10 Obat Batuk Tradisional 100% Manjur

Obat Batuk Tradisional

Obat Batuk Tradisional

Obat Batuk Tradisional untuk Dewasa dan Anak-Anak – Batuk adalah suatu gejala yang dapat menyerang siapa saja, terlebih lagi ketika memasuki musim penghujan ataupun musim pancaroba. Batuk sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu seperti batu kering, batuk berdahak dan juga batuk pilek. Ketika kita terserang penyakit batuk apapun jenis batuknya, pastinya dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan bahkan dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Biasanya batuk dapat terjadi disebabkan oleh karena adanya benda asing seperti debu atau bakteri yang dapat merangsang selaput lendir di dalam tenggorokan. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa gatal dan tubuh pun berusaha untuk mengeluarkan benda asing tersebut dengan cara batuk. kondisi ini terbilang wajar, namun jika bantuk terus berlanjut tentunya harus segera di atasi dengan cara minum obat batuk yang bisa di dapatkan di apotik ataupun toko obat.

Ada banyak sekali obat batuk di apotik yang bisa anda dapatkan baik itu yang berbentuk obat tablet maupun sirup. Meskipun banyak obat batuk yang dijual bebas di pasaran, akan tetapi jika memang gejala batu yang di derita belum terlalu parah sebaiknya obati dengan menggunakan obat batu tradisional atau alami. Selaqin mudah di dapat, obat batuk alami lebih disarankan karena lebih aman tanpa menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Daftar Obat Batuk Tradisional Paling Ampuh

Ada beberapa obat batuk alami yang bisa anda gunakan, diantaranya yaitu :

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Jeruk nipis

Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis memang sudah bukan rahasia lagi, karena sudah sejak dulu bahkan hingga sekarang banyak dokter yang menyarankan untuk mengobati batuk dengan jeruk nipis terutama untuk diberikan kepada anak-anak. Jeruk nipis cukup efektif untuk mengobati batuk berdahak, karena jeruk nipis ini dapat membantu mengeluarkan lendir atau dahak di dalam saluran tenggorokan.

Batuk bardahak umumnya disebabkan oleh karena adanya peradangan yang terjadi pada lapisan lender pada saluran pernafasan, tetapi batuk berdahak juga bisa disebabkan oleh virus atau bakteri seperti influenza, tuberculosa dan campak. Untuk mengobati batuk berdahak dengan jeruk nipis ini bisa dilakukan dengan cara mencapurkan satu sendok teh air perasan jeruk nipis dengan satu sendok teh kecap manis, namun jika anda tidak suka dengan kecap manis bisa menggantinya dengan madu. Minum ramuan obat batuk berdahak alami ini 2-3 kali sehari.

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan bumbu masak yang sudah sering digunakan, di samping itu jahe juga ternyata sangat berkhasiat untuk mengobati batuk berdahak. Jahe atau juga dikenal dengan sebutan wedang jahe ini sudah sejak lama digunakan sebagai bahan obat batuk alami, sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih jahe sebagai obat batuk tradisional bagi keluarga anda.

Cara membuat ramuan obat batuk dari jahe ini cukup sederhana, anda cukup siapkan satu ruas jahe dan iris kasar. Setelah itu, rebus dengan segelas air dan biarkan hingga mendidih. Kemudian angkat dan tuangkan ke dalam gelas dan tambahkan sedikit madu. Minum ramuan dari jahe ini selagi hangat sampai habis, minum obat ini 2-3 kali sehari.

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Kencur

Bahan alami berikutnya yaitu kencur, kencur ini sangat berkhasiat untuk mengobati batuk dengan cepat dan dapat membuat tenggorokan terasa lega.

Caranya yaitu, siapkan satu ruas jahe dan kencur, lalu parut kedua bahan alami tersebut dan rebusa dengan segelas air hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusannya dan buang ampasnya. Minum ramuan obat batuk tradisional ini secara teratur 2-3 kali sehari.

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Daun sirih

Selain dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kewanitaan, ternyata daun sirih juga sangat manjur untuk dijadikan sebagai obat batuk alami.

Caranya yaitu, ambil 5-6 lembar daun sirih tua yang masih segar (tidak layu dan menguning). Lalu, robek-robek dan rebusa dengan segelas air hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan air rebusan daun sirih tersebut ke dalam gelas dan tambahkan sedikit madu jika anda tidak suka dengan rasanya. Minum aire rebusan daun sirih tersebut selagi hangat setidaknya 2 kali sehari sampai sembuh.

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Belimbing wuluh

Jika anda penyuka sayuran, maka pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu bahan untuk membuat sayuran ini, namun kadang juga belimbing wuluh suka digunakan untuk membuat manisan. Meskipun rasanya lumayan asam, belimbing wuluh juga sangat berkhasiat untuk mengobati batuk.

Caranya yaitu, ambil sepuluh buah belimbing wuluh dan bersihkan. Setelah itu, haluskan dengan cara di parut dan masukan hasil parutan tersebut pada segelas air putih panas. Tambahkan sedikit garam dan aduk-aduk, lalu saring airnya dan minum air saringan belimbing wuluh tersebut 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur.

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman rimpang yang sangat berkhasiat dan dapat berfungsi sebagai antibiotik alami, sehingga obat alami ini dapat mengatasi peradangan pada saluran pernafasan yang dapat menjadi faktor penyebab batuk kering. Caranyanya cukup mudah, ambil satu sendik teh kunyit bubuk dan setengah sendok teh lada bubuk. Campurkan keduanya ke dalam segelas air panas, lalu aduk hingga semua bahan tercampur merata. Biarkan ramuan obat batuk alami ini hangat, lalu minum sampai habis dua kali sehari.

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Cabe jawa dan Madu

Madu memang sudah teruji secara klinis memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat meringankan gejala batuk. Untuk mengobati batuk dengan cepat, maka anda bisa mencampurkan madu dengan cabe jawa. Caranya yaitu, siapkan madu secukupnya dan campurkan dengan 6 gram cabe jawa yang telah dihaluskan. Setelah itu, minum secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai sembuh.

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Daun Kayu Putih

Selain dapat digunakan uhtuk menghangatkan tubuh, daun kayu putih juga sangat manjur untuk mengobati batuk dengan cepat. Caranya yaitu, ambil 10 lembar daun kayu putih dan rebus dengan satu gelas air hingga mendidih. Angkat dan biarkan hingga siap untuk diminum, minum secara rutin 2-3 kali sehari selagi hangat.

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Asam jawa dan Gula merah

Asam jawab dan gula merah memang sudah sering kita jumpai di dapur untuk keperluan memasak, namun selain untuk membuat bumbu masakan kedua bahan alami ini juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat batuk alami. Caranya yaitu, ambil 10 biji asam jawa, lalu seduh dengan segelas air dan tambahkan gula merah secukupnya. Aduk semua bahan hingga tercampur merata, lalu saring dan minum ramuan tradisional ini sampai habis.

  1. Cara Mengobati Batuk dengan Jahe merah

Jahe merah memang sangat terkenal memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan dengan jehe biasa, harga jahe meah pun jauh lebih mahal. Jahe merah ini sangat efektif untuk mengobati batuk kering. Caranya yaitu, kupas kulit jahe merah, lalu kunyah dan hisap airnya. Lakukan pengobatan ini secara rutin minimal 2 kali sehari sampai batuk sembuh.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati batuk dengan cepat dan aman tanpa efek samping. Obat batuk tradisional ini dapat dengan mudah anda dapatkan disekitar anda dan harganya pun tergolong murah. jika lebih dari 3 hari batuk tidak kunjung sembuh, sebaiknya kunjungi dokter.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • obat batuk dari daunan
  • obat batuk manjur
  • obat batuk alami untuk dewasa
  • obat batu
  • Obt batuk alami
  • obat batuk tr
  • Daunan utk obat batuk pada anak
  • obatbatuk
  • daun obat batuk ampuh
  • ramuan obat batuk tradisional tidak berdahak paling ampuh
  • Membuat obat batuk tradisonal
  • obat alami batuk dengan kondisi tua
  • obat bantuk
  • batuk tak kunjung sembuh obatnya dari daun dan biji2 an apa yang ampuh
  • obat batuj alami

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Obat Batuk Tradisional 100% Manjur | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: