60 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Tomat adalah satu dari sekian banyak sayuran dan buah-buahan yang memiliki banyak kandungan nutrisi penting di dalamya, sehingga tomat juga bisa disebuat sebagai salah satu jenis buah-buahan karena kandungan nutrisinya hampir mirip dengan aneka jenis buah pada umumnya. Selain itu, tomat juga termasuk jenis sayur-sayuran karena fisiologis pada tomat memiliki banyak kesamaan dengan sayur-sayuran.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tomat juga dilkenal dengan nama latin Solanum lycopersicum, tomat sering dijadikan sebagai bahan bumbu masakan dan juga dapat di manfaatkan untuk membuat jus. Bahkan tomat juga banyak dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan saus. Di samping itu, ternyata kandungan nutrisi di dalam buah tomat memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat tomat yang wajib kamu ketahui, yaitu :

A. Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

1. Dapat Melancarkan Asi

Bagi setiap bayi yang baru lahir, bayi membutuhkan ASI sebagai asupan makanan dan nutrisi hingga usia 2 tahun. Namun tidak sedikit para ibu yang memiliki masalah dengan produksi ASI yang tidak lancar atau bahkan tidak bisa memproduksi sama sekali. Nah, jika bunda mengalami masalah seperti ini, maka buat tomat dapat menjadi solusi alternatif untuk meningkatkan produksi ASI. Hal ini dikarenakan, di dalam tomat mengandung likopen yang memiliki khasiat sama seperti pada daun katuk. Selain itu, ibu menyusui yang rajin minum jus tomat atau mengkonsumsinya secara langsung dapat meningkatkan kualitas ASI yang dihasilkan. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi dan gizi harian si kecil akan tetap terpenuhi dengan maksimal.

2. Meringankan Rasa Sakit

Kandungan bioflavonoid dan juga karetonoid yang terdapat pada tomat sangat baik untuk merigankan rasa sakit. Untuk itu, jika anda menderita rasa sakit atau luka sebaiknya segera konsumsi buat tomat. Selain itu, mengkonsumsi tomat juga dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan setelah sakit. bahkan rasa sakit yang di alami oleh para penderita reumatik, nyeri sendi dan juga arthritis akan berkurang setelah mengkonsumsi tomat.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sering di derita banyak orang, penyakit ini memang tidak boleh kita anggap enteng karena jika kondisinya sudah sangat parah dapat memicu serangan jantung, stroke dan bahkan dapat berujung kematian. Bagi anda yang memiliki riwayat hipertensi, maka tidak ada salahnya jika anda rajin mengkonsumsi tomat secara rutin dan teratur, karena kandungan potasium di dalam tomat sangat efektif untuk menurunkan untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah tinggi.

4. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia, sehingga penyakit ini sangat ditakuti oleh banyak orang. Meskipun penyakit kanker sangat sulit untuk di sembuhkan, namun kanker bisa di cegah sejak dini mengingat semua orang memiliki sel kanker yang sewaktu-waktu dapat berkembang. Salah satu cara mencegah kanker yaitu dengan mengkonsumsi tomat, karena tomat mengandung likopen yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

5. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Kandungan zea-xanthuin yang terkandung di dalam tomat mampu menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat memicu berbagai jenis penyakit kulit dan juga kanker. Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan di konsumsi langsung maupun di buat minuman jus dan juga di jadikan sebagai obat luar dengan mengoleskannya pada tubuh.

6. menjaga Kesehatan Mata

Tomat kaya akan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, sehingga dengan rajin minum jus tomat setiap hari dapat memperjelas daya penglihatan dan mencegah mata minus.

7. Dapat Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bagi para pasien diabetes, mengkonsumsi makanan atau minuman manis dan nasi memang sangat di larang untuk di konsumsi. Meskipun di perbolehkan, jumlahnya pun sangat terbatas dan harus atas saran dari dokter. Berbeda dengan tomat, meski ada rasa manis, namun kadar gulanya sangat rendah dan kaya akan kandungan vitamin C, sehingga sangat baik di konsumsi oleh pasien diabetes.

B. Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata tomat juga sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan alami dalam perawatan kecantikan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak beberapa manfaat tomat untuk kesehatan dibawah berikut ini.

1. Mengurangi Kadar Minyak Berlebih

Dari dulu tomat sudah sering dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan, salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Seseorang yang memiliki masalah kulit berminyak, maka biasanya akan muncul berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo dan juga pori-pori kulit yang membesar. Salah satu solusi alami untuk mengatasinya yaitu dengan buah tomat, karena tomat mengandung likopen dan juga vitamin C yang efektif untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan sekaligus dapat mengangkat sel kulit mati yang menjadi pemicu kulit berminyak.

Baca Juga : 

Cara mengatasi kulit berminyak menggunakan tomat cukup mudah, anda cukup memotong buah tomat menjadi dua bagian, kemudian gosok-gosokan secara perlahan dan memutyar pada kulit wajah. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan cara ini minimal 2-3 kali seminggu, dalam satu minggu bisa anda lihat perubahannya.

2. Mencegah dan Menghilangkan Komedo

Selain dapat mengatasi kulit wajah berminyak, tomat juga baik untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk mencegah dan menghilangkan komedo di wajah. Caranya yaitu, haluskan buah tomat secukupnya, lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang berkomedo. Diamkan selama semalaman, lalu bersihkan pada keesokan harinya. Pastikan sebelum mengoleskannya, kompres terlebih dahulu kulit wajah yang berkomedo agar proses penyerapan nutrisinya dapat lebih maksimal.

3. Dapat Mencegah dan Membasmi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu maslah kulit yang paling di takuti banyak orang, terlebih bagi para kaum wanita. Jika terdapat jerawat pada kulit wajah anda, jangan khawatir anda dapat mengatasinya dengan menggunakan masker tomat. Selain dapat mengatasi masalah kulit berjerawat, masker tomat juga dapat mencegah jerawat muncul lagi.

4. Dapat Mencerahkan Kulit Kusam

Jika anda merasa tidak pede karena memiliki kulit wajah kusam, maka salah satu solusinya yang dengan melakukan perawatan setiap malam menggunakan masker tomat. Dalam beberapa minggu kulit kusam akan tampak lebih cerah dan bersinar.

5. Dapat Menurunkan Berat Badan Berlebih

Kecantikan wanita tidak hanya dilihat dari paras wajahnya saja, tetapi juga dari bentuk dan berat tubuhnya. Oleh karena itu, banyak para kaum wanita yang mendambakan tubuh langsing dan indah. Banyak cara untuk menurunkan berat badan, salah satunya yaitu dengan rajin minum jus tomat secara rutin setiap pagi sebelum sarapan. Hal ini dikarenakan, tomat kaya akan kandungan vitamin C yang mampu membantu membakar lemak tubuh lebih cepat. Namun tentunya tidak cukup hanya dengan minum jus tomat saja, tetapi imbangi dengan rajin berolah raga setiap hari minimal 30 menit sehari.

6. Dapat Mencegah dan Mengatasi Kerontokan rambut

Kabar gembira bagi anda yang sering dihantui dengan rambut rontok, tentunya sangat menjengkelkan bukan? Nah, bagi anda yang sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi rambut rontok namun tidak berhasil, maka tidak saatnya anda mencoba mengatasi rambut rontok dengan menggunakan tomat. Hal ini dikarenakan, buah tomat mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut, sehingga sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok.

Itulah ulasan mengenai manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Selamat mencoba dan semoga berhasil !!!

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • apa manfaat kompres tomat buat mata

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

60 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: