50 Obat Diare (Mencret) Tradisional Paling Majur

Daftar Obat Diare (Mencret) Tradisional Terbaru – Diare merupakan suatu kondisi dimana ditandai dengan tinja yang berbentuk encer pada saat BAB. Frekuensi BAB pun lebih sering jika dibandingkan pada saat kondisi saat sedang normal. Penyebab diare sendiri biasanya sering disebabkan oleh karena mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh kuman, bakteri, virus ataupun parasit. Gangguan diare biasanya dapat berlangsung selama beberapa hari, namun terkadang ada juga pasien diare yang menderita diare selama berminggu-minggu.

Obat Diare (Mencret) Tradisional

Obat Diare (Mencret) Tradisional

Di Indonesia, penyakit diare ini memang telah menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi dan bahkan menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi yang menduduki peringkat ke 13. Sedangkan untuk kategori penyakit menular, diare merupakan salah satu jenis panyakit peling menular ketiga setelah penyakit Pneumonia dan juga TBC. Data tersebut merupakan hasil riset dari Departemen Kesehatan RI pada tahun 2007, diare sendiri lebih sering menyerang usia balita dibandingkan dengan anak-anak dan dewasa. Meskipun demikian, penyakit diare ini dapat berdampak fatal pada usia dewasa sekalipun jika penderita telah mengalami dehidrasi yang disebabkan karena terlalu banyak kehilangan cairan tubuh. Maka dari itu, jangan pernah anggap sepele meskipun masalah kesehatan ini umum terjadi di masyarakat.

Apa saja gejala yang ditimbulkan pada penderita diare?

Gejala Diare

Gejala diare sendiri cukup beragam, pada awalnya akan timbul rasa sakit pada perut secara singkat dengan mengeluarkan tinja dengan bentuk yang tidak terlalu encer dan bahkan ada juga yang sampai mengalami kram pada bagian perut dengan mengeluarkan tinja dengan bentuk yang sangat encer. Biasanya, jika penyakit diare ini sudah cukup parah, kemungkinan besar penderitanya akan mengalami demam yang disertai dengan mengalami kram pada perut yang cukup menyiksa.

Penyebab Diare

Secara umum, penyebab diare yang dialami oleh usia anak-anak dan dewasa yaitu disebabkan karena adanya infeksi pada usus. Infeksi usus ini dapat terjadi pada saat kita mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang telah terkontaminasi. Beberapa mikroorganisme yang sering kali menjadi pemicu infeksi usus yaitu virus, bakteri dan juga parasit.

Diarea juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

  • Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Sering merasa gelisah
  • Akibat dari minum minuman beralkohol dan juga minum kopi secara berlebihan

Menurut hasil dari pemeriksaan medis. Biasanya dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada pasien seputar gejala apa saja yang di alami dan juga akan dilakukan pemeriksaan fisik serta memeriksa kondisi pasien apakah mengalami dehidrasi atau tidak. Sedangkan pada beberapa kasus yang pernah terjadi, dokter akan melakukan pemeriksaan rektum, tinja atau darah sebelum menentukan jenis obat yang akan diberikan.

Namun jika kondisi diare yang dialami belum terlalu parah, maka penyakit ini masih dapat di obati dengan cara pengobatan alami. Namun jangan pernah menggonta-ganti jenis obat alami sbelum terjadi reaksi dari dalam.

Obat Diare (Mencret) Tradisional

1. Daun Kayu Putih

Bahan yang dibutuhkan :

  • Daun kayu putih kering, 5-10 lembar
  • Air bersih, 2 gelas

Cara membuat :

Pertama-tama didihkan air, lalu masukan daun kayu putih yang telah disiapkan dan tunggu sampai air hanya tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan daun kayu putih dalam kondisi hangat 1 hari 1 gelas sampai sembuh.

2, Daun Sendok

Bahan yang dibutuhkan :

  • Daun sendok segar, 30 gram
  • Air bersih, 2 gelas

Cara membuat :

Didihkan air dan masukan semua daun sendok, tunggu sampai mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas. Minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari ½ gelas di pagi hari dan ½ gelas di sore hari. Lakukan pengobatan ini sampai sembuh.

3. Daun Kesumba Keling

Bahan yang dibutuhkan :

  • Daun kesumba keling, ½ genggam
  • Air bersih, 2 gelas

Cara membuat :

Sebelum direbus, bersihkan terlebih dahulu daun kesumba keling dengan ari mengalir, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan daun kesumba keling secara rutin dan teratur 2 kali sehari dengan dosis ½ gelas pada pagi dan sore hari. Jika anda tidak suka dengan rasanya, maka anda dapat menambahkan madu secukupnya.

4. Daun Komfrey

Bahan yang dibutuhkan :

  • Daun Komfrey segar, 4 lembar
  • Garam dapur halus, secukupnya
  • Air bersih, 4 gelas

Cara membuat :

Cara pertama

Rendam daun komfrey dengan air garam sampai layu, lalu cuci bersih. Makan Daun Komfrey 2 kali sejari sebagai lalapan atau juga dapat langsung di makan tanpa nasi.

Cara kedua

Tuangkan 2 gelas air bersih pada blender, lalu masukan Daun Komfrey yang telah dibersihkan dan haluskan. Setelah itu, saring airnya dan minum 2 kali sehari satu gelas.

Cara ketiga

Rebusa Daun Komfrey segar dengan 3 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa 2 gelas saja, lalu angkat dan biarkan hingga hangat. Setelah itu, ambil airnya dan minum 2 kali sehari 1 gelas.

5. Bubuk Kulit Kayu Manis

Bahan yang dibutuhkan :

  • Bubuk kulit kayu manis, 1 ½ gram
  • Air panas, secukupnya

Cara membuat :

Seduh bubuk kulit kayu manis yang telah disediakan dengan air panas, lalu saring airnya dan biarkan sampai hangat. Lelu, minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari pada pagi dan sore hari sebanyak 1 gelas.

6. Tanaman Anting-anting

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tanaman Anting-anting, 40 gram
  • Air matang, 2 gelas

Cara membuat :

Bersihkan terlebih dahulu Tanaman Anting-anting, lalu tuangkan air dan rebus hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. setelah itu, minum ramuan tersebut sebanyak ½ gelas 2 kali sehari sampai sembuh.

7. Rimpang Empu Kunyit

Bahan yang dibutuhkan :

  • Rimpang Empu Kunyit, 1 ruas jari
  • Kapur sirih, 1 sdt
  • Air bersih, 2 gelas

Cara membuat :

Pertama-tama iris tipis Rimpang Empu Kunyit, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidin dan hanya tersisa 1 gelas saja. Angkat dan tuangkan air rebusan, diamkan sampai hangat dan siap untuk di minum. Minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari ½ gelas sekali minum.

8. Akar Jeruk Nipis

Bahan yang dibutuhkan :

  • Akar Jeruk Nipis, 2-4 potong
  • Air bersih, 5 gelas

Cara membuat :

Bersihkan terlebih dahulu Akar Jeruk Nipis dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Lalu rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas saja, lalu angkat dan biarkan sampai cukup hangat untuk diminum. Minum air rebusan Akar Jeruk Nipis tersebut secara rutin da teratur 3 kali sehari 1 gelas sekali minum, teruskan sampai diare sembuh total.

Baca Juga:

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat obat diare tradisonal?

Catatan :

  • Pilih salah satu obat diare tradisonal yang menurut anda cocok dan jangan digonta-ganti karena efeknya kurang baik.
  • Jika dalam 3 hari tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Itulah beberapa jenis obat diare tradisonal yang dapat kami bagikan, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat dan cocok untuk anda yang sedang menderita diare.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

error: