Inilah 8 Manfaat dan Khasiat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Jahe bagi kesehatan

Manfaat dan Khasiat Jahe Bagi Kesehatan – Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman jahe atau nama ilmiahnya disebut dengan Zingiber Officinale Rosc sudah sejak dulu banyak dimanfaatkan dalam bentuk minuman jahe untuk membantu menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

Perlu anda ketahui, jahe memiliki sifat rasa pedas. Hal ini disebabkan oleh senyawa yang ada pada jahe yaitu senyawa keton yang bernama zingeron. Pada jahe juga mempunyai beberapa kandungan senyawa lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu senyawa Phenol. Senyawa ini bermanfaat sebagai senyawa untuk antiradang dan juga bermanfaat mengurangi ketegangan pada otot tubuh.

Senyawa lain pada jahe yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh yaitu senyawa Shogol serta senyawa Zingeberene yang berkhasiat sebagai anti-oksidan alami untuk tubuh. Pada tanaman jahe juga mengandung minyak atsiri yang berguna sebagai senyawa untuk mengurangi rasa nyeri pada tubuh, serta bermanfaat untuk membasmi bakteri yang ada pada tubuh manusia.

Jenis-jenis Jahe

Sebelum anda mengetahui apa saja manfaat dan khasiat jahe bagi kesehatan, alangkah baiknya anda mengenali jenis-jenis tanaman jahe. Tanaman jahe ini dikelompokkan kedalam jenis tanaman temu-temuan atau masuk dalam keluarga Zingiberacea. Jahe memiliki beberapa jenis atau varietas. Berikut ini adalah beberapa varietas atau jenis jahe yang umunya ditemui

1. Jahe Merah

Jenis jahe merah sering dikenal juga dengan nama jahe sunti. Jahe merah memiliki ciri rimpang paling kecil dibanding jenis jahe yang lainnya. Selain itu ciri lainnya adalah berwarna merah hingga jingga muda, memiliki aroma yang tajam, seratnya bersifat kasar, serta memiliki rasa pedas. Jahe merah merupakan jenis jahe yang mengandung minyak atsiri paling banyak dibandingkan dengan jahe jenis lain yaitu 2,58 – 2,72% dihitung berdasarkan berat kering jahe. Manfaat jahe merah ini sering digunakan dalam industri obat-obatan.

2. Jahe Gajah

Jenis jahe ini memiliki bentuk rimpang lebih besar dibanding jenis jahe yang lainnya, memiliki rasa yang tidak terlalu pedas seperti jahe merah. Jahe gajah memiliki warna kuning serta putih, memiliki serat sedikit dan bersifat lembut. Aroma pada jahe ini juga tidak terlalu tajam. Kandungan minyak atsiri pada jahe ini antara 0,82% – 1,68% dihitung berdasarkan berat kering jahe. Jenis jahe ini biasanya digunakan untuk bahan minuman, makanan dan empah-rempah.

3. Jahe Kecil

Jahe kuning memiliki rimpang lebih besar dibanding jahe jahe merah. Berbentuk agak pipih, memiliki warna putih, memiliki serat lembut, serta memiliki aroma tidak terlalu tajam. Manfaat jahe putih ini biasanya sering digunakan untuk bumbu dapur atau bumbu masakan.

Manfaat dan Khasiat Jahe bagi Kesehatan Tubuh

Setelah anda mengetahui apa saja jenis-jenis jahe, sekarang anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat dan khasiat tanaman jahe bagi kesehatan tubuh.
Berikut ini adalah beberapa manfaat serta khasiat jahe untuk kesehatan

1. Mengatasi mual & masuk angin

Jahe dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi saat terasa mual dan masuk angin. jahe berkhasiat untuk mengeluarkan angin dari tubuh kita. Selain itu jahe berguna untuk mengurangi rasa mual yang diakibatkan oleh kontraksi pada perut.

Jahe dapat digunakan untuk mengurangi rasa mual saat mabuk dalam perjalanan. Biasanya jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman jahe yang banyak dijual di toko terdekat. Anda bisa minum minuman jahe untuk membuat lambung lebih nyaman, mengurangi rasa kram pada perut serta mengatasi masuk angin.

2. Memperlancar Peredaran Darah

Pada tanaman jahe memiliki kandungan yang bernama gingerol yang bersifat anti-koagulan yang berfungsi mencegah penggumpalan pada darah sehingga mampu melancarkan peredaran darah. Sehingga jahe sangat baik untuk digunakan untuk mencegah berbagai penyakit lainnya.

3. Menghangatkan tubuh

Sudah sejak dulu jahe dimanfaatkan untuk dijadikan bahan minuman seperti wedang jahe yang berkhasiat menghangatkan tubuh kita. Anda bisa memanfaatkan jahe dengan menumbuk jahe secara langsung lalu gunakan dengan mencampur air panas dan tambahkan gula untuk dijadikan minuman jahe.

4. Mengatasi Demam

Pada jahe mengandung Gingerol yang khasiatnya selain untuk memperlancar peredaran darah, ternyata kandungan gingerol ini berguna untuk mengatasi demam.

5. Menurunkan Tekanan pada darah

Manfaat jahe lain yang tidak kalah penting adalah dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin serta dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga peredaran darah lebih cepat dan lancar. Selain itu juga berguna untuk membuat kerja jantung lebih ringan dalam memompa darah.

6. Menurunkan Berat Badan

Khasiat jahe selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengatasi masalah berat badan. Manfaat Jahe untuk diet karena berkhasiat membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar sehingga dapat membakar kalori menjadi panas tubuh. Jahe juga bermanfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh.

7. Mengatasi masalah pada tenggorokan

Jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada tenggorokan seperti sakit tenggorokan, batuk atau gatal pada tenggorokan. Minumlah minuman yang mengandung jahe atau wedang jahe untuk melegakan tenggorokan serta meredakan tenggorokan yang gatal atau sakit tenggorokan.

8. Meredakan masalah pada pernafasan

Anda juga bisa memanfaatkan jahe untuk mengatasi masalah pada pernafasan seperti pilek. Jahe memiliki sifat ekspektoran secara alami yang bermanfaat untuk melegakan pernafasan dengan mengurangi dahak atau lendir sehingga nafas lebih lega.

kata untuk mencari artikel ini:
  • OK Google tolong tunjukkan khasiatnya jahe
  • khasiat jahe
  • OK Google tolong tunjukkan khasiat jahe
  • hasiat jahe
  • apa hasiat dari jahe
  • Kasiat jahe
  • manfaat tanaman jahe
  • OK Google jahe
  • OK Google buka jahe lowongan mengulit
  • manfaat jahe
  • khasiat jahe merah
  • kasiat jahe merah untuk kesehatan
  • kasiat jahe bagi tubuh
  • apasajakah manfaat yanaman jahe bgi kesehatatan
  • Kashiat jahe

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Inilah 8 Manfaat dan Khasiat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: