20 Makanan Mengandung Kalsium Yang Baik Untuk Tubuh

Makanan Mengandung Kalsium

Makanan Mengandung Kalsium

Makanan Mengandung Kalsium – Kalsium adalah salah satu kandungan mineral yang mempunyai kadar jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis kandungan mineral lainnya yang terdapat dalam tubuh. Kalsium sendiri sangat bermanfaat untuk pertumbuhan terutama yang berkaitan dengan tulang dan gigi, seperti dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi.

Setiap tubuh manusia membutuhkan asupan kalsium dengan jumlah yang berbeda-beda, tergantung dari faktor usianya. Namun diantara pria dan wanita, maka wanita yang paling membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak dibandingkan dengan kaum pria. Hal ini dikarenakan, semakin tua usia seseorang maka jumlah kalsium di dalam tubuh akan semakin berkurang.

Manfaat Kalsium Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat kalsium untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  • Mempercepat pertumbuhan tulang
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Meningkatkan kepadatan tulang
  • Mencegah pengeroposan tulang (Osteoporosis)
  • Membantu mengontrol tekanan darah
  • Menguatkan gigi
  • Menguatkan otot jantung
  • Mencegah kanker usus
  • Mencegah batu ginjal
  • Mencegah hipertensi
  • Melancarkan fungsi otak
  • Meningkatkan produksi enzim
  • Mengurangi sindrom menstruasi
  • Membantu proses pembuahan

Lalu, bagaimana cara mencukupi kebutuhan kalsium bagi tubuh kita? Salah satu cara yang tepat untuk memenuhi. Lalu, makanan apa sajakah itu? Langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Daftar Makanan Mengandung Kalsium Tinggi

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi yang bisa kita konsumsi setiap hari, meliputi :

  1. Susu

Susu Murni

Susu merupakan salah satu produk olahan sapi yang paling dikenal oleh kalangan masyarakat. Minum susu secara rutin setiap hari mampu memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh, dari segelas susu mengandung 720 mg kalsium. Maka dari itu, setiap orang sangat dianjurkan untuk minum susu secara rutin dan teratur 2 kali sehari.

  1. Keju
Keju

Keju

Selain minum susu, untuk mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh yang sangat dianjurkan yaitu dengan mengkonsumsi keju. Hal ini dikarenakan, keju juga memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sama halnya dengan susus. Oleh karena itu, keju juga dapat menjadi solusi alternatif bagi mereka yang memiliki alergi terhadap kandungan protein yang ada dalam susu. Cara terbaik mengkonsumsi keju yaitu bisa dikonsumsi dengan roti gandum atau makanan sehat lainnya.

  1. Yoghurt
Jus Lemon & Yoghurt untuk Jerawat

Jus Lemon & Yoghurt untuk Jerawat

Produk olahan sapi lainnya yang juga memiliki sumber kalsium tinggi yaitu yoghurt, produk olahan susu yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat dan bahkan sangat disukai oleh anak-anak. Selain kalsium, yoghurt juga mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Sumsum Tulang Sapi
tulang sapi

tulang sapi

Makanan berkalsium tinggi lainnya yang bisa di dapatkan dari produk olahan sapi yaitu sumsum tulang sapi, kandungan kalsium yang terkandung di dalam sumsum tulang sapi ini sangat tinggi dan bahkan mencapai 40 kali lipat lebih tinggi dari susu sapi biasa.

  1. Bayam
Bayam

Bayam

Selain dari berbagai olahan makanan dari sap[i, sumber kalsium juga bisa anda dapatkan dari makanan jenis sayur-sayuran. Salah satu sayuran yang mengandung kalsium tinggi yaitu bayam, bayam merupakan sayuran hijau yang biasa kita olah menjadi sayur bening atau sup dan bayam juga termasuk ke dalam salah satu jenis makanan 4 sehat 5 sempurna. Kandungan kalsium yang terdapat pada bayam mencapai 200 mg, sehingga dengan mengkonsumsi bayam dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium harian tubuh.

  1. Lobak
Lobak

Lobak

Jenis sayuran lain yang mengandung kalsium tinggi yaitu lobak, di dalam setiap batang lobak dapat menghasilkan 200 mg kalsium sehingga mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh. lobak bisa dijasikan sebagai bahan dalam membuat masakan seperti soto atau acar.

  1. Kol
kubis

kubis

Sumber kalsium juga bisa kita dapatkan dari sayuran kol yang biasa kita jadikan bahan membuat masakan sehari-hari seperti sup, capcay dan juga siomay. Selain mengandung kalsium tinggi, kol juga rendah kolesterol sehinggta sangat menyehatkan. Di dalam kol mengandung kalsium sebanyak 90 mg, sehingga dapat membantu memenuhi asupkan kalsium harian tubuh.

  1. Brokoli
Brokoli

Brokoli

Brokolo merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sangat menyehatkan dan digemari banyak kalangan masyarakat. Sama seperti jenis sayuran hijau lainnya, brokoli juga mengandung serat alami yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk dijadikan menu diet. Namun di samping itu, brokoli juga mengandung kalsium yang tinggi sekitar 180 mg.

  1. Kangkung
Kangkung

Kangkung

Makanan sehat berkalsium tinggi berikutnya yang berasal dari sayura hijau yaitu kangkung. Selain memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, kangkung juga mengandung kalsium tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

  1. Kacang Kedelai
Sari Kedelai

kacang Kedelai

Selain didapatkan dari produk olahan susu dan sayuran hijau, anda juga bisa mendapatkan asupan kalsium tinggi dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang memiliki sumber kalsium tinggi salah satunya yaitu kacang kedelai, di dalam 1 cangkir kacang kedelai rebus mengandung kalsium sebanyak 261 mg.

  1. Biji Wijen
Biji Wijen

Biji Wijen

Biasanya biji wijen ini sering digunakan untuk pelengkap makanan atau toping. Namun tahukah anda, ternyata biji wijen ini memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Pada setiap 1 ons biji wijen mengandung 280 mg kalsium.

  1. Kacang Almond
Kacang Almond

Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sering dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan seperti kue dan coklat. Di balik rasanya yang renyah dan gurih, ternyata di dalam kacang almond mengandung sumber kalsium yang cukup tinggi yaitu sebanyak 72 gram dari setiap ¼ cangkirnya.

  1. Edamame

Masih termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan, kacang Edamame atau yang lebih dikenal dengan nama kacang kedelai jepang ini juga mengandung kalsium yang cukup tinggi sebanyak 98 gram. Cara terbaik untuk mengkosumsinya yaitu dengan merebusnya atau bisa juga dikonsumsi secara langsung.

  1. Jeruk
Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Jeruk Nipis

Sumber : Google.com

Sumber kalsium juga bisa kita dapatkan dari beragam jenis buah-buahan dan salah satunya yaitu buah jeruk. Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang populer di kalangan masyarakat, karena rasanya yang manis dan menyegarkan menjadikan buah ini begitu disukai banyak orang. selain tinggi akan kandungan vitamin C nya, buah jeruk juga mengandung kalsium yang cukup tinggi sebanyak 65 mg.

  1. Pisang
Pisang

Pisang

Makanan sehat berkalsium tinggi berikutnya yaitu buah pisang. Buah dengan rasa manis dan bertektur lembut ini juga bisa anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan asupan kalsium harian tubuh. Selain mengandung kalsium, buah pisang juga memiliki kandungan mineral penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh yaitu seperti kalium, magnesium, fosfor dan juga zat besi.

  1. Alpukat
Alpukat

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jennis buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, buah alpukat juga mengandung sumber kalsium yang sangat penting untuk tubuh.

Aneka makanan sehat berkalsium tinggi lainnya, yaitu :

  1. Ikan Salmon
  2. Sarden
  3. Udang
  4. Oatmeal

Nah, itulah tadi beragam jenis makanan berkalsium tinggi yang bisa anda konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh. Semoga bermanfaat.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

20 Makanan Mengandung Kalsium Yang Baik Untuk Tubuh | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: