11 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

manfaat daun sirih

Manfaat Daun Sirih – Daun siri merupakan salah satu daun herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. daun ini tergolong kedalam kelompok Piperaceae. daun sirih ini mempunyai bentuk seperti hati, memiliki rasa seperti cengkeh, serta memiliki warna hijau agak mengkilap. Di Indonesia, tanaman daun sirih ini telah banyak dimanfaatkan sejak dahulu untuk berbagai pengobatan secara herbal dan alami.

daun sirih ini biasa tumbuh di berbagai negara asia, diantaranya seperti Malaysia, Indonesia, India, serta Sri Lanka. tetapi daun sirih juga bisa ditemukan dibeberapa negara afrika dan madagaskar.

berdasarkan hasil riset dari Universitas of Calcutta, tanaman daun sirih mempunyai manfaat untuk melawan radikal bebas serta menekan penuaan sel dalam tubuh. tanaman sirih hanya daunnya saja yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan,sedangkan bagian tumbuhan yang kurang bisa dimanfaatkan bagi kesehatan.

Manfaat daun Sirih Bagi Kesehatan

Dalam daun sirih memiliki beberapa kandungan, diantaranya seperti Chavicol, tannin, propane, phenyl, cyneole, gula, alkaloid, serta minyak esensial. beberapa kandungan tersebut memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti zat anti bakteri, zat anti jamur, mampu berguna sebagai expectorant yaitu obat batuk, serta merupakan daun yang bisa digunakan untuk membuat gairah seksual meningkat. secara umum, daun sirih dapat digunakan dengan cara mengunyah secara langsung atau juga bisa diseduh dengan air hangat.

Beberapa manfaat dan khasiat daun sirih bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk Mengobati rasa nyeri dan rasa sakit

manfaat yang paling utama yang biasa digunakan oleh banyak orang adalah daun sirih untuk membantu mengobati rasa sakit dan rasa nyeri. Rebusan air sirih dapat dicampurkan dengan minyak kelapa dapat berkhasiat untuk membantu mengatasi rasa sakit punggung, caranya dengan megoleskannya pada bagian punggung yang sakit lalu sambil dipijat. hal tersebut dikarekan kandungan analgesic nya dapat membantu meringankan rasa sakit.

  1. Untuk Melancarkan Pencernaan

Di negara India, daun sirih banyak dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan untuk tubuh salah satunya adalah untuk membantu mengatasi masalah pencernaan serta mengatasi rasa kembung atau begah pada perut. cara memanfaatkannya cukup mudah, anda bisa mengunyah secara langsung 1 lembar daun sirih yang diberi tambahan sedikit garam

  1. Untuk Membantu Merangsang Produksi ASI Ibu

daun sirih juga ternyata mampu dimanfaatkan untuk membantu masalah pada ibu menyusui, yaitu daun sirih dapat berkhasiat untuk membantumerangsang produksi air susu ibu atau ASI. caranya adalah dengan mengoleskan minyak esensial daun sirih pada payudara ibu menyusui

  1. Untuk Membantu Mengobati Demam

daun sirih juga bisa anda manfaatkan untuk membantu mengatasi demam, cara menggunakannya, anda bisa merebus beberapa lembar daun sirih, lalu beri tambahan sedikit ginseng dan merica. untuk pengobatan orang dewasa, bisa minum dua sendok ramuan tersebut untuk membantu meringankan demam. sedangkan untuk penggunaan pada anak, cukup satu sendok saja. disamping itu, air daun sirih yang telah dicampur dengan minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk melegakan masalah sesak nafas atau pilek dengan cara mengoleskannya pada dada

Di indonesia, daun sirih dapat dimanfaatkan untuk obat herbal demam dengan cara mengunyah secara langsung daun sirih. cara tersebut cukup ampuh untuk membantu mengobati asma serta demam.

  1. Untuk Mengobati Gatal-gatal

salah satu manfaat utama yang dapat didapat dari daun sirih adalah berkhasiat untuk membantu mengobati dan menyembuhkan gatal-gatal pada kulit atau badan. caranya anda bisa mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Hal tersebut dipercaya dapat mengobati kulit yang gatal-gatal

  1. Untuk Mencegah Kanker

daun sirih juga bermanfaat untuk membantu mencegah resiko terkena kanker. caranya, anda bisa merebus 10 hingga 15 helai daun sirih, lalu minum air rebusan daun sirih tersebut setiap hari. untuk mengurangi rasa sepat pada air rebusan daun sirih, anda bisa menambahkan madu pada ramuan daun sirih tersebut.

  1. Untuk Menghilangkan Bau

daun sirih juga dipercaya mampu mengatasai bau badan pada tubuh. mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih dapat mengurangi masalah bau badan. untuk menghilangkan bau mulut anda bisa meminum air rebusan daun sirih. daun sirih juga dikenal mampu menjaga kebersihan daerah kewanitaan bagi wanita.

  1. Untuk Menghilangkan Jerawat

Tanaman daun sirih ini juga memiliki sifat sebagai antiseptik, hal ini membuat daun siri berguna untuk melawan bakteri. Salah satunya adalah baik untuk melawan bakteri penyebab jerawat di wajah. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu haluska daun sirih lalu tambahkan sedikit air. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Air rebusan daun siri juga dapat digunakan untuk mandi serta untuk cuci muka, sehingga wajah terhindar dari jerawat dan menyamarkan noda hitam. Langkah tersebut bisa anda lakukan secara rutin untuk menghindarkan wajah dari jerawat.

  1. Untuk Penawar Racun

Apabila terjadi rasa gatal, panas, maupun nyeri yang mungkin disebabkan oleh gigitan serangga, daun sirih dan lada hitam dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang diberikan jika tak ada obat-obatan yang tersedia. Anda bisa menyediakan satu helai daun sirih serta ditambahkan sedikit lada hitam, lalu anda bisa mengonsumsinya.

  1. Untuk Menyembuhkan Batuk

Daun sirih dapat anda gunakan untuk membantu meringankan batuk. Caranya, rebus daun sirih kemudian tambahkan madu secukupnya, lalu minumlah selagi air masih hangat. Anda bisa minum dua kali dalam sehari. disamping itu anda dapat juga langsung mengunyahnya. Disamping bermanfaat untuk mengobati batuk, ramuan tersebut juga dapat memulihkan tenaga yang hilang akibat kelelahan.

  1. Untuk Mengobati Luka Bakar

Pasta daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi efek terbakar pada kulit anda. Cara membuat pastanya,anda bisa menghaluskan daun sirih kemudian tambahkan madu secukupnya, lalu oleskan pada kulit yang terbakar.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat daun sirih untuk mandi bayi
  • manfaat daun sirih untuk bayi
  • manfaat daun sirih untuk anak
  • khasiat daun sirih bagi bayi
  • manfaat daun sirih
  • khasiat daun sirih untuk demam
  • Manfaat rebusan daun sirih buat mandi anak
  • daun sirih untuk demam
  • ibu menyusui minum daun sirih untuk menyembuhlan demam dan batuk bayinya
  • Khasiat daun sirih untuk kulit bayi
  • daun sirih untuk demam anak
  • manfaat daun sirih bagi bayi
  • manfaat daun sirih pada bayi
  • menurunkan panas dengan daun sirih
  • daun sirih obat penurun panas anak

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

11 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: