20 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Konsumsi

Daftar Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Konsumsi – Kehamilan adalah suatu masa yang sangat di tunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri, terutama bagi mereka yang beru membina rumah tangga baru. Bagaimana tidak, kehadiran sang buah hati tentunya akan melengkapi kebahagiaan di dalam rumah tangga dan suasana di dalam rumah pun akan semakin ramai dengan bertambahnya anggota keluarga baru.

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Konsumsi

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Konsumsi

Namun tidak sedikit para suami yang berubah menjadi lebih protective terhadap kesehatan istri yang sedang hamil, perubahan tersebut terbilang wajar mengingat kesehatan ibu hami sangat perlu di jaga karena sangat mudah terserang penyakit yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Bagi wanita yang sedang hamil akan membagi sistem imun di dalam tubuhnya untuk janin di dalam kanudngan. Jika tubuh ibu hamil mengalami kekurangan asupan nutrisi, cairan dan kurang mendapatkan istirahat yang cukup, maka dapat berakibat pada melemahnya daya tahan tubuh sehingga dapat memicu gangguan pernafasan. Dari sekian banyak jenis penyakit yang kerap di derita ibu hamil yaitu batuk. Pada saat ibu hamilm sedang menderita batuk, sering kali ibu merasa bingun mau minum obat apa. Pasalnya, ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan, karena tidak semua obat batuk aman untuk diberikan kepada ibu hamil.

Nah, jika anda mengalami kondisi seperti ini. sebaiknya anda minta kepada suami untuk mengantar anda ke dokter atau bidan untuk berkonsultasi mengenai panyakit yang sedang anda derita.

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Konsumsi

Menurut informasi yang telah kami dapatkan dari beberapa sumber situs online terpercaya bahwa tidak ada jenis obat batuk yang aman 100% dikonsumsi oleh ibu hamil. Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh US Food and Drug Administration (FDA) terhadap hewan yang sedang hamil dan hasilnya membuktikan bahwa adanya efek yang terjadi pada janin yang di kandungnya. Hal ini membuktkan bahwa tidak semua jenis obat-obatan yang cocok dan aman untuk ibu hamil meskipun penelitian ini tidak langsung di berikan kepada manusia. Jika memang sudah terpaksa, maka sebaiknya telah mendapatkan izin dari dokter atau bidan.

Jenis obat batuk alami yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil yaitu obat batuk yang mengandung ekspektoran seperti natrium sitrat, amonium klorida, gliserol iodinasi, kalsium iodida, ipecac guaifenesin (GG) , guaiacolsulfonate dan juga mengandung kalium iodida. Jenis-jenis obat tersebut juga memiliki kandungan dekongestan, antihistamin, antitusif dan juga analgesik.

Mengkonsumsi obat batuk atau piliek hanya sesekali saja, maka tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya, namun jika terlelu sering dan berlebihan akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada janin di dalam kandungan atau bayi yang baru lahir.

Berikut ini adalah beberapa jenis Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Konsumsi, diantaranya yaitu :

  • Acetaminophen atau Parasetamol

Kandungan Paracetamol yang terdapat pada obat batuk aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Obat ini tidak akan menyeabkan bayi lahir dalam kondisi cacat atau prematur, maka jenis obat ini bisa dikategorikan sebagai obat batu yang akan untuk wanita hamil dan bahkan dapat dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui.

  • Antihistamin

Obat batuk yang mengandung Antihistamin juga sangat aman di konsumsi oleh ibu hamil, anda bisa menanyakan ke apotik terdekat untuk mencari obat batuk ini.

  • Kafein

Menurut hasil dari studi kasus yang diberikan secara langsung kepada manusia kandungan kafeein tidak menyebabkan cacat lahir, sehingga kafein ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun ada juga kasus yang pada wanita hamil yang mengkonsumsi kafein secara berlebihan sekitar 12-24 gelas per hari, sehingga menyebabkan terjadinya cacat kelahiran.

  • Pseudoefedrin

Menurut hasil studi yang dilakukan pada hewan menunjukan bahwa bayi hewan yang diberi obat ini memang tidak mengalami cacat lahir, tetapi bayi hewan ini mengalami kelainan pada berat badan yang berada di bawah rata-rata.

Cara Mengobati Batuk Pada Ibu Hamil

Berikut ini merupakan beberapa cara mengobati batuk pada ibu hamil yang telh di rekomendasikan oleh para dokter. Diantaranya yaitu :

1.Mengkonsumsi Madu dan Pappermint

Minum madu yang telah dikombinasikan bersama dengan bahan alami lain seperti Pappermint, kedua bahan ini ternyata sangat efektif untuk meredakan batu saat hamil. Obat batuk ini sudah dibuktikan banyak orang dapat menyembuhkan batuk dalam waktu yang cukup singkat.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Setelah mengkonsumsi madu dan peppermint, maka sebaiknya adna melakukan upaya untuk mempercepat proses untuk memulihkan infkesi pada saluran pernafasan. Anda bisa memulai dari mencukupi kebituhan cairan tubuh dengan minum air putih hangat yang banyak, karena pasokan cairan di dalam tubuh akan berguna untuk membantu melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh dan sekaligus membantuk meningkatkan perkembangan janin di dalam kandungan.

3. Menghirup Uap Panas

Cara mengobati batu secara alami untuk ibu hamil juga dapat menggunakan cara menghirup uap panas.

Caranya yaitu :

  • Rebus air bersih hingga mendidih, lalu tuangkan ke dalam wadah atau baskom untuk menampung air.
  • Setelah itu, dekatkan wajah anda pada baskom yang berisi air panas dan hirup uang panas dari air tersebut. Namun saat melakukan cara ini, pastikan anda menututpi kepala anda dengan menggunakan handuk basah. Sehingga uap tidak akan banyak yang terbuang.
  • Terus lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur sampai pernafasan anda membaik dan nyaman.

4. Istirahat Cukup

Pada saat batuk dan pilek menyerang, maka dampak negatifnya akan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Cara terbaik untuk membasmi virus dan bakteri ketika imun tubuh dalam kondisi lemah, maka dengan perbanyak istirahat dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

5. Mengeluarkan Dahak

Obat batu yang mengandung ekspektoran memang sangat efektif untuk mengncerkan dahak, maka minum secara rutin dan teratur sesuai anjuran obat batuk yang mengandung ekspektoran. Selain itu, jika anda sedang batuk, usahakan anda mengeluarkan dahak. Jika dahak di biarkan menumpuk pada saluran pernafasan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain, seperti yang telah kita ketahui bahwa dahak dapat membantu mengeluarkan bakteri dan juga kotoran yang dapat membahayakan tubuh.

6. Hindari Aktivitas berat

Ketika sedang hamil, hindari melakukan aktivitas terlalu banyak apalagi jika sedang menderita batuk. Sebaiknya anda perbanyak waktu untuk bersantai seperti mendengarkan musik favorit, membaca majalah dan aktivitas lain yang dapat membuat anda lebih rileks.

Baca Juga : 

7. Cukupi Asupan Vitamin C

Vitamin C ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh, salah satunya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga dapat bekerja sebagai antioksidan yang penting untuk ibu hamil dalam menangkal serangan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin C yaitu buah jeruk, lemon, pepaya dan masih banyak lagi sumber vitamin C lainya.

Nah, itulah ulasan kesehatan mengenai Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Konsumsi, semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk para ibu hamil dan dapat menambah pemahaman anda semua.

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat batuk untuk ibu hamil
  • obat batuk yang aman untuk ibu hamil
  • obat batuk ibu hamil
  • obat batuk yg aman untuk ibu hamil
  • obat batuk aman untuk ibu hamil
  • obat batuk buat ibu hamil
  • obat batuk pilek untuk ibu hamil
  • obat batuk untuk
  • obat batuk yang aman buat ibu hamil
  • obat batuk yg aman buat ibu hamil
  • obat batuk bumil
  • obat batuk gg untuk ibu hamil
  • obat batuk orang hamil
  • obat batuk utk ibu hamil
  • obat batuk ibu

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

20 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Aman Konsumsi | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: