8 Obat Batuk Kering Secara Alami Tradisional

Obat Batuk Kering

Obat Batuk Kering

8 Obat Batuk Kering Secara Alami Tradisional – Batuk kering merupakan salah satu jenis penyakit yang umum di alami banyak orang, tidak hanya pada orang dewasa saja tetapi juga bisa menyerang usia anak-anak. Ada banyak sekali jenis obat batuk yang bisa anda dapatkan di apotik, toko obat atau bahkan di warung-warung dekat rumah anda.

Selain membeli obat batuk di apotik, anda juga bisa membuat sendiri obat batuk tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa anda dapatkan di dapur anda. Obat batuk kering tradisional terbukti lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius ketika dikonsumsi dalam jangka panjang, karena di obat ini tidak mengandung bahan kimia yang dapat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Obat Batuk Kering Tradisioal Secara Alami

Ada banyak sekali bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk dijadikan obat batuk, beberapa bahan alami yang digunakan umumnya yang biasa ada di dapur anda untuk dijadikan sebagai bumbu masak. Penasaran, bahan alami apa saja itu? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Jahe Merah
Jahe Merah Untuk Obat Batuk

Jahe Merah Untuk Obat Batuk

Jahe merah memang sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu tanaman obat yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu dapat mengobati batuk kering. Jahe merah memiliki aroma yang khas, segar dan juga memiliki rasa sedikit pedas ternyata mampu menghangatkan badan serta tenggorokan. Khasiat jahe merah tidak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga dapat melawan kuman dan bakteri peyebab batuk.

Cara membuat ramuan obat batuk kering dari jahe merah ini cukup mudah, anda hanya perlu menyiap dua ruas jahe merah, lalu cuci hingga bersih dan pukul dengan benda keras agar sari jahe merahnya keluar. Setelah itu, rebus jahe merah yang sudah di memarkan dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah air rebusan jahe tersebut mendidih, saring airnya dan tuangkan ke dalam gelas dan biarkan sampai airnya hangat. Untuk menambah rasa nikmat, anda bisa menambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis. Minum secara teratur 2-3 kali sehari selagi hangat.

  1. Kunyit
Kunyit untuk obat batuk

Kunyit untuk obat batuk

Tentunya anda semua sudah sangat kenal dengan tanaman rimpang yang satu ini, selain dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat bumbu masakan, kunyit juga ternyata sudah digunakan sejak lama untuk dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Khasiat kunyit sendiri sangat banyak untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat meredakan batuk kering.

Cara membuat ramuan obat batuk kering tradisional dari kunyit ini sangatlah mudah, anda hanya perlu mempersiapkan 1-2 ruas kunyit, lalu kupas kulitnya dan iris kasar. Setelah itu, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air rebusan hanya tersisa 1 gelas saja. Selanjutnya, saring dan tuangkan ke dalam gelas dan anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis dan madu secukupnya. Minum air rebusan tersebut minimal 2 kali sehari sampai habis selagi hangat.

  1. Daun asam dan daun saga
Daun asam dan daun saga untuk obat batuk

Daun asam dan daun saga untuk obat batuk

Daun saga yaitu merupakan salah satu jenis daun tanaman herbal yang dipercaya sangat ampuh untuk meredakan batuk kering. Cara membuat ramuannya yaitu, siapkan satu genggam daun saga dan juga daun asam. Setelah itu, rebus dedaunan herbal tersebut dengan 3 gelas air hingga mendidih. Jika airnya sudah tersisa sekitar 2 gelas, saring dan tuangkan ke dalam gelas. Minum selagi hangat satu gelas di pagi hari dan satu gelas di sore hari, pastikan gelas yang kedua dihangatkan terlebih dahulu. Minum secara rutin dan teratur obat ini sampai batuk yang anda derita sembuh.

  1. Jeruk nipis
Jeruk nipis untuk obat batuk

Jeruk nipis untuk obat batuk

Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis memang sudah digunakan sejak dulu, bahkan dokter sekalipuj sering menyarankan untuk minum obat batuk alami dari air perasan jeruk nipis ini. Selain dapat mengobatu batuk, obat alami dari jeruk nipis juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena di dalam jeruk nipis terdapat kandungan sumber vitamin C yang sangat tinggi.

Cara membuat ramuan obat batuk kering tradisional dari jeruk nipis yaitu. Siapkan 1-2 buah atau satu sendok makan air perasa jeruk nipis, lalu campurkan dengan setu sendok teh kecap atau madu. Setelah itu, minum sampa habis 3 kali sehari sampai batuk sembuh.

  1. Serai
Serai Untuk Obat Batuk

Serai Untuk Obat Batuk

Jenis obat batuk kering tradisional lainnya yang tidak kalah ampuh yaitu serai. Umumnya tanaman ini sering dijadikan sebagai penambah aroma sedap pasa suatu masakan, akan tetapi dibalik fungsinya tersebut tanaman ini juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa yaitu dapat mengobati batuk kering dengan cepat.

Cara membuat ramuan obat batuk dari serai sangat mudah dan sederhana, yaitu siapkan terlebih dahulu satu batang serai dan buat kulit luarnya dan memarkan. Setelah itu, rebus dengan segelas air hingga mendidih dan angkat. Kemudian saring dan tuangkan ke dalam gelas, lalu tambahkan sedikit madu dan air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai sembuh.

  1. Daun kemangi
Daun kemangi untuk obat batuk

Daun kemangi untuk obat batuk

Selain dapat dijadikan sebagai lalapan dan penambah aroma pada masakan, daun kemangi juga sangat efektif untuk meredakan batuk kering. Caranya yaitu, siapkan segenggam daun kemangi segar, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus dengan segelas air hingga mendidih dan dinginkan. Minum ramuan tersebut 2-3 kali sehari sampai batuk sembuh.

  1. Daun Pare
Daun Pare Untuk Obat Batuk

Daun Pare Untuk Obat Batuk

Selain buahnya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat olahan masakan sayur, ternyata daunnya juga sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan obat batuk tradisional yang dipercaya sangat efektif untuk meringankan gejala batuk kering. Caranya yaitu, ambil segenggam daun pare, cuci terlebih dahulu hingga bersih dan rebus dengan 2 gelas air. Setelah air rebusan tersebut mendidih dan tersisa satu gelas saja, angkat dan saring airnya. Biarkan hingga air rebusa daun pare hangat dan minum 3 kali sehari.

  1. Daun Pegagan
Daun Pegagan

Daun Pegagan Untuk Obat Batuk

Jika rumah anda berada di pedesaan, maka pastinya anda akan sering menemukan tanaman pegagan di daerah pesawahan. Banyak orang yang tidak tahu jika daun pegagan ini sangat efektif untuk mengobati batuk kering, caranya yaitu dengan merebus segenggam daun pegagan dengan 2 gelas air. Rebusa sampai airnya hanya tersisa satu gelas saja, lalu saring airnya dan diamkan sampai cukup hangat untuk diminum. Minum secar rutin dan teratur 2 kali sehari sampai batuk sembuh.

Bagaimana, cukup banyak bukan obat herbal yang bisa anda jadikan obat batuk kering tradisional?

Demikianlah ulasan yang dapat kami paparkan, semoga dengan adanya informasi tersebut dapat menambah pengetahuan dan menjadi solusi ketika anda atau anggota keluarga anda ada yang sakit batuk dan belum sempat untuk membeli obat atau ke dokter.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh ya 😀

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • tanaman obat batuk kering
  • daun obat batuk
  • bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai obat batuk kering
  • minta obat batuk kering
  • mengobati batuk dengan daun
  • membuat obat batuk kering dg alami
  • membuat obat batuk kering dan kerias secara alami
  • kunir dan serai untuk obat batuk
  • hrrbal untuk batuk
  • Facebook obat batuk kering
  • cara menyembuhkan batuk kering minum obat apa
  • cara menggunakan bahan kunyit dan jahe untuk obat batuk kering
  • cara buat rebusan antanan untuk obat batuk kering
  • bikin obat batuk kering dari jahe
  • tanaman untuk batuk kering

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

8 Obat Batuk Kering Secara Alami Tradisional | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: