15 Obat Herbal Alami Untuk Menyembuhkan Rematik

obat rematik alami

img by naturaltipsforhealth.com

Obat Rematik Alami – Salah satu masalah pada rematik yang banyak dikeluhkan terutama pada orang yang sudah usia lanjut adalah rematik. Rematik adalah suatu gangguan atau penyakit dimana otot atau persendian terasa sakit. Hal tersebut umumnya bisa disebabkan oleh peradangan maupun pembengkakan, sehingga hal tersebut dapat membuat bagian tersebut terasa nyeri bahkan sakit. Hal tersebut tentu menghambat kegiatan sehari-hati kita.

Gejala dan Ciri sakit Rematik

Rematik memiliki hubungan yang erat dengan asam urat, umumnya sakit rematik ini muncul disebabkan oleh tidak terkontrolnya kadar asam urat , disamping itu bisa juga disebabkan oleh faktor usia dan kesehatan seseorang.

Rematik memiliki beberapa gejala dan ciri pada penderitanya. Gejala yang timbul pada setiap penderita rematik berbeda-beda. Namun, secara umum gejala rematik adalah sebagai berikut:

  1. Pembengkakan dan nyeri pada sendi

Apabila terlalu sering terasa nyeri dapat menyebabkan sendi menjadi bengkak,dan jika dipegang akan terasa nyeri dan sakit.

  1. Sendi menjadi kaku pada pagi hari

Gejala rematik selanjutnya adalah kekakuan sendi pada pagi hari. Hal ini bisa berlangsung sekitar 1 jam. Hal ini biasanya dirasakan oelh penderita asam urat.

  1. Terdapat benjolan atau nodul

Gejala atau ciri rematik selanjutnya adalah adanya benjolan.hal ini disebabkan oleh adanya peradangan pada pembuluh darah kecil pada bawah kulit. Benjolan tersebut biasanya sebesar biji kacang hijau atau lebih besar.

  1. Adanya penumpukkan cairan

Gejala selanjutnya adalah adanya penumpukkan cairan di pergelangan kaki daerah lutu belakang. Penumpukan cairan yang banyak di lutut ini dinamakan Kista Baker.

Untuk mengatasi atau mengobati rematik, anda bisa menggunakan beberapa bahan herbal dan tradisional yang bisa anda manfaatkan. Lalu apa saja bahan herbal alami yang berkhasiat membantu menyembuhkan sakit rematik? Berikut ini adalah ulasannya.

Baca juga: 6 Obat Alami Sakit Pinggang

8 Cara mengatasi sakit pinggang

Obat Herbal Alami dan Tradisional Untuk Menyembuhkan Rematik

  1. Tanaman Lengkuas

Tanaman herbal pertama yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi sakit rematik adalah lengkuas. Untuk membantu mengatasi rematik dengan lengkuas,caranya cukup mudah, anda bisa menyediakan beberapa potong jari rimpang segar lengkuas. Bersihkan dahulu dengan mencucinya lalu parutlah, kemudian peraslah airnya dengan menggunakan kain bersih. Lalu gunakan air perasan ini dengan cara mengoleskan pada bagian yang terasa sakit.

  1. Daun Landep

Salah satu daun herbal yang bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi rematik adalah daun landep. Caranya menggunakannya,sediakan sekitar satu genggam, bersihkan terlebih dahulu, kemudian anda haluskan dengan cara menumbuknya. Lalu tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil mengaduk-aduknya hingga merata dan mengental. Lalu gunakan ramuan tersebut dengan cara dibalurkan pada bagian yang terasa nyeri.

  1. Bengle atau Panglai

Anda juga bisa menggunakan bengle atau panglai untuk membantu meringankan rematik. caranya anda bisa mengambil rimpangnya secukupnya, lalu rebuslah dengan air hingga mendidih sekitar 30 menit. Lalu Tunggu airnya hingga dingin, kemudian konsumsi ramuan tersebut. Selain baik untuk meringankan rematik, obat tersebut baik untuk penderita asma serta penderita cacingan.

  1. Brotowali

Tanaman herbal dan alami selanjutnya yang bisa anda manfaatkan adalah brotowali. Tanaman herbal yang memiliki rasa pahit ini bermanfaat membantu mengatasi segala jenis rematik. Caranya anda bisa menyiapkan batang brotowali sepanjang kurang lebih 10 cm, lalu bersihkan dan potong-potong sepanjang 3 cm, kemudian rebuslah bersama air sebanyak tiga gelas hingga tersisa setengahnya. Kemudian Saring dan tunggu hingga dingin, kemudian minumlah ramuan tersebut. sebaiknya minum 3 kali dalam sehari secara rutin supaya cepat sembuh.

  1. Daun Dandelion

Daun Dandelion memiliki beberapa kandungan diantaranya vitamin A serta vitamin C, daun dandelion bisa anda manfaatkan. Caranya kukus Daun Dandelion kemudian kunyah, nyeri sendi karena rematik bisa cepat mereda. Daun Dandelion sangat berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari darah serta memperbaiki kerusakan tubuh.

  1. Daun Kumis Kucing

Anda juga bisa memanfaatkan daun kumis kucing,caranya sediakan 1 sendok teh daun kumis kucing. lalu ambil juga daun meniran yang sudah dihaluskan sebanyak 1 sendok makan. Kemudian Rebuslah kedua daun tersebut dengan segelas air, rebus hingga mendidih, hingga menjadi ¾ gelas.lalu  Saringlah saat sudah dingin dan minum ramuan tersebut secara rutin.

  1. Daun Wungu

Anda bisa menyiapkan satu genggam daun wungu, kemudian bersihkan dengan mencucinya dahulu sebelum menumbuknya sampai halus. Lalu setelah halus Ramuan tersebut dapat Anda oleskan pada area tubuh yang sakit hingga terasa mereda hingga beberapa hari secara rutin.

  1. Daun Seledri

Bila biasanya seledri digunakan sebagai bumbu tabur dan membuat aroma masakan tambah sedap, dengan setangkai seledri yang sudah dicuci dan dilalap mentah setiap makan akan menyembuhkan rematik Anda. Jadikan lalapan setiap hari dan setiap kali Anda makan dan Anda akan merasakan khasiat besarnya.

  1. Daun Dewa

Rasa sakit akibat rematik bisa juga diredakan dengan memanfaatkan daun dewa. Tanaman herbal yang Anda butuhkan sebagai obat rematik hanya 30 lembar saja dan pastikan masih segar. Cuci lebih dulu, barulah direbus, kemudian Anda lumatkan. Peras untuk mendapatkan airnya, dan minumlah secara rutin.

  1. Daun Pandan Wangi

Alternatif obat herbal rematik yang bisa Anda coba di rumah adalah daun pandan wangi. Sediakan daun pandan segar sebanyak 3 lembar, cuci sampai bersih, lalu iris secara tipis-tipis. Setelah itu Anda bisa menyeduhnya dengan minyak kelapa ½ cangkir yang dalam keadaan hangat. Pakai ramuan ini sebagai obat oles atau gosok.

  1. Akar Sembung

Selain dari daun sembung, akar sembung pun sangat berkhasiat. Cukup dengan menyiapkan akar sembung 30 gram bersama daun gandarusa 60 gram, cuci keduanya sampai bersih, lalu potong-potong. Kedua bahan dapat langsung Anda rebus bersama air 3 gelas sampai menyusut hingga segelas. Saringlah saat sudah dingin, minum sehari 2 kali ½ gelas masing-masing.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki Kandungan yang bermanfaat yaitu kurkumin. Kandungan ini memiliki sifat anti inflamasi yang akan bekerja secara maksimal untuk membantu mengobati rasa nyeri akibat sakit rematik. Anda bisa merebus bubuk kunyit sebanyak 1 sendok makan dengan 1 liter air sampai mendidih; rebus kurang lebih selama 10 menit. Tunggu sampai dingin dan minumlah 2 kali sehari secara rutin.

  1. Daun Senggugu

Selain Anda bisa mengikuti pantangan rematik, obati dengan menggunakan daun senggugu. Sediakan daun senggugu yang muda plus ditambah dengan adas pulasari seperlunya. Tumbuklah kedua bahan sampai lembut, baru masukkan kapur sirih. Jika sudah jadi, ramuan dapat digunakan sebagai obat gosok seperti balsem.

  1. Akar Beluntas

Sakit Rematik serta rasa nyeri pada sendi lutut atau nyeri sendi pada anggota tubuh lainnya juga bisa Anda atasi menggunakan akar beluntas ini. caranya, sediakan akar beluntas secukupnya lalu bersihkan dengan mencucinya hingga bersih. lalu Rebus dengan menggunakan segelas air, lalu tunggu hingga mendidih, kemudian saringlah. gunakan ramuan tersebut dengan minum airnya selagi hangat sehari 1 kali setiap hari.

kata untuk mencari artikel ini:
  • PENYEBAB SAKIT LUTU DAN TELAPAK KAKI BENGKAK SERTA BADAN KALAU DI PEGANG SAKIT
  • obat alami pa yg dpt di gunakan tuk benjolan di lutut kaki
  • obat herbal untuk sakit pinggang dan rematik
  • obat herbal daun sirih dan balsem untuk bayi batuk berdahak
  • obat gosok yang buat cpt menyembuh kan sakit
  • obat gosok untuk ngronyo atau rematik
  • obat apa yang bisa menyembuhkan rematik dalam waktu singkat
  • Mengobati rematik darah dengan bubuk kunyit
  • menghilangkan benjolan akibat reumatik
  • menghilangkan benjolan akibat rematik
  • jamu alami kuyit untuk peyakit rematik terasa panas
  • cra menyenbuhkan rematik d daerah lutut dgan tanaman alami
  • cara memanfaatkan tumbuhan lengkuas sebagai obat rematik
  • cara herbal utk mengatasi sakit rematik dilutut
  • tumbuhan utk rematik
15 Obat Herbal Alami Untuk Menyembuhkan Rematik | Admin | 4.5
error: