8 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Macam-Macam Jahe

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Macam-Macam Jahe – Jahe adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam jenis tanaman rimpang. Jahe sendiri sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan minuman yang berkhasiat untuk menghangatkan badan, rasa hangat yang dirasakan dari meminum minuman jahe akan terasa hingga ke tulang rusuk dan tentunya sangat nikmat jika di minum saat cuaca sedang dingin. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat minuman penghangat badan, jahe juga sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan jamu atau obat tradisional dan bumbu masak.

Manfat Jahe Bagi Kesehatan

Manfat Jahe Bagi Kesehatan

Di Indonesia sendiri Jahe atau yang dikenal dengan nama latin zingerber  officinale ini memiliki nama yang cukup beragam sesuai dengan daerah. Jika di Jawa dikenal dengan nama (Jae), Sunda (Jahe), Lampung (Jahi), Gorontalo (Melito), Flores (Lia), Toba (Pege), Minangkabau (Sipodeh) dan di Bali dikenal dengan nama (Sipodeh).

Di Indonesia, tanaman rimpang jahe ini terdiri dari 3 jenis dibedakan berdasarkan warna, bentuk dan ukurannya. Berikut ini 3 jenis jahe yang wajib kamu ketahui, yaitu :

  • Jahe Merah

Jahe merah yaitu jenis jahe dengan memiliki rimpang berwarna merah dan ukurannya lebih kecil dibandingka dengan jenis jahe lainnya.

  • Jahe Putih Kecil

Jahe putih atau jahe kuning kecil ini dikenal juga dengan nama Jahe Sunti, jahe ini memiliki rasa yang paling pedas dibandingkan dengan jenis jahe pada umumnya.

  • Jahe Putih Besar

Jahe putih besar atau juga dikenal dengan nama Jahe gajah atau jahe badak ini memiliki ukuran yang lebih besar.

Lalu, kadungan apa saja yang terdapat di dalam jahe?

Jahe merupakan jenis rimpang yang mengandung senyawa aktif yang sangat baik untuk kesehatan, kandungan senyawa tersebut diantaranya seperti Kurkumin, zingiberol, terpenoid, zingiberena, alkaloid, resin pahit, bisabolena, minyak asiri, asam organik, senyawa flavonoid, filandrena, lemonin, kampfena, gingerol dan juga fenolik utama.

Sebagai salah satu jenis tanaman herbal, jahe ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, anda bisa simak ulasannya mengenai manfaat jahe bagi kesehatan dibawah berikut ini.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Selain Menghangatkan Tubuh

  1. Dapat Mencegah Kanker

Di dalam jahe mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi, senyawa tersebut sangat efektif untuk mencegah radikan bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, senyawa tersebut juga mampu menekan pembentukan dan juga pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker ginjal dan juga pankreas.

  1. Mengobati Gangguan Pernafasan

Gangguan pada pernafasan yang sering kali diderita yaitu seperti bantuk dan pilek. Jahe ternyata dapat berperan sebagai ekspektoran yang mampu meringankan gangguan pernafasan dan sekaligus memecah serta mengeluarkan dahak pada saluran pernafasan, sehingga pernafasan akan terasa lebih ringan setelah minum ramuan dari jahe.

  1. Dapat Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi sebagian orang awalnya hanya berfikir jika mengkonsumsi buah-buahan saja yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, namun ternyata dengan rutin minum ramuan dari rimpang jahe juga sangat efektif untuk membantu melancarkan pencernaan, sehingga buang air besar (BAB) pun menjadi lebih mudah dan nyaman. Selain itu, minum ramuan dari jahe juga dapat meringankan gejala sakit perut dan juga dapat mencegah sakit perut. Hal ini dikarenakan, jahe memilki sifat sebagai anti peradangan.

  1. Dapat Mengobati Memar dan juga Menghilangkan Rasa Nyeri

Pada saat tubuh terdapat memar yang disebabkan oleh karena terjadi benturan pada benda keras dan tumpul, maka biasanya akan menimbulkan bekas seperti memar dan rasa nyeri. Untuk menghilangkan memar dan mengurangi rasa nyeri, anda bisa memanfaatkan jahe sebagai obat herbal. Selain itu, jahe juga ternyata sangat efektif untuk menghilangkan rasa nyeri bagi penderita rematik dan asam urat.

  1. Mengobati Pusing

Jahe juga sangat efektif untuk meringankan sakit kepala dan pusing, karena dengan minum ramuan dari jahe dapat membantu merangsang aliran darah menuju ke otak. Selain itu, jahe juga dapat meringankan gejala pusing dan mual yang disebabkan karena mabuk perjalanan.

  1. Meringankan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Umumnya para kaum wanita yang sedang memasuki masa menstruasi biasanya sering merasakan rasa nyeri, untuk meringankan rasa nyeri tersebut anda bisa minum ekstrak jahe 2-3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut pada awal menstruasi. Menurut dari hasil penelitian beberapa para ahli mengungkapkan bahwa minum ekstrak jahe dapat membantu meringankan rasa nyeri saat menstruasi. Khasiat jahe ini dapat disetarakan dengan obat menstruasi seperti ibuprofen dan juga asam mefenamat.

  1. Dapat Mencegah Morning Sickness

Pada saat memasuki asal masa kehamilan, beberapa wanita sering merasakan mual dan muntah. Sebenarnya kondisi itu masih bisa dibilang wajar apabila tidak berlebihan, untuk meringankan dan menghilangkan rasa mual, anda bisa mencoba dengan minum air jahe hangat. Namun jika anda merasa khawatir mengingat ibu hamil tidak diperbolehkan untuk minum obat-obatan tertentu terutama jamu tradisional, maka sebaiknya anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter atau bidan yang biasa menanganai kehamilan anda.

  1. Osteoarthritis

Menurut dari beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa rasa sakit yang disebabkan oleh karena Osteoarthritis dapat diatas dengan cara rutin minum estrak jahe secara rutin dan teratur 2 kali sehari. Hal ini dikarenakan, senyawa aktif yang terkandung di dalam jahe berkhasiat untuk mengurangi efek dari zat kimia yang dapat memicu terjadinya peradangan pada area persendian. Selain itu, jahe juga ternyata efektif untuk merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi asam salisilat yaitu suatu zat yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan juga rasa tidak nyaman.

Baca Juga :

Meskipun Jahe ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun bukan berarti dapat dikonsumsi sesuka hati, karena jika berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik juga untuk kesehatan tubuh. Efek samping yang dapat ditimbulkan jika di konsumsi secara berlebihan, diantaranya seperti perut terasa tidak nyaman, diare dan juga muncul rasa sakit pada ulu hati. Jika ekstrak jahe ini di aplikasikan pada kulit, maka dapat menyebabkan terjadi iritasi pada kulit.

Selain itu, ada beberapa orang yang tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi atau minum ramuan dari ekstrak jahe, diantaranya yaitu ibu hamil, ibu menyusui, pasien diabetes, pasien yang memiliki gangguan pendarahan dan juga gangguan hati.

Menurut dari penelitian medis, manfaat jahe bagi kesehatan memang belum benar-benar terbukti efektif. Meski demikian, tidak ada salahnya jika anda mencobanya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang telah kami sampaikan diatas, tetapi alangkah baiknya jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Ramuan Jahe

Untuk mengatasi gangguan kesehatan diatas, anda bisa membuat ramuan obat alami dari jahe seperti dibawah berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 10 gram, Jahe merah
  • 10 gram, Pule pandak
  • 10 gram, Daun cirmai
  • 20 gram, Mengkudu
  • 800 ml, Air putih

Cara Membuat Ramuan :

  • Pertama-tama bersihkan semua bahan yang telah disiapkan, lalu haluskan dengan menggunakan blender
  • Setelah itu, rebus hingga mendidih dan air tersisa 2 gelas, lalu angkat dan saring
  • Minum air rebusa jahe tersebut secara rutin 2 kali sehari sebanyak satu gelas pada pagi dan malam sebelum tidur.

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat jahe bagi kesehatan yang dapat kami sampaikan, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

kata untuk mencari artikel ini:
  • manfat jahe
  • jenis jahe
  • macam macam jahe
  • 3 hari berturut minum air jahe
  • ukuran 2 gram jahe
  • Mamfaat jae untuk kesehatan
  • macam2 kasiat jahe
  • Macam macam khasiat jahe
  • macam macam kegunaan jahe
  • macam macam jenis jahe
  • jenis jahe yang manjur untuk kesehatan
  • jenis jahe untuk obat
  • jahe ukuran 10gram
  • besar jahe sebanyak 10 gr
  • apa manfat dari celana dalam

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

8 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Macam-Macam Jahe | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: