9 Obat Asam Lambung Tradisional Secara Alami

Obat Asam Lambung Tradisional

Obat Asam Lambung Tradisional

9 Obat Asam Lambung Tradisional – Beragam jenis obat untuk mengatasi gangguan lambung sudah dapat dengan mudah kita jumpai di apotik ataupun toko obat. Obat tersebut memiliki sifat yang dapat menurunkan kadar asam di dalam lambung dengan cara meningkatkan jumlah pH, untuk sementara waktu rasa sakit akan hilang. Akan tetapi, tingkat kesembuhan pada gangguan lambung masih lemah, ini dikarenakan adanya erosi dan juga karena ketika seimbangan terhadap produksi kelenjar-kelenjar yang ada di dalam lambung.

Jika anda malas untuk minum obat apotik, solusi terbaik untuk mengatasi masalah lambung ini bisa dilakukan dengan pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan alami seperti tanaman obat. Tanaman obat terbukti cukup efektif untuk mengatasi gangguan pada lambung, mencegah peradangan, infeksi, memperkuat dinding mukosa, mengurangi efek kepekaan terhadap dinding lambung, memperbaiki fungsi dari kelenjar lambung dan juga seluruh bagian pada sistem pencernaan. Maka dari itu, penggunaan obat herbal merupakan solusi alternatif yang lebih baik untuk menyembuhkan gangguan pada lambung.

Daftar Obat Asam Lambung Tradisional

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat anda jadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah asam lambung, diantaranya yaitu :

  1. Andong (Cordyline fructicosa (Linn)

Andong yang memiliki rasa manis dan sedikit hambar ini ternyata dapat memberikan efek menyejukan. Andong dapat dijadikan sebagai obat herbal yang sangat ampuh untuk membantu menyembuhkan gangguan asam lambung, ini dikarenakan di dalam tanaman obat ini terdapat kandungan zat yang dapat berfungsi untuk menyejukan darah, dapat menghentikan pendarahan dan juga menghilangkan pembengkakan akibat memar.

Cara membuat ramuan obat asam lambung tradisional dari Tanaman Andong ini cukup mudah, yaitu siapkan 15-30 gram daun tanaman Andong yang sudah kering, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air rebusannya hanya tersisa 1 gelas saja. Saring dan dinginkan, lalu minum sampai habis minimal 1 gelas per hari.

  1. Anggrung (Trema Orientalis Bi)

Anggrung merupakan salah satu jenis tanaman yang juga sangat efektif untuk mengobati asam, karena di dalam tanaman obat ini terkandung senyawa seperti flavonoid, saponin dan juga polifenol yang terbukti ampuh dalam menyembuhkan asam lambung.

Cara membuat ramuan obat asam lambung dari Anggrung yaitu, siapkan 5 gram akar anggrung, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tunggu sampai air rebusannya tersisa 1 gelas saja. Setelah itu saring dan minum sampai habis selagi hangat. Untuk mempercepat proses penyembuhan, minum setidaknya 2 kali sehari pada pagi dan sore atau malam sebelum tidur sebanyak 1 gelas.

  1. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb)

Dengan sifatnya yang aromatik, tajam dan sedikit pedas temulawak dapat memberikan rasa hangat pada lambung. Selain itu, temulawak juga mengandung banyak zat yang mampu menyembuhkan masalah pada asam pambung seperti zat tepung, karbinol, protein, kurkumin, glikosida, toluil metil, serat, kalium oksalat dan I-sikloisopren myrsen. Tidak hanya itu, temulawak juga dapat menjadi obat maag tradisional yang dapat meredakan sakit maag dengan cepat dan aman.

Cara membuat ramuan obat tradisional dari temulawak ini yaitu, siapkan dan bersihkan temulawak sebanyak 30 gram, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tunggi hingga air rebusan tersisa 1 gelas saja. Setelah itu angkat dan dinginkan, minum air rebusan temulawak tersebut sampai habis dan lakukan pengobatan ini secara teratur 2 kali sehari sebanyak satu gelas per hari.

  1. Kunyit (Curcuma Longa Lin atau Curcuma domestica Val)

Tentunya anda semua sudah tidak asing lagi dengan tanaman obat yang satu ini. Kunyit merupakan tanaman yang biasa digunakan untuk membuat bumbu masakan, akan tetapi kunyit juga sudah sejak lama dan turun temurun sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Manfaat kunyit untuk kesehatan sendiri salah satunya dapat bermanfaat untuk mengobati asam lambung dan maag, ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan zat seperti caffed acid yang berfungsi sebagai anti peradangan atau anti inflamasi, anti bakteri dan masih banyak lagi zat-zat yang baik untuk kesehatan.

Cara membuat ramuan obat asam lambung dari kunyit ini anda cukup merebus kunyit sebanyak 20-25 gram yang sebelumnya telah dibersihkan di iris terlebih dulu, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tunggu sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Setelah itu angkat dan dinginkan, minum air rebusan kunyit tersebut 2 kali sehari sebanyak 1 gelas setiap sekali minum.

  1. Sambiloto (Andrographis paniculata)

Sambiloto sudah dipercaya sejak dulu sampai sekarang untuk dijadikan sebagai bahan obat herbal untuk mengatasi masalah asam lambung, ini dikarenakan sambiloto memiliki beberapa kandungan zat yang sangat baik untuk lambung seperti antrograhit, kalgemin, andrograpolit, garam natrium, garam kalium dan minyak goreng.

Cara membuat ramuan obat dari bahan herbal sambiloto yaitu, jemur sambiloto hingga benar-benar kering sebanyak 10-15 gram, lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Setelah itu, saring dan minum sampai habis dalam keadaan hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengobatan ini, sebaiknya minum air rebusan daun sambiloto ini 2 kali sehari pada pagi dan sore hari secara teratur sampai sembuh.

  1. Kumis Kucing (Orthosiphon Spicatus)

Untuk mengobati asam lambung dengan menggunakan tanaman kumis kucing, anda dapat merebus tanaman kumis kucing ini mulai dari daun dan batang tanamannya yang sebelumnya telah dikeringkan terlebih dahulu. Rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih dan dinginkan. Minum air rebusan tanaman kumis kucing tersebut sampai habis dan minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari.

  1. Kencur (Kaempferia galanga L.)

Tanaman obat lain yang efektif untuk mengobati asam lambung yaitu dengan menggunakan kencur. Hal ini dikarenakan, kencur memiliki kandungan zat seperti alkaloid, annisad, gom, asam metil kanis, borneol, , asam sinamat, etil ester, kamphene dan penta dekaan. Cara membuat ramuan obatnya pun cukup sederhana, anda cukup merebus kencur sebanyak 10-25 gram dan rebus dengan 2 gelas air. Biarkan air mendidih sampai tersisa sekitar 1 gelas, lalu minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

  1. ADAS (Foeniculum vulgare)

Manfaat tanaman Adas untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi, terutama untuk mengobati asam lambung, maag, mual dan perut kembung. Cara mengolah tanaman Adas untuk dijadikan sebagai obat asam lambung tradisional yaitu dengan merebus tanaman adas yang telah dikeringkan sebanyak 1-5 gram, lalu rebus dengan 2 gelas air dan  biarkan sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas saja. Setelah itu, saring airnya dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas dalam keadaan hangat.

  1. Kapulaga (Amomum Cardamomum)

Tanaman obat yang satu ini sangat berkhasiat untuk mengatasi asam lambung, maag, mual, muntah, perut kembung dan berbagai masalah pencernaan lainnya. untuk membuat ramuan obat alami dari bahan alami ini sangat mudah, anda hanya perlu merebus 3-5 buah kapulaga yang sebelumnya telah dikeringkan dengan dijemur, lalu iris-iris dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tunggu sampai air rebusan hanya tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut sampai habis selagi hangat, lakukan pengobatan ini 2 kali sehari sampai sembuh.

Itulah beberapa tanaman obat yang dapat anda jadikan sebagai obat asam lambung tradisional, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

9 Obat Asam Lambung Tradisional Secara Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: