Inilah Obat Alami untuk Menyembuhkan Batuk Berdahak

obat batuk alami untuk menyembuhkan batuk berdahak

Obat Alami Batuk Berdahak – Batuk adalah salah satu reaksi dari sistem pertahanan tubuh manusia untuk mengeluarkan zat asing atau kuman dari tubuh khususnya pada bagian saluran pernafasan. Batuk secara umum dibagi menjadi dua jenis, yakni batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menyembuhkan batuk berdahak dengan obat batuk alami.

Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru. Hal ini menyebabkan produksi dahak menjadi lebih banyak dari jumlah normal atau biasanya. Sehingga saat batuk, akan mengeluarkan dahak pada tenggorokan. Batuk merupakan mekanisme alami pada tubuh yang berguna mengeluarkan dahak dari tenggorokan untuk melegakan pernapasan.

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara menyembuhkan batuk berdahak? Apa saja obat batuk alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati batuk berdahak? Untuk mengetahuinya, silahkan baca pembahasannya pada artikel ini.

Penyebab Batuk Berdahak

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan batuk berdahak dengan obat batuk alami, sebaiknya kenali dulu apa saja penyebab timbulnya batuk berdahak.

Batuk berdahak secara umum disebabkan oleh beberapa gangguan seperti pilek, sinusitis, serta pneumonia. Tapi batuk juga bisa menjadi salah satu gejala atau tanda adanya penyakit lain seperti asma serta bronkitis kronis. Orang yang memiliki kebiasaan merokok serta memiliki sistem imun yang rendah biasanya lebih rentan terkena batuk.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang bisa terkena batuk berdahak:

1. Infeksi Saluran Pernafasan

Salah satu hal yang sering terjadi yang menyebabkan batuk berdahak yaitu disebabkan oleh adanya infeksi oleh virus atau bakteri pada saluran pernafasan kita.

2. Flu yang berat

Apabila anda terserang flu berat, itu juga merupakan kondisi yang bisa memicu anda terkena batuk berdahak. Selain mengganggu, terserang flu dan batuk berdahak membuat kita tidak merasa nyaman.

3. Peradangan atau inflamasi pada pernafasan

Selain menjadi penyebab batuk tidak berdahak, inflamasi atau peradangan pada pernafasan juga bisa menyebabkan anda terserang batuk berdahak.

4. Asam Lambung Meningkat

Meningkatnya asam lambung juga bisa memicu anda terserang batuk berdahak. Namun, penyebab ini cenderung relatif kecil menyebabkan batuk berdahak.

5. Asap rokok, Asap kendaraan, Polusi

Terlalu sering menghirup asap rokok juga bisa memicu anda terkena batuk. Selain itu, bagi anda yang sering asap kendaran serta polusi juga berdampak buruk untuk kesehatan pernafasan anda.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Batuk Kering Secara Alami

Obat Alami untuk Menyembuhkan Batuk Berdahak

Berikut ini adalah beberapa bahan herbal dan tradisional yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi batuk berdahak anda:

1. Jeruk Nipis & Madu / Kecap

Campuran antara keruk nipis dan kecap memang sudah dikenal sebagai obat batuk tradisional yang ampuh dan sudah banyak digunakan sejak dulu untuk membantu mengobati batuk berdahak. Apabila bagi anda yang tidak menyukai kecap, anda juga bisa menggantinya dengan campuran jeruk nipis dan madu sebagai obat batuk herbal untuk menghilangkan batuk berdahak.

Cara mengatasi batuk berdahak dengan jeruk nipis, sediakan 1 sampai 2 buah jeruk nipis. Lalu potong jeruk nipis menjad 2 bagian. Peras jeruk nipis untuk mengambil airnya. Lalu campurkan dengan kecap atau madu (pilih salah satu) secukupnya. Gunakan dengan minum 2 sampai 3 kali setiap hari.

2. Jahe & Kencur

Pada jahe memiliki kandungan zat anti-bakteri yang berguna untuk membuat tubuh hangat, selain itu jahe dapat dijadikan sebagai obat batuk tradsisional untuk menghilangkan batuk berdahak. Untuk anda yang saat ini mengalami batuk berdahak, dianjurkan untuk minum sari jahe setidaknya satu kali dalam sehari.

Cara menyembuhkan batuk berdahak dengan jahe, sediakan jahe 2 ruas serta kencur secukupnya. Kemudian iris atau potong jahe dan kencur menjadi beberapa bagian. Lalu rebuslah jahe dan kencur tersebut dengan air hingga mendidih. Kemudian saringlah rebusan jahe dan kencur tadi untuk mengambil airnya. Gunakan air rebusan jahe dan kencur untuk diminum setidaknya 1 kali dalam sehari.

3. Daun Sirih dan Jahe

Selain bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata, ternyata daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat batuk herbal alami untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan daun sirih, sediakan beberapa lembar daun sirih dan jahe secukupnya. Lalu rebuslah daun sirih dan jahe yang sudah dipotong-potong. Tunggu hingga rebusannya mendidih. Setelah itu minumlah rebusan daun sirih dan jahe tersebut minimal 1 kali dalam sehari untuk membuat tubuh tetap hangat.

Tips Meredakan Batuk Berdahak

Selain mengonsumsi obat batuk alami untuk mengobati batuk berdahak, ada beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk meredakan atau meringankan batuk berdahak yang menyerang anda

Berikut ini beberapa tips meredakan dan meringankan batuk berdahak

  1. Berkumur dengan air garam atau air putih. Salah satu tips untuk meredakan batuk berdahak adalah dengan berkumur-kumur dengan campuran air dengan garam.
  2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral.
  3. Jagalah suhu badan untuk tetap hangat. Anda bisa menggunakan jaket, selimut, atau yang lainnya untuk membuat tubuh anda tetap hangat.
  4. Istirahat yang cukup. Gunakan waktu luang anda untuk perbanyak istirahat
  5. Usahakan untuk menghindari kontak langsung dengan penderita flu dan batuk yang lain.
  6. Usahakan untuk mandi dengan air hangat untuk membantu tubuh anda tetap hangat.
  7. Bagi yang memiliki kebiasaan merokok atau perokok aktif, usahakan untuk mengurangi atau berhenti merokok agar tidak membuat batuk anda semakin parah.
  8. Hindari atau kurangi minum minuman beralkohol.
  9. Usahakan untuk menghindari polusi, debu, dan asap kendaraan. Jika anda bepergian usahakan memakai masker penutup hidung dan wajah.
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara menghilangkan batuk berdahak
  • cara mengobati batuk berdahak
  • cara menyembuhkan batuk berdahak
  • cara mengatasi batuk berdahak
  • mengatasi batuk berdahak
  • cara menyembuhkan batuk
  • mengobati batuk berdahak
  • batuk berdahak
  • menghilangkan batuk berdahak
  • obat batuk berdahak
  • cara meredakan batuk berdahak
  • cara mengobati batuk
  • obat alami batuk berdahak
  • cara menghilangkan batuk
  • cara mengobati batuk berdahak dan pilek
error: