50 Manfaat Minyak Zaitun Memelihara Kecantikan dan Kesehatan

Daftar Manfaat Minyak Zaitun Memelihara Kecantikan dan Kesehatan – Minyak zaitu adalah minyak alami yang dihasilkan dari buah zaitun untuk menjadi ekstrak yang sangat kaya akan kandungan manfaatnya untuk kesehatan dann kecantikan. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan-perusahaan kosmetik dan juga obat herbal yang memanfaatkan minyak zaitu sebagai bahan dasar produknya.

Manfaat Minyak Zaitun Memelihara Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang sudah dikenal sejak dulu, bahan alami ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan juga untuk dijadikan untuk melakukan perawatan kecantikan seperti kecantikan kulit. Sebelum kami membahas mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan, penting untuj kita ketahui kandungan nutrisi apa saja yang terkandung di dalam minyak zaitun. Simak informasinya dibawah berikut ini.

Kandungan Minyak Zaitun

Minyak zaitu mengandung banyak nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan seperti, sumber energi, lemak tak jenuh, karbohidrat, protein, vitamin K dan juga vitamin E.

Lalu, apa saja manfaatnya? Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak ulasannya dibawah berikut ini.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Dapat Melembabkan Kulit

Bagi penduduk di Indonesia, umumnya banyak orang yang sering mengeluhkan masalah kulit kering terutama pada bagian kulit wajah. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan ekstrak minyak zaitun untuk dijadikan sebagai bahan untuk melakukan perawatan kulit kering.

Caranya yaitu :

  • Pertama-tama bersihkan kulit wajah yang kering
  • Oleskan ekstrak minyak zaitun secara merata pada kulit wajah, namun pastikan anda tidak mengoeskan minyak zaitun di area kulit wajah yang sensitif seperti pada area sekitar mata.
  • Diamkan minimal 30 menit sampai masker minyak zaitun kering, lalu bilas hingga bersih
  • Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur sampai kulit anda kembali normal, untuk selanjutnya anda dapat melakukan perawatan ini minimal 1 minggu sekali.

2. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Minyak zaitun mengandung zat yang bernama Linoleic acid, zat ini sangat efektif untuk menjaga kadar air di dalam kulit wajah, sehingga kulit wajah akan terhindari dari proses penuaan dini. Selain itu, kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalam minyak zaitun juga bisa diperoleh pada kacang hijau dan juga anggur.

3. Dapat Menyamarkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Jika anda memiliki masalah dengan noda hitam bekas jerawat yang tak kunjung hilang, maka anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menghilangkan noda tersebut.

Caranya yaitu :

  • Panaskan sebentar minyak zaitun di atas kompor hingga hangat-hangat kuku.
  • Sebelum mengunakannya, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dan keringkan.
  • Oleskan minyak zaitun hangat secara merata pada bagian kulit wajah yang terdapat noda hitam, namun jika perlu oleskan secara merata ke seluruh kulit wajah.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan.

4. Anti Inflamasi

Minyak zaitun juga mengandung zat antioksidan cukup tinggi jenis polifenol yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan. Kandungan senyawa in memiliki sifat sebagai anti inflamasi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan pencernaan. Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa minyak zaitun ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan juga memori.

Baca Juga : Obat Sakit Gigi Tradisional Yang paling Manjur

5. Dapat Menstabilkan Tekanan Darah

Dengan menambahkan minyak zaitun pada menu harian selama 6 bulan yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan perawatan biasa, ternyata dapat membantu mengontrol tekanan darah sehingga tekanan darah di dalam tubuh tetap stabil. telah banyak kasus para pasien yang mengalami anemia dan juga hipertensi dapat menurunkan takaran obat secara perlahan dan bahkan dapat menghentikan konsumsi obat-obatan. Namun sebaiknya jangan dilakukan tanpa pengawasan medin, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani kesehatan anda.

6. Sebagai Kolesterol Baik

Minyak zaitun termasuk kedalam jenis lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi didalam tubuh. Dalam beberapa penelitian lainnya juga kandungan minyak baik terdapat pada minyak biji bunga matahari dan minyak canola.

7. Dapat Mencegah Kanker

Mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur ternyata memiliki banyak manfaat. Hal ini di kemukakan dalam sebuah penelitian yang menyebutkan, seseorang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun dapat menurunkan resiko tumbuhnya kanker kolorektal serta kanker payudara pada wanita.

8. Dapat Mencegah Stroke

Dalam sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa, pada mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki resiko lebih kecil terkena penyakit stroke di kemudian hari di bandingkan pada mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Walapun penelitian tersebut masih bersifat observasional, tetapi hal ini akan dikembangkan langsung pada objek yang mengkonsumsi dan yang tidak pernah sama sekali.

9. Dapat Melembabkan Rambut Alami

Bagi anda yang sering menggonta ganti model rambut seperti reabonding, pengeritingan, pengecatan ataupun yang berhubungan dengan bahan kimia ternyata hal tersebut dapat merusak kesehatan rambut. Kandungan pada minyak zaitun dapat menutrisi rambut yang rusak dengan memberikan kelembaban secara alami.

Cara pemakaian minyak zaitun sebagai masker rambut, cara yaitu.

  • Siapkan minyak zaitun, lalu oleskan pada kulit kepala secara merata.
  • Selanjutnya, pijat kulit kepala secara perlahan agar minyak dapat meresap ke dalam kulit kepala.
  • Kemudian tutuplah rambut dengan menggunakan handuk dan diamkan selama 10 menit.
  • Terakhir, bilas sampai bersih.
  • Jangan lupa untuk mengkombinasikan masker minyak zaitun dengan bahan alami lainnya, seperti kuning telur dan madu untuk mecegah kerontokan.

10. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Selain dapat melembabkan rambut, minyak zaitun juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Anda dapat mengkombinasikan minyak zaitun dengan buah alpukat sebagai masker alami.

Caranya yaitu :

  • Campurkan minyak zaitun dengan buah alpukat masak.
  • Selanjutnya, oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 30 menit sampai meresap.
  • Terakhir bilas sampai bersih.

Manfaat lain dari minyak zaitun diantaranya sebagai berikut :

  • Sebagai Aromaterapi

Minyak zaitun memiliki aroma yang khas dan wangi. Sehingga tak heran jika minyak zaitun sering di jadikan minyak urut/pijat, campuran masker dan berbagai produk kecantikan.

Di samping memiliki banyak manfaat, minyak zaitun juga memiliki efek samping yang perlu anda ketahui. Pada dasarnya minyak zaitun memang aman baik untuk dikonsumsi langsung (sebagai campuran bahan masakan) ataupun diaplikasikan pada kulit. Dalam 2 sendok minyak zaitun (28 gram) setiap harinya memberikan 14% dari total kalori perhari. Minyak zaitun telah lama digunakan sebagai gaya diet mediterania. Perlu anda ketahui juga minyak zaitun juga memiliki efek samping bagi para pengguna, diantaranya yaitu :

  • Pada ibu hamil dan menyusui

Sebenarnya belum ada informasi yang resmi mengenai keamanan produk minyak zaitun dan ibu menyusi. Sebaiknya jangan gunakan atau konsumsi minyak zaitun secara berlebih  atau dalam jumlah besar dari takaran yang di temukan pada makanan.

  • Pederita Diabetes

Perlu di ketahui minyak zaitun memiliki manfaat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga bagi para pederita diabetes di haruskan memeriksakan kadar gula darah pada saat akan mengkonsumsi minyak zaitun.

Selain itu juga, seseorang yang akan melakukan operasi bedah sebaiknya berhenti untuk mengkonsumsi minyak zaitun 2 minggu sebelumnya. Hal ini dikarenakan, minyak zaitun dapat mempengaruhi kadar gula darah selama proses operasi.

Demikianlah infromasi mengenai Manfaat Minyak Zaitun Memelihara Kecantikan dan Kesehatan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

kata untuk mencari artikel ini:
  • 0bat panas anak
  • manfaat minyak zaitun
  • manfaat minyak zaitun untuk kesehatwn kulit
  • manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan
  • fungsi minyak zaitun dalam kecantikan
  • manfaat minyak zaitun bagi kecantikan dan kesehatan
  • benarkh minyak zaitun bisa membeningkn wajah
  • manfaat minnyak zaitun dan campuran bahan yg lainnya
  • mamfaat minyak zaitun untuk wajah
  • Daftar mamfaat minyak zaitun
  • Mamfaat minyak zaitun
  • kandungan zat zaitun jika di masak atau di aplikasikan langsung di wajah
  • mamfaat minyak zaitun tuk kecantikan

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

50 Manfaat Minyak Zaitun Memelihara Kecantikan dan Kesehatan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: