7 Cara Menambah Nafsu Makan Anak Paling Mudah

Menambah Nafsu Makan Anak

Menambah Nafsu Makan Anak

Cara Menambah Nafsu Makan Anak – Banyak para orang tua yang sering merasa bingung ketika anaknya mengalami susah makan. membujuk anak yang susah makan tentunya sangatlah sulit, anak-anak memiliki berbagai alasan untuk menolak ketika disuruh untuk makan. Jika kondisinya sudah begitu, maka akan berdampak buruk bagi tumbuh kembang mereka akibat dari kurangnya asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan. Dampak buruk lain akibat dari anak susah makan yaitu dapat membuat sistem kekebalan tubuh anak menurun, sehingga dapat menyebabkan anak mudah sakit.

Sebagai orang tua, tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada anak anda bukan?

Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan

Sebelum kita membahas mengenai cara menambah nafsu makan anak, sebaiknya anda mengetahui faktor penyebab yang membuat anak kehilangan nafsu makan. Dengan demikian, maka kita bisa mencari solusi terbaik untuk mengembalikan nafsu makan anak. Umumnya penyebab anak tidak nafsu makan bisa berbeda-beda, untuk dapat mengatasi masalah ini anda tentunya harus mengetahui apa yang menyebabkan anak anda sulit untuk makan.

Penyebab pertama yang biasanya membuat anak susah makan atau tidak nafsu makan yaitu bisa disebabkan oleh mood atau suasana hati. Kondisi ini bahkan bisa juga dialami oloeh bayi atau balita, biasanya mereka sering merasa jenuh dan kehilangan selera makan. Pada kondisi seperti ini, anda bisa mengajak anak anda makan sambil jalan-jalan ke luar rumah. Jika anak anda sudah cukup besar, maka anda bisa mengajaknya untuk makan di luar atau mengajaknya temannya untuk makan bersama sambil bermain.

Selain itu, penyebab lain anak tidak nafsu makan yaitu biasanya anak tidak mau disuapi oleh orang tuanya. Maka sebagai solusinya, anda bisa membiarkan anak anda untuk belajar makan sendiri. Pada saat usia balita, biasanya nafsu makan mereka akan hilang ketika sedang tumbuh gigi. Sebagai solusinya, sebaiknya buatkan makanan yang lembut agar makanan tersebut lebih mudah dikunyah dan dicerna.

Sebagai orang tua, tentunya anda perlu untuk mengajarkan sang buah hati untuk membiasakan makan secara teratur. Oleh karena itu, ajari anak anda untuk makan secara teratur dengan memberikan contoh bukan dengan perintah. Jika sudah tiba waktunya makan, maka anda harus ikut makan. Dengan begitu, maka anak anda akan terbiasa karena anak akan selalu mengkuti apa yang di contohkan oleh orang tuanya.

Jika kondisi seperti berlangsung cukup lama, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Karena dikhawatirkan ada gangguan kesehatan yang diderita anak anda sehingga menyebabkan hilangnya nafsu makan anak anda.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Pernahkah anda melihat ketika anak anda begitu lahap makan ketika bersama teman-temannya ketimbang ketika anak anda makan sendiri? Dari hal tersebut, seharusnya anda sebagai orang tua bisa mengambil kesimpulan apa yang membuat nafsu makan anak anda menurun. namun pada umumnya, ada banyak hal yang dapat menyebabkan anak tidak nafsu makan atau malas untuk makan. Jika hal ini terjadi pada anak anda, maka anda tidak perlu khawatir dan anda bisa coba lakukan beberapa cara menambah nafsu makan anak anda seperti berikut ini.

  1. Mengajak Anak Berolahraga
Mengajak Anak Berolahraga

Mengajak Anak Berolahraga

Jika anak anda kurang aktif bermain, maka cobalah anda mengajak anak anda untuk bermain atau berolahraga dan pilihlah jenis olahraga yang sangat disukai oleh anak anda. Mungkin anda bisa mengajak anak anda untuk bermain bola di halamam rumah agar tubuh anak anda lebih aktif bergerak. Ketika tubuh anak aktif bergerak, maka detak jantungnya akan lebih meningkat sehingga dapat melakukan proses pembakaran kalori dama tubuhnya lebih optimal. Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka nafsu makan anak anda pun akan ikut meningkat.

  1. Hindari Minum Terlalu Banyak Sebelum Makan
Cara Membersihkan Mata dengan Minum Air Putih

Air Putih

Setelah olahraga, biasanya perut akan terasa lapar dan anda bisa mencoba menawari anak makan. namun usahakan agar anak anda tidak terlalu banyak minum sebelum makan, karena terlalu banyak minum dapat membuat perut anak anda terisi penuh sehingga anak menjadi malas untuk makan. Oleh karena itu, usahakan agar anak anda tidak minum terlalu banyak sebelum makan.

  1. Konsumsi Jeruk
Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Jeruk Nipis

Sumber : Google.com

Tentunya anda semua tahu jika buah jeruk mengandung sumber vitamin C yang sangat tinggi, vitamin C ini sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sekaligus mengembalikan nafsu makan. Oleh karena itu, jika anak anda susah makan sebaiknya memberi mereka buah jeruk. Selain dapat menambah nafsu makan anak, manfaat buah jeruk lainnya yaitu dapat melancarkan metabolisme pada tubuh anak.

  1. Memberikan Asupan Vitamin B dan Zinc
Vitamin B3

Vitamin B3

Cara menambah nafsu makan anak berikutnya yaitu dengan memberikan anak anda asupan vitamin B dan zinc, karena kedua nutrisi ini mampu merangsang nafsu makan anak dan mengendalikan suasana hati bagi mereka yang sedang malas untuk makan. Oleh karena itu, anda bisa memberikan anak anda suplemen vitamin yang diperkaya dengan kandungan vitamin B dan zinc.

  1. Buat Anak Agar Sering Tertawa
Membuat Tertawa Anak

Membuat Tertawa Anak

Anak yang pendiam atau sering murung di rumah biasanya mereka akan sangat sulit untuk makan. solusi terbaik yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengajaknya bercanda agar mereka bisa tertawa. Hal ini dikarenakan, menurut hasil penelitian menunjukan bahwa dengan sering tertawa dapat membabntu meningkatkan nafsu makan baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Cara ini dapat menjadi solusi alternatif jika anak anda tidak mau di ajak berolahraga.

  1. Gunakan Peralatan Makan Unik dan Lucu
Peralatan Makan lucu

Peralatan Makan lucu

Cara agar anak mau makan lain yang bisa anda coba yaitu dengan memberikan peralatan makan khusus untuk anak anda, belikan perlengkapan makan seperti piring, gelas dan sendok yang memiliki bentuk unik dan lucu. Dengan demikian, mereka akan sangat suka dan terangsang ingin makan. anda bisa membeli peralatan makan berbentuk binatang atau tokoh kartun yang mereka sukai, pilih juga warna-warna yang cerah dan dapat membuat anak anda merasa senang sehingga mereka mau makan.

  1. Konsultasikan Dengan Dokter

Jika semua cara diatas sudah dilakukan dan anak anda masih tetap tidak mau makan, maka solusi terakhir yang harus anda lakukan yaitu dengan mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis lebih lanjut untuk mengatasi masalah tersebut. Biasanya dokter akan memberikan obat atau suplemen vitamin penambah nafsu makan anak jika tidak ada masalah kesehatan yang serius pada anak anda.

Itulah sedikit pembahasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai cara menambah nafsu makan anak, semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat memberikan solusi dan inspirasi bagi para orang tua yang memiliki anak mengalami kehilangan nafsu makan.

Sekian informasi dari kami dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara menambah nafsu makan anak
  • agar anak nafsu makan
  • nafsu makan anak
  • menambah nafsu makan anak
  • ingin menambah nafsu makan
  • ingin anak nafsu makan
  • cr alami agar anak nafsu mkn
  • cara menghilangkand susah makan anak dewasa
  • cara menambah nafsu makan pada anak
  • cara menambah nafsu makan anak anak
  • cara membangkitkan nafsu makan anak-anak
  • agar anak nafsu makan tinggi
  • Nafsu makan anak alami

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

7 Cara Menambah Nafsu Makan Anak Paling Mudah | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: