9 Tips Cara Mengolah Daging Kurban Sehat dan Aman

Tips Mengolah Daging Kurban

Tips Mengolah Daging Kurban

9 Tips Cara Mengolah Daging Kurban Sehat dan Aman – Selamat hari Raya Idul Adha bagi yang melaksanakannya. Idul Adha adalah hara raya yang selalu diperingati oleh seluruh umat Muslim yang ada di seluruh dunia. Pada setiap hari raya Idul Adha, banyak umat muslim yang memotong hewan qurban seperti kambing, domba, sapi, unta dan hewan qurban lainnya. Disamping itu, pada hari raya ini sebagian orang sering merayakannya dengan berkumpul bersama dengan keluarga besar.

Hari raya Idul Adha juga dikenal dengan sebutan hari raya Qurban, pada hari raya ini juga tidak hanya di kaitkaitkan dengan ibadah qurban yang wajib dilakukan oleh mereka yang mampu tetapi hari raya ini juga berkaitan dengan ibadah haji, sehingga ada sebagian masyarakat yang menyebut hari raya Idul Adha dengan lebaran Haji.

Berbicara mengenai hewan qurban, hasil dari pemotongan hewan qurban ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat dan khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu. Hal ini bertujuan, agar orang-orang yang tidak mampu pun bisa menikmati daging hasil pembagian dari daging hewan qurban. Namun tidak sedikit kalangan masyarakt umum yang tidak suka makan daging kurban khususnya daging dari hewan seperti kambing ataupun domba, karena daging hewan tersebut memiliki aroma khas yang menyengat dan tekstur dagingnya yang alot, sehingga tidak sedikit orang yang tidak suka memakan daging qurban. Selain itu, bagi sebagian orang enggan untuk mengkonsumsi daging hewan kurban, karena takut terserang jenis penyakit seperti darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan beberapa tips mengenai tips mengolah  daging kurban tetap aman dan sehat. Penasaran, bagaimana cara mengolahnya? Langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Cara Mengolah Daging Kurban Tetap Aman Dan Sehat

Berikut ini beberapa cara mengolah daging kurban dengan benar, yaitu :

  1. Pisahkan Daging dan Jeroan

Ketika anda mendapatkan jatah pembagian daging hewan kurban dari panitian, maka sebaiknya anda jangan langsung memasaknya. Pastikan anda memilih dan memisahkan antara daging dan juga jeroan, karena jika daging di campurkan dengan jeroan daging akan cepat rusak. Selain itu, pisahkan juga antara daging kambing dan sapi mengingat hewan yang dikurbankan berbeda-beda.

  1. Simpan Daging Dengan Benar

Jika daging tidak langsung dimasak, maka daging harus disimpan dengan baik dan benar agar daging tetap segar ketika akan di masak. Caranya yaitu, cuci sampai bersih daging hewan kurban dengan air mengalir, lalu masukan ke dalam plastik dan simpan di dalam freezer. Pada saat anda akan memasaknya, anda tinggai memanaskannya dan merebusnya.

  1. Olah Secara Higienis

Tata cara dalam mengolah daging kurban, maka sebaiknya anda membersihkan alat-alat untuk mengolah dan memasak terlebih dahulu sampai bersih. Setelah itu, rebus daging hingga mendidih dan tekstur daging terasa empuk dan lembut. pada saat memasaknya, pastikan anda memasaknya hingga benar-benar matang sempurna agar terbebas dari kuman dan bakteri yang terdapat pada daging kurban terutama untuk jenis daging kambing dan juga domba.

Selain itu, hindari mengolah daging kurban setengah mata, karena bersar kemungkinan kandungan kuman , bakteri dan juga berbagai zat berbahaya nya masih menempel pada daging tersebut. Pada dasarnya, daging kurban dapat diolah sesuai selera anda masing-masing, hanya saja pada proses pengolahannya haruslah higienis dan dimasak hingga benar-benar matang sempurna. Hal ini bertujuan agar kuman, bakteri dan bebagai zat bebahay lainya mati sehingga aman untuk dimakan bagi kesehatan.

  1. Jangan Konsumsi Daging Kurban Secara Berlebihan

Mengkonsumsi daging kurban secara berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan seperti menyebabkan meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh, sehingga dapat memicu berbagai jenis penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Meskipun daging memiliki kandungan protein, lemak dan juga kaya mineral, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan memicu berbagai jenis penyakit serius.

Selain itu, perhatikan juga pola makan yang tepat dan sehat yaitu dengan menghindari makan daging secara berlebihan di malam hari. Hal ini dikarenakan, pada malam hari tubuh hanya sedikit melakukan aktivitas yang dapat membakar kalori berlebih di dalam tubuh, sehingga kandungan kolesterol dan lemak di dalam daging akan mengendap di dalam tubuh yang dapat menyebabkan berat badan berlebih, meningkatkan kadar kolesterol jahat dan juga tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa tips mengolah daging kurban tetap aman dan sehat. Daging sapi dan daging kambing atau domba memang memiliki beberapa perbedaan seperti aroma, rasa dan juga tektur dagingnya. Daging kambing atau domba memang memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga tidak semua orang menyukai dagingnya. Namun ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar aroma dan rasa daging kambing tetap enak dan nikmat tanpa tercium aroma khas dari kambing tersebut.

Tips Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau Dan Alot

Berikut ini beberapa tips dan cara mengolah daging kambing atau domba agar tidak bebau dan alot, yaitu :

  1. Merebus Daging Kambing Dengan Campuran Lobak

Sebelum daging kambing dimasak, sebaiknya daging kambing direbus terlebih dahulu dengan menggunakan campuran potongan lobak secukupnya. Rebus daging selama 30 menit atau sampai tekstur daging terasa empuk, setelah itu angkat dan ambil dagingnya untuk anda masak sesuai resep masakan daging kambing favorit anda masing-masing.

  1. Siram Dengan Air Jeruk Nipis

Cara mengolah daging kambing atau domba berikutnya yaitu dengan cara menyiram daging kambing memakai air perasan jeruk nipis atau lemon segar, anda juga bisa menambahkan daun jeruk limau secukupnya agar aromanya semakin segar. Aroma dari jeruk nipis atau lemon mampu menghilangkan bau khas dari daging kambing, sehingga untuk anda yang tidak suka daging kambing, dijamin setelah menggunakan cara ini akan menyukainya.

  1. Jangan Di Cuci Dengan Air

Daging sapi atau kambing sebaiknya langsung dimasak tanpa perlu di cuci terlebih dahulu, karena aroma khas dari daging akan berkurang setelah di masak, asalkan proses memasaknya dilakukan dengan benar hingga matang sempurna. Pastikan anda memotongnya di tempat yang bersih dan jangan sampai daging terkena kotoran, jika ada bulu-bulu yang menempel cukup di cabuti saja sampai bersih. Daging kambing yang sudah siap diolah, tidak masalah jika disimpan di dalam kulkas sepanjang daging tersebut tidak dicuci dulu dengan air.

  1. Bungkus Dengan Daun Pepaya

Sebelum daging kambing di masak, sebaiknya bungkus terlebih dahulu dengan daun pepaya. Daun pepaya akan menjadi empuk dan untuk menghilangkan bau amis, anda bisa menambahkan potongan nanas saat membungkusnya dengan daun pepaya.

  1. Campur Dengan Jahe

Siapkan jahe secukupnya, lalu memarkan atau iris kasar dan campurkan dengan daging yang akan di masak. Aroma jahe yang kuat dapat mengurangi aroma tak sedap dari daging kambing.

Itulah beberapa tips mengolah daging kurban yang benar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara menambah berat badan yg alami
  • obat penurun panas yang baik
  • cara agar darah pada sapi bersih tanpa dicuci atau direbus
  • cara menghilangkan untuk memakan daging kurban yang wajib
  • cara mengolah daging qurban sapi
  • cara mengolah daging yg d sumpan dfreezeer
  • tips cara mengolah daging kurban

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

9 Tips Cara Mengolah Daging Kurban Sehat dan Aman | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: