Sehat Natural

11 Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Lemon

Manfaat Jeruk Lemon

Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan – Lemon merupakan buah yang masih termasuk kedalam keluarga jeruk-jerukan. Beruntunglah bagi anda yang suka dengan buah lemon, karena lemon memiliki segudang manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Kandungan senyawa alami yang terdapat dalam jeruk lemon sangat baik untuk tubuh. Lemon sendiri biasanya sering dijadikan sebagai bahan campuran dalam pembuatan minuman, penambah cita rasa pada masakan dll.

Jeruk lemon memang memiliki rsa yang kurang enak dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, maka tak heran jika jeruk lemon jarang di konsumsi. Meskipun rasanya tidak enak dan sangat masam, tetapi jeruk lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh sehingga Lemon sering di jadikan sebagai bahan alami untuk pengobatan dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, Manfaat jeruk lemon juga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan alami perawatan kecantikan seperti kulit, rambut dan lain sebagainya. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak meragukan akan khasiat jeruk lemon untuk kecantikan, hal ini bisa dilihat dari banyaknya produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar dari ekstrak lemon maupun sebagai bahan campurannya. Selain itu, jeruk lemon juga dapat digunakan secara langsung sebagai langkah perawatan kecantikan alami.

Selai bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata jeruk lemon juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan, sehingga konsumsi buah lemon sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan program diet. Tidak hanya itu, masih banyak lagi manfaat jeruk lemon lainnya yang sangat menguntungkan yang perlu anda ketahui.

Penasaran, apa saja manfaat buah lemon? Simak langsung ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan

Menurut data USDA, dalam satu buah jeruk lemon mentah utuh (belum di kupas) dengan berat sekitar 58 gram mengandung setidaknya 17 kalori, 0,6 gram protein, 5,4 gram karbohidrat (termasuk serat dan gula) dan 0,2 gram lemak. Lemon juga kaya akan kandungan nutrisi dan gizi lainnya seperti zat besi, magnesium, vitamin C, Thiamin, vitamin B 6, roboflavin, kalsium, asam pantotenat, kalium dan fosfor. Berikut adalah beragam manfaat luar biasa dari buah jeruk lemon, diantaranya yaitu :

  1. Mampu Menurunkan Resiko Serangan Penyakit Jantung dan Stroke

Tahukan anda seorang wanita yang rutin mengkonsumsi jeruk lemon memiliki resiko lebih rendah terkena stroke dibanding mereka yang tidak pernah mengkonsumsi lemon sama sekali. Jeruk lemon juga bermanfaat dapat menurunkan resiko penyakit stroke sekaligus menjauhkan mereka dari serangan jantung, karena senyawa pada lemon mampu melindungi pembuluh darah dari timbunan kolesterol jahat.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Kanker termasuk salah satu jenis penyakit berbahaya dan mematikan di dunia. Tumbuhnya penyakit kanker di dalam tubuh dapat di picu oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pengaruh buruk serangan radikal bebas yang berlebih yang dapat merusak sistem tubuh. Kandungan antioksidan pada buah lemon mampu melawan serangan radikal bebas dan menetralisir radikal bebas tersebut, sehingga mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Asma atau Sesak Nafas

Beruntunglah bagi mereka yang suka mengkonsumsi buah lemon, karena vitamin C yang ada pada buah lemon mampu mencegah gejala penyakit asma. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa mereka yang kebutuhan vitamin C nya tercukupi memiliki resiko lebih jarang terkena sesak nafas dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi vitamin C secara rutin.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Rematik

Rematik atau disebut juga dengan radang sendi merupakan jenis penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit yang berlebih dan terasa kaku. Penyakit rematik sebenarnya bisa di cegah dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Konsumsi buah lemon secara rutin juga ternyata mampu menurunkan 3 kali resiko penyakit rematik dibanding mereka yang jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

  1. Dapat Mencegah Anemia (kekurangan sel darah merah)

Wanita dan ibu hamil sangat rentan terkena anemia atau kekurangan sel darah merah, ini disebabkan oleh karena kurangnya asupan zat besi. Zat besi merupakan suatu zat yang sangat penting dalam tubuh yang erat kaitannnya dengan jumlah darah yang dibutuhkan. Zat besi berfungsi membantu dalam proses pembentukan sel darah merah dari makanan yang dikonsumsi, penyuplai oksigen dari paru-paru keseluruh  jaringan tubuh dll. Buah lemon dapat membantu penyerapan dan pembentukan sel darah merah dari makanan yang kaya akan kandungan zat besi.

  1. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Jeruk lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu pembentukan dalam penyusunan kulit. pembentukan struktur kolagen akan semakin maksimal apabila tubuh mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah yang memadai. Dalam hal ini vitamin C berperan penting dalam menjaga dan memelihara kesehatan kulit agar terhindar dari tanda penuan dini.

  1. Mampu Meningkatkan Sistem Imun

Antioksidan sangat di butuhkan oleh tubuh yang berfungsi untuk mencegah dan memperlambat serangan radikal bebas, agar tubuh tak mudah terserang penyakit. Sangat di sarankan untuk mengkonsumsi buah lemon terlebih jika kondisi tubuh dirasa kurang sehat, cuaca yang tidak stabil karena buah lemon dapat membantu proses penyembuhan penyakit ringan seperti pilek dan flu.

  1. Dapat Menjaga pH Tubuh Tetap Stabil

Menjaga keseimbangan asam dan basa pada tubuh adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa tingkat kadar pH tubuh yang lebih asam dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, sifat unik yang ada pada buah lemon ini dapat berfungsi untuk menetralisir tingkat asam yang berlebih, sedangkan rasa asam pada lemon mampu berubah menjadi basa apabila sudah sampai pada lambung. Manfaat lainnya dari jeruk lemon yaitu mampu memecah batu ginjal pada tubuh.

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Diet

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, disarankan untuk memasukan jeruk lemon dalam daftar menu diet anda, karena kandungan nutrisi dalam jeruk lemon dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan cepat dan mampu mempertahankan berat badan anda tetap ideal. Cara menurunkan berat badan dengan lemon cukup mudah, anda dapat membuat infused water dari ekstra jeruk lemon dan campuran buah lainnya atau dapat juga membuat minuman lain dari sari jeruk lemon.

  1. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Minum segelas jus lemon dipagi hari dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan hal ini sangat membantu terutama bagi seseorang yang sedang mengalami konstipasi. Menikmati jus lemon dipagi hari ketika perut masih kosong dapat membantu sistem pencernaan dan melancarkan BAB. Fungsi pencernaan yang optimal  sangat berperan besar dalam menjalankan program diet, sehingga penyerapan nutrisi makanan bisa semakin optimal.

  1. Dapat Melancarkan Sistem Metabolisme & Membantu Proses Detoksifikasi

Minum segelas jus lemon dipagi hari ketika perut dalam keadaan kosong sangat baik bagi kesehatan tubuh. Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa ketika kondisi tubuh yang tingkat kadar asamnya sedang tinggi tidak baik bagi tubuh, karena dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh. Sedangkan sifat asam alami pada buah lemon bermanfaat dalam membantu menetralisir kadar asam tersebut dan membantu kinerja sistem metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Minum jus lemon juga dapat berfungsi sebagai detoksifikasi yaitu membantu proses pengeluaran zat racun dan sampah yang berbahay dari dalam tubuh.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat jeruk lemon ini?

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat jeruk lemon untuk kesehatan, kecantikan dan juga diet. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat jerik lemon untuk kesehatan
  • manfaat jeruk lemon bagi kesehatan
  • manfaat jeruk lemon untuk kesehatan tubuh

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

11 Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: