11 Obat Asma Tradisional Secara Alami

Obat Asma Tradisional

Obat Asma Tradisional

11 Obat Asma Tradisional Secara Alami dapat menjadi solusi alternatif dari pengobatan medis, bahan obat yang digunakan pun cukup mudah didapatkan dan tentunya lebih murah. Meskipun pengobatan secara medis sering dijadikan pengobatan nomor satu, namun bukan berarti jika obat alami atau obat tradisional tidak ampuh untuk mengobati penyakit asma. Obat alami memang tidak secepat seperti obat kimia dalam mengobati suatu jenis penyakit, karena obat alami baru akan terasa khasiatnya jika dilakukan secara rutin dan konsisten. Selain itu, obat alami juga biasanya dapat menyembuhkan suatu jenis penyakit secara total, berbeda dengan obat-obatan kimia yang biasanya hanya bersifat sementara. Begitu pun dalam mengobati penyakit asma.

Selain itu, obat asma tradisional juga terbukti lebih aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya jia dikonsumsi dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan, bahan alami yang digunakan pun sudah sering kita gunakan baik dalam membuat bumbu masakan ataupun minuman sehari-hari. Tetapi perlu anda ketahui bahwa obat alami untuk penyakit asma ini masih sangat efektif diberikan kepada penderita asma yang masih tingkat ringan, namun jika sudah cukup parah sebaiknya dibarengi dengan pengobatan medis.

Obat Asma Tradisional Paling Ampuh

Penasaran, bahan alami apa saja yang digunakan untuk mengobati penyakit asma? Simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Jahe

Manfaat dan Khasiat Jahe bagi kesehatan

Bahan alami berikutnya yang bisa anda jadikan sebagai obat asma yaitu dengan jahe. Selain dapat menghangatkan badan, ternyata jahe juga sangat ampuh untuk membantu mengencerkah dahak dan mengeluarkan dahak yang menumpuk pada saluran pernafasan. Dengan minum air rebusan jahe secara rutin dan teratur setiap hari, maka membantu melancarkan saluran pernafasan anda dan nafas pun akan menjadi lebih ringan.

Cara membuat ramuan obat asma tradisional dari jahe ini cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan 1 ruas jahe. Iris jahe dan rebus dengan segelas air putih hingga mendidih, lalu angkat dan dinginkan. Setelah itu, campurkan 2 sendok makan madu agar rasanya lebih nikmat dan khasiatnya pun semakin ampuh. Untuk mencegah agar asma tidak kambuh, anda bisa minum 1 kali sehari pada pagi hari, namun jika asma sedang kambuh sebaiknya minum ramuan tersebut 2-3 kali sehari.

  1. Madu
madu

madu

Obat tradisional pertama yang ampuh untuk mengobati penyakit asma yaitu dengan mengkonsumsi madu. Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan dari hewan lebah, madu ini memiliki banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan tubuh dan salah satunya dapat mengobati asma. Madu sangat efektif untuk membantu mengencerkan dahak yang menghambat saluran pernafasan, sehingga dahak tersebut dapat lebih mudah untuk dikeluarkan.

cara mengobati asma dengan madu cukup dengan mencampurkan 2-3 sendok makan madu dengan segelas air hangat, minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Jika asma sedang kambuh, maka anda bisa meningkatkan dosisnya menjadi 3-4 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit untuk mendapatkan khasiat yang lebih ampuh.

  1. Buah Cermai
Buah Cermai

Buah Cermai

Biasanya kita sering menanfaatkan buah cermai atau cerme untuk dimakan, namun bunga dari pohon cermai juga bisa kita manfaatkan untuk dijadikan sebagai obat asma tradisional paling ampuh dan cepat dalam meredakan sesak nafas. Dalam pembuatan obat alami untuk meredakan asma, siapkan beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan seperti 6 biji buah cermai, 1 siung bawang merah dan ¼ genggam akar kara.

Cara membuat ramuan obat asma dari bunga cemai ini yaitu pertama-tama bersihkan buah cermai ini sampai bersih, lalu tumbuk bersama dengan bahan lainnya. Setelah itu, rebus dengan segelas air hingga mendidih dan tersisa setengah gelas. Setelah itu, saring airnya dan biarkan hingga dingin. Minum air rebusan buah cermai tersebut 2 kali sehari selagi hangat sampai sembuh.

  1. Bunga Kenanga Kering
Bunga Kenanga Kering

Bunga Kenanga Kering

Bunga kenanga merupakan jenis tanaman hias yang banyak kita temukan di pekarangan rumah, namun selain dijadikan sebagai tanaman hias, bunga kenanga ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat meredakan gejala asma dengan cepat.

Cara membuat ramuan obat asma tradisonal dari bunga kenanga kering yaitu siapkan 1 kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan segelas air putih hingga mendidih. Kemudian saring dan dinginkan, minum air rebusan bunga kenanga kering tersebut secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari untuk pengobatan atau 1 kali sehari untuk pencegahan agar asma tidak kambuh.

  1. Daun Ki Tolod
Daun Ki Tolod

Daun Ki Tolod

Mungkin daun tanaman ini masih terasa asing buat anda. Daun Ki Tolod merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit termasuk untuk menyembuhkan penyakit asma.

Cara membuat ramuannya yaitu, siapkan daun Ki Tolod sebanyak 2 lembar dan juga segelas air, lalu rebus dau Ki Tolod tersebut sampai mendidih dan air rebusan tersisa setengah gelas saja. Angkat dan saring airnya, kemudian minum ramuan tersebut selagi hangat minimal 2 kali sehari sampai asma sembuh.

Cara Mencegah Agar Asma Tidak Kambuh

Meskipun menurut medis bahwa penyakit asma ini tidak bisa disembuhkan, tetapi setidaknya usahakan agar asma tidak sering kambuh. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan lakukan untuk mencegah penyakit asma kambuh lagi.

  1. Sering Berjemur

Cara untuk mencegah penyakit asma agar tidak sering kambuh, sebaiknya anda sering berjemur di bawah matahari di pagi hari antara pukul 7 dan 8 minimal selama 30 menit. Lakukan cara ini setiap hari, karena selain dapat mencegah kekambuhan asma juga sangat baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya terlebih bagi anda yang kekurangan asupan vitamin D.

  1. Menghindari Alergen

Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, asma sering muncul akibat dari alergi. Maka dari itu, hindari berbagai hal yang dapat memicu alergi baik dalam makanan maupun lingkungan.

  1. Pilih olahraga yang tepat

Bagi penderita asma tidak disarankan untuk melakukan semua jenis olahraga, ada beberapa olahraga yang tidak diperbolehkan karena dapat memicu kekambuhan asma. Pilih jenis olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, berenang, yoga dan olahraga-olahraga ringan lainnya yang tidak menguras nafas terlalu berlebihan.

  1. Kelola suasana hati

Kondisi hati yang sering stres, marah dan lelah adalah suasana hati yang dapat mengundang kekambuhan asma. Oleh karena itu, kelola suasana hati anda agar merasa lebih tenang dan merasa bahagia agar menurunkan resiko kambuhnya gejala asma.

  1. Jaga berat badan

Penyakit asma juga bisa dipicu oleh karena faktor berat badan belebih. Maka jaga berat badan anda agar tidak terlalu gemuk, karena tumpukan lemak berlebih dapat memicu peningkatan peradangan dalam tubuh sehinga dapat memicu kambuhnya asma.

  1. Hindari Merokok

Merokok menjadi salah satu penyebab seseorang menderita asma, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan juga hindari area yang biasa digunakan untuk merokok. Hal ini dikarenkan, asap dan juga kandungan zat yang terdapat pada rokok dapat memperburuk kondisi kesehatan paru-paru anda, sehingga dapat menyebabkan penyakit asma semakin parah dan akan sering kambuh.

Itulah beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit asma kambuh. Di samping itu, anda juga wajib melakukan kontrol kepada dokter untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan pernafasan anda, dengan demikian anda akan mengetahui kondisi kesehatan anda dan mampu mengontrol asma dengan baik.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • minuman tradisional alami asma
  • Obat asma natural
  • obat asma yang mudah untuk kambuh dengan bahan yang mudah dicari tradional
  • obat sehat natural

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

11 Obat Asma Tradisional Secara Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: