Inilah Obat Batuk Berdahak Secara Alami dan Tradisional

obat batuk alami untuk menyembuhkan batuk berdahak

Obat Alami Batuk Berdahak – Batuk adalah salah satu reaksi dari sistem pertahanan tubuh manusia untuk mengeluarkan zat asing atau kuman dari tubuh khususnya pada bagian saluran pernafasan. Batuk secara umum dibagi menjadi dua jenis, yakni batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menyembuhkan batuk berdahak dengan obat batuk alami.

Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru. Hal ini menyebabkan produksi dahak menjadi lebih banyak dari jumlah normal atau biasanya. Sehingga saat batuk, akan mengeluarkan dahak pada tenggorokan. Batuk merupakan mekanisme alami pada tubuh yang berguna mengeluarkan dahak dari tenggorokan untuk melegakan pernapasan.

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara menyembuhkan batuk berdahak? Apa saja obat batuk alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati batuk berdahak? Untuk mengetahuinya, silahkan baca pembahasannya pada artikel ini.

Cara mengobati batuk berdahak yang biasa dilakukan masyarakat umum biasanya mereka memilih untuk meminum obat batu yang dijual di apotik atau yang diberikan oleh dokter. Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa batuk merupakan suatu penyakit yang umum menyerang banyak orang mulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa.

Penyebab batuk sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, ada batuk yang disebabkan oleh adanya benda asing yang masuk ke dalam saluran tenggorokan dan ada juga batuk yang disebabkan oleh suatu penyakit tertentu yang di derita oleh seseorang. Maka jika anda menderita batu yang berkepanjangan, baik itu jenis batu kering maupun batuk berdahak, maka sebaiknya anda tetap waspada karena bisa saja batuk yang anda alami tersebut disebabkan oleh penyakit seperti gangguan pada organ paru-paru atau bahkan kanker tenggorokan.

Penyebab Batuk Berdahak

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan batuk berdahak dengan obat batuk alami, sebaiknya kenali dulu apa saja penyebab timbulnya batuk berdahak.

Batuk berdahak secara umum disebabkan oleh beberapa gangguan seperti pilek, sinusitis, serta pneumonia. Tapi batuk juga bisa menjadi salah satu gejala atau tanda adanya penyakit lain seperti asma serta bronkitis kronis. Orang yang memiliki kebiasaan merokok serta memiliki sistem imun yang rendah biasanya lebih rentan terkena batuk.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang bisa terkena batuk berdahak:

1. Infeksi Saluran Pernafasan

Salah satu hal yang sering terjadi yang menyebabkan batuk berdahak yaitu disebabkan oleh adanya infeksi oleh virus atau bakteri pada saluran pernafasan kita.

2. Flu yang berat

Apabila anda terserang flu berat, itu juga merupakan kondisi yang bisa memicu anda terkena batuk berdahak. Selain mengganggu, terserang flu dan batuk berdahak membuat kita tidak merasa nyaman.

3. Peradangan atau inflamasi pada pernafasan

Selain menjadi penyebab batuk tidak berdahak, inflamasi atau peradangan pada pernafasan juga bisa menyebabkan anda terserang batuk berdahak.

4. Asam Lambung Meningkat

Meningkatnya asam lambung juga bisa memicu anda terserang batuk berdahak. Namun, penyebab ini cenderung relatif kecil menyebabkan batuk berdahak.

5. Asap rokok, Asap kendaraan, Polusi

Terlalu sering menghirup asap rokok juga bisa memicu anda terkena batuk. Selain itu, bagi anda yang sering asap kendaran serta polusi juga berdampak buruk untuk kesehatan pernafasan anda.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Batuk Kering Secara Alami

Obat Alami untuk Menyembuhkan Batuk Berdahak

Berikut ini adalah beberapa bahan herbal dan tradisional yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi batuk berdahak anda:

1. Jeruk Nipis & Madu / Kecap

Campuran antara keruk nipis dan kecap memang sudah dikenal sebagai obat batuk tradisional yang ampuh dan sudah banyak digunakan sejak dulu untuk membantu mengobati batuk berdahak. Apabila bagi anda yang tidak menyukai kecap, anda juga bisa menggantinya dengan campuran jeruk nipis dan madu sebagai obat batuk herbal untuk menghilangkan batuk berdahak.

Cara mengatasi batuk berdahak dengan jeruk nipis, sediakan 1 sampai 2 buah jeruk nipis. Lalu potong jeruk nipis menjad 2 bagian. Peras jeruk nipis untuk mengambil airnya. Lalu campurkan dengan kecap atau madu (pilih salah satu) secukupnya. Gunakan dengan minum 2 sampai 3 kali setiap hari.

2. Jahe & Kencur

Pada jahe memiliki kandungan zat anti-bakteri yang berguna untuk membuat tubuh hangat, selain itu jahe dapat dijadikan sebagai obat batuk tradsisional untuk menghilangkan batuk berdahak. Untuk anda yang saat ini mengalami batuk berdahak, dianjurkan untuk minum sari jahe setidaknya satu kali dalam sehari.

Cara menyembuhkan batuk berdahak dengan jahe, sediakan jahe 2 ruas serta kencur secukupnya. Kemudian iris atau potong jahe dan kencur menjadi beberapa bagian. Lalu rebuslah jahe dan kencur tersebut dengan air hingga mendidih. Kemudian saringlah rebusan jahe dan kencur tadi untuk mengambil airnya. Gunakan air rebusan jahe dan kencur untuk diminum setidaknya 1 kali dalam sehari.

3. Daun Sirih dan Jahe

Selain bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata, ternyata daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat batuk herbal alami untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan daun sirih, sediakan beberapa lembar daun sirih dan jahe secukupnya. Lalu rebuslah daun sirih dan jahe yang sudah dipotong-potong. Tunggu hingga rebusannya mendidih. Setelah itu minumlah rebusan daun sirih dan jahe tersebut minimal 1 kali dalam sehari untuk membuat tubuh tetap hangat.

Tips Meredakan Batuk Berdahak

Selain mengonsumsi obat batuk alami untuk mengobati batuk berdahak, ada beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk meredakan atau meringankan batuk berdahak yang menyerang anda

Berikut ini beberapa tips meredakan dan meringankan batuk berdahak

  1. Berkumur dengan air garam atau air putih. Salah satu tips untuk meredakan batuk berdahak adalah dengan berkumur-kumur dengan campuran air dengan garam.
  2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral.
  3. Jagalah suhu badan untuk tetap hangat. Anda bisa menggunakan jaket, selimut, atau yang lainnya untuk membuat tubuh anda tetap hangat.
  4. Istirahat yang cukup. Gunakan waktu luang anda untuk perbanyak istirahat
  5. Usahakan untuk menghindari kontak langsung dengan penderita flu dan batuk yang lain.
  6. Usahakan untuk mandi dengan air hangat untuk membantu tubuh anda tetap hangat.
  7. Bagi yang memiliki kebiasaan merokok atau perokok aktif, usahakan untuk mengurangi atau berhenti merokok agar tidak membuat batuk anda semakin parah.
  8. Hindari atau kurangi minum minuman beralkohol.
  9. Usahakan untuk menghindari polusi, debu, dan asap kendaraan. Jika anda bepergian usahakan memakai masker penutup hidung dan wajah.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Tradisional

Ada banyak sekali jenis obat batuk yang bisa anda dapatkan di apotik atau yang diberikan langsung oleh dokter, namun jika anda malas untuk pergi ke dokter karena batuk yang anda alami belum terlalu parah, maka tidak ada salahnya anda mencoba mengobatinya dengan menggunakan obat batuk alami atau tradisional yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Obat batu alami memang lebih aman dibandingkan dengan jenis obat batuk yang banyak di jual di apotik, karena di obat batuk tradisional lebih banyak mengandung bahan-bahan alami yang aman meski dikonsumsi dalam jangka panjang. Ada banyak sekali bahan alami yang bisa anda jadikan sebagai obat batuk berdahak tradisional, untuk lebih jelasnya bisa anda simak ulasannya dibawah berikut ini.

Obat Batuk Berdahak Tradisonal

1. Jahe

Mendengar nama jahe tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda, jahe sendiri merupakan salah satu bahan alami yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya dapat menyembuhkan batuk berdahak dengan cepat dan sekaligus dapat memberikan rasa hangat pada tanggorokan. Dengan demikian, dahak yang menumpuk pada saluran tenggorokan akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Cara membuat ramuanya yaitu :

  • Pertama-tama ambil 1-2 ruas jahe, lalu kupas dan cuci bersih.
  • Setelah itu, iris-iris dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Angkat dan dinginkan.
  • Setelah air rebusan jahe tersebut sudah cukup hangat untuk diminum, tambahkan 1-2 sendok makan madu dan minum sampai habis selagi hangat.
  • Minum secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari pada pagi dan malam.

2. Jeruk Nipis

Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis memang sudah digunakan oleh banyak kalangan masyarakat sejak dulu, bahkan dokter pun sering menyarankan kepada pasien yang terserang batuk ringan untuk lebih memilih minum obat alami yang terbuat dari air perasan jeruk nipis yang ditambah madu atau kecap. Air perasan jeruk nipis ini sangat efektif untuk membantu mengeluarka lendir pada saluran tenggorokan.

Cara membuat ramuannya yaitu :

  • Siapkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan campurkan dengan 1 sendok the kecap manis atau madu.
  • Minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur 3 kali sehari sampai batuk yang anda alami sembuh.

3. Kunyit

Selain sering digunakan untuk membuat bumbu masakan, dari dulu kunyit memang sudah sangat dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu dapat digunakan untuk mengobati batuk bedahak secara alami.

Cara membuat ramuannya yaitu :

  • Siapkan kunyit secukupnya, lalu kupas kulitnya dan cuci hingga bersih.
  • Setelah itu, parut kunyit dan peras airnya.
  • Campurkan air perasan kunyit ini dengan segelas air putih hangat atau segelas susu hangat yang dicampur dengan madu.
  • Minum secara rutin 2-3 kali sehari sampai batuk sembuh.

4. Daun Sirih

Daun sirih tidak hanya bermanfaat untuk mengobati masalah kesehatan pada kewanitaan saja, tetapi juga sangat ampuh untuk mengobati batuk berdahak.

Cara membuat ramuannya, yaitu :

  • Siapkan bahan-bahan seperti daun siri, cengkeh, kayu manis dan kapulaga sedikit-sedikit saja.
  • Kemudian rebus dengan 2 gelas air bersih hingga mendidih, setelah angkat jika kira-kira air rebusan tersebut sudah tersisa sekitar 1 gelas saja.
  • Biarkan hingga hangat, lalu minum secara teratur 2 kali sehari sampai batuk sembuh.
  • Jika anda tidak suka dengan rasanya, anda bisa menambahkan madu sesuai selera.

5. Lada Putih dan Madu

Kedua bahan alami ini memiliki khasiat yang cukup ampuh dan cepat menyembuhkan batuk berdahak, bahan obat tradisional ini sudah sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu.

Cara membuat ramuannya yaitu : Campurkan lada putih dan madu secukupnya, lalu seduh dengan air hangat dan minum secaraq rutin minimal 2 kali sehari sampai batuk sembuh.

6. Daun Kemangi

Daun kemangi ini memiliki aroma yang sangat khas, sehingga daun kemangi ini sering jadikan sebagai pelengkap dari suatu masakan. Selain itu, daun kemangi juga sudah sejak dulu sering dijadikan sebagai salah satu bahan obat batul tradisional yang efektif untuk meredakan batuk berdahak dan melegakan tenggorokan.

Cara membuat ramuannya yaitu :

  • Ambil satu genggam daun kemagi segar, lalu rebus dengan 1 gelas air putih hingga mendidih.
  • Setelah itu angkat dan dinginkan. Minum ramuan ini sampai habis selagi masih hangat setidaknya 2 kali sehari sampai batu yang diderita sembuh.

7. Minum Air Putih Hangat

Ketika anda sedang terserang batuk berdahak, maka pastikan anda sering minum air putih hangat. Air hangat bisa membantu mengencerkan lendir dan lendir atau dahak di dalam tenggorokan pun akan akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

Meskipun obat batu bedahak tradisional diatas diperbolehkan untuk diminum oleh anak-anak, namun anak-anak sering kali tidak menyukai rasanya sehingga pasti akan sangat sulit untuk diberikan. Dengan demikian, banyak anak yang lebih suka memilih jenis obat batu di apotik yang tersedia dalam banyak variasn rasa yang enak seperti rasa strawberry, melon, jeruk dan rasa lainnya.

Dari beberapa obat batuk alami diatas, anak-anak biasanya lebih menyukai ramuan obat yang terbuat dari jeruk nipis dan madu, karena rasanya yang lumayan enak dan manis. Jika anak anda memang suda dengan ramuan obat batuk alami ini, maka untuk anak usia 7-12 tahun, anda bisa memberikannya 4 kali sehari sebanyak 1 sendok makan, sedangkan untuk anak diatas satu tahun bisa anda berikan 2-3 kali sebanyak 1 sendok teh saja setiap harinya.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, maka sebaiknya pastikan anak anda jangan dulu dibiarkan bermain di luar rumah. Pakailah pakaian yang hangat dan sering berikan minum air putih hangat untuk membantu proses penyembuhan, sehingga dahak atau lendir akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa obat batuk berdahak tradisional yang bisa anda gunakan, semoga ulasan diata dapat bermanfaat dan semoga batuk yang anda derita lekas sembuh.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • obat batuk berdahak
  • cara mengobati batuk berdahak
  • cara menghilangkan batuk berdahak
  • obat batuk
  • cara mengatasi batuk berdahak
  • cara mengobati batuk
  • cara menyembuhkan batuk berdahak
  • obat batuk berdahak alami
  • cara menghilangkan batuk
  • batuk berdahak
  • obat alami batuk berdahak
  • cara menyembuhkan batuk
  • mengobati batuk berdahak
  • obat batuk berdahak tradisional
  • cara mengobati batuk berdahak dan pilek

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Inilah Obat Batuk Berdahak Secara Alami dan Tradisional | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: