6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Apakah saat ini anda sedang mengalami masalah kerontokan pada rambut? Meski kedengarannya sepele, tetapi kerontokan pada rambut ini dapat menyebabkan tejadinya kebotakan dan jika terjadi demikian tentunya akan membuat anda merasa kurang percaya diri. Apalagi jika hal ini terjadi pada wanita.

Umumnya seorang bisa mengalami kerontokan sekitar 100 helai salam sehari, kondisi ini memang umum dan wajar terjadi. Hal ini dikarenakan, rambut dapat mengalami tiga fase yaitu fase pertumbuhan, fase istirahat dan juga fase kerontokan.

Pola Kerontokan yang terjadi pada pria dalam istilah medis dikenal dengan nama ‘alopesia androgenetik’, kondisi ini dapat terjadi disebabkan oleh karena akar rambut terlalu peka terhadap hormon testosteron yaitu disebut dengan dihidrotestosteron (DHT). Jika hormon ini diproduksi dalam jumlah yang berlebiham dalam tubuh manusia dapat menyebabkan setiap helai rambut akan menipis, sehingga akan sangat mudah terjadi kerontokan.

Pola kerontokan rambut pada pria bisa berupa seperti berikut :

  • Posisi garis rambut yang bergeser naik
  • Terjadi penipisan helai rambut di daerah ubun-ubun dan juga bagian samping kepala.

Sedangkan pola kerontokan yang dapat terjadi pada kaum wanita umumnya hanya akan terjadi penipisan pada kepala bagian atas saja, penyebabnya sendiri berkaitan dengan terjadinya perubahan hormon seperti yang terjadi pada saat menopause, pada masa kehamilan dan juga akibat dari penggunaan alat kontrasepsi.

Sementara rambut rontok yang dapat dialami oleh siap saja disebut dengan alopecia, kondisi ini dapat di alami baik oleh kaum pria maupun wanita. Secara umum, masalah kerontokan biasanya akan muncul pada saat seseorang memasuki usia antara 30-40 tahun. Tetapi ada juga yang mengalami kerontokan sebelum mereka memasuki masa tersebut.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, penyebab yang sering di alami yaitu disebabkan oleh terjadinya perubahan hormon, kekurangan protein, mengalami trauma emosional, sering stres dan penyakit tertentu. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemeriksaan medis untuk menentukan apa yang menjadi penyebab utama dari kerontokan yang terjadi dengan jelas.

Cara Mengatasi Kerontokan Secara Alami

Jika kerontokan yang anda alami belum terlalu parah, maka anda bisa mencoba untuk melakukan penanganan secara alami dengan melakukan perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut :

  1. Atasi Dengan Lidah Buaya (Aloe Vera)
Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya atau dikenal dalam istilah medis dengan sebutan Aloe Vera ini sudah dikenal dan digunakan sejak lama untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan juga perawatan kecantikan, salah satunya yaitu manfaat lidah buaya ini dapat mengatasi rambut rontok.

Caranya yaitu :

  • Ambil tanaman lidah buaya secukupnya saja, cari yang sudah tua dan masih segar.
  • Setelah itu, kupas kulit luarnya dan haluskan bagian dalamnya.
  • Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu rambut anda dengan cara keramas.
  • Kemudian balurkan jus lidah buaya tersebut secara merata pada rambut dan kulit kepala sambil diberi pijatan lembut.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu basuh hingga bersih dengan air bersih.

Catatan :

Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan diatas sekali sehari setiap setelah mandi.

  1. Atasi Dengan Daun Seledri
Seledri

Seledri

Daun seledri juga sudah dipercaya dan terbukti efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok, karena daun seledri sendiri memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk kesehatan rambut.

Caranya yaitu :

  • Sebelum melakukan perawatan ini, persiapkan terlebih dahulu handuk yang telah dibasahi dengan air hangat.
  • Setelah itu, keramas seperti biasanya dan basuh dengan air hangat, lalu keringkan.
  • Selanjutnya, haluskan daun seledri secukupya dengan menggunakan blender. kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepala sambil diberi pijatan secara lembut.
  • Kemudian, tutup kepala dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat tersebut. Diamkan selama 30 menit.
  • Terakhir, bilas kembali rambut dengan air bersih.

Catatan :

Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu.

  1. Atasi Dengan Kemiri
Kemiri

Kemiri

Kemiri merupakan salah satu bumbu dapur yang berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok, karena di dalam kemiri mengandung lebih dari 66% minyak mineral alami yang sangat lengkap seperti kalsium, kalium, zat besi dan masih banyak kandungan zat lainnya. Kandungan minyak tersebut mampu merangsang pertumbuhan rambut baru dan menguatkan akar rambut, sehingga jika dilakukan perawatan secara rutin dan teratur rambut akan lebih kuat dan sehat.

Ada dua cara yang bisa anda lakukan, jika anda tidak ingin ribet membuat sendiri minyak kemiri tersebut, maka anda bisa membeli yang sudah jadi di apotik atau toko obat. Tetapi jika anda sulit untuk mendapatkannya, anda bisa membuat sendiri minyak kemiri dengan mengkitu lengkah-langkahnya seperti berikut.

Caranya yaitu :

  • Pertama-tama sangrai kemiri secukupnya, lalu haluskan dan ambil minyaknya saja.
  • Teteskan minyak kemiri tersebut pada kulit kepala, lalu pijat secara perlahan.
  • Setelah itu, biarkan selama 1-2 jam, lalu bersihkan dengan cara keramas seperti biasa.
  • Lakukan secara rutin dan teratur setiap hari.

Catatan :

Agar lebih praktis, sebaiknya anda membeli minyak kemiri yang sudah jadi dan siap pakai.

  1. Atasi Dengan Minyak Esensial
Minyak Esensial

Minyak Esensial

Untuk mendapatkan minyak essensial cukup mudah, karena sekarang sudah banyak dijual di toko obat atau di apotik-apotik terdekat di kota anda. Anda dapat membelinya untuk mengatasi masalah rambut rontok yang sedang anda alami saat ini.

Minyak essensial mengandung nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan oleh rambut seperti mineral, vitamin, antioksidan dan nutrisi penting lainnya. Jenis minyak essensial yang kami rekomendasikan yaitu minyak zaitun, minyak wijen, minyak kelapa dan minyak lavender.

Cara penggunaannya sangat mudah, anda cukup mengoleskan dan memijat kulit kepala secara perlahan selama 5-10 menit. Setelah itu, tunggu selama 30 menit agar meresap ke dalam kulit kepala. Selanjutnya, bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap hari.

  1. Atasi Dengan Santan Kelapa
Minyak kelapa atau Cuka apel

Sumber : Google.com

Santan kelapa tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk menambah rasa lezat suatu masakan, tetapi juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Santan kelapa sendiri memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dan efektif untuk mengatasi rambut rontok.

Caranya yaitu, anda tinggal membalurkan santan kelapa kental pada rambut dan kulit kepala secara merata. kemudian diamkan minimal 30 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur minimal 3 kali seminggu setiap selesai keramas.

  1. Atasi Dengan Masker Alpukat dan Kentang
Obat Jerawat Tradisional Kentang

Kentang

Sebelumnya kami juga telah membasah mengenai manfaat buah alpukat dan manfaat kentang untuk kecantikan, salah satu manfaat dari kedua bahan alami ini yaitu dapat mencegah dan mengatasi rambut rontok secara alami. Oke, langsung saja kita simak caranya dibawah berikut ini.

Caranya yaitu :

Pertama-tama haluskan daging buah alukat dan kentang dengan menggunakan blender, kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Jangan lupa lakukan pemijatan pada kulit kepala dengan lembut, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan cara keramas seperti biasa.

Bagaimana, sangat mudah bukan?

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai cara mengatasi rambut rontok secara alami, semoga apa yang telah kami jelaskan diatas dapat dimengerti dan bermanfaat bagi anda semua.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: