkenal infeksi.

  1. Mencegah Kanker

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa di dalam buah zuriat ini memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi, senyawa ini sangat efektif untuk membantu menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat menjadi pemicu munculnya kanker. Oleh sebab itu, untuk dapat terhindari dari resiko terkena penyakit kanker, sebaiknya rutinlah mengkonsumsi buah zuriat.

Itulah penjelasan mengenai manfaat buah zuriat yang dapat kami sampaikan pada artikel kesehatan kali ini, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat buah zuriat
  • buah zuriat
  • manfaat buah dzuriat
  • manfaat buah z
  • manfaat buah zuriat untuk kesehatan
  • manfaat dan asal buah juriat

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

17 Kandungan dan Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: