Obat Gusi Bengkak Medis dan Tradisional (Serta Pencegahan)

Obat Gusi Bengkak Medis dan Tradisional

Obat Gusi Bengkak Medis dan Tradisional

Obat Gusi Bengkak Medis dan Tradisional – Gusi bengkak adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat umum kita temui, bahkan mungkin pernah kita alami. Gejala gusi bengkak ini biasanya ditandai dengan terjadinya pembesaran atau gusi menggelembung yang terasa adanya tonjolan. Pada beberapa kasus yang terjadi, gusi bengkak ini dapat terjadi cukup lama dan berukuran besar, sehingga dapat menutupi seluruh bagian gigi.

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh banyak faktor, beberapa faktor penyebab gusi bengkak yang umum terjadi yaitu :

  • Peradangan Pada Gusi

Jika terdapat peradangan atau iritasi pada gusi sering kali menyebabkan pembengkakan pada gusi. Radang gusi atau lebih dikenal dalam istilah medis yaitu gingivitis dapat terjadi dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jika kita jarang membersihkan gigi, maka akan banyak plak yang menempel pada gigi dan jika dibiarkan dalam waktu lama akan berubah menjadi karang gigi yang sangat sulit untuk dibersihkan dan dapat menusuk pada gusi. Jika kondisi seperti ini tidak segera diobati, maka lama kelamaan bisa membuat kerontokan pada gigi.

  • Kehamilan

Pada saat memasuki masa kehamilan, maka biasanya hormon di dalam tubuh akan mengalami peningkatan dan dapat menyebabkan aliran darah pada gusi akan lebih mudah terkena iritasi. Pada akhirnya gusi akan mengalami pembengkakan dan terjadinya perubahan hormon ini akan berpotensi besar terjadi peradangan pada gusi, ini dikarenakan tubuh kita tidak memiliki kemampuan untuk melawan serangan bakteri penyebab dari infeksi gusi.

  • Kurangnya Asupan Vitamin C dan Nutrisi Lainnya

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat berperan penting dalan menjaga kesehatan tubuh, jika tubuh kita kekurangan vitamin C dapat memicu berbagai gangguan kesehatan seperti lebih mudah terkena infeksi karena menurunnya sistem imum tubuh, anemia, sariawan dan juga gusi bengkak. Selain itu, kekurangan vitamin C juga dapat memicu terjadinya pembengkakan pada gusi jika sedang mengalami defisiensi. Bahkan ada juga nutrisi lainnya yang dapat memicu masalah kesehatan gigi dan gusi apabila kebutuhannya tidak terpenuhi dengan baik, salah satunya yaitu asam folat karena asam folat ini berperan penting dalam melakukan proses sintesis protein, meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga fungsi sel agar dapat berfungsi secara normal dan juga dapat mencegah gangguan pada gusi seperti hal nya gusi bengkak atau gingivitis.

  • Plak Gigi

Jika terjadi infeksi yang disebabkan oleh karena bakteri dan melekat pada sela-sela gigi atau di dalam mulut dapat berakibat buruk bagi kesehatan mulut, plak gigi juga dapat memicu terjadinya pembengkakan pada gusi. Jika plak yang menempel pada gigi tidak segera dibersihkan, maka resiko berbagai gangguan kesehatan mulut dan gigi pun akan semakin besar. Kondisi ini akan semakin bertambah parah seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan abnormal jamur candida yang terdapat pada mulut.

  • Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol atau penggunaan jenis obat-obatan yang mengandung alkohol seperti hal nya dengan obat kumur sangatlah tidak disarankan, ini dikarenakan alkohol dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti memicu terjadinya iritasi pada jaringan gusi, gangguan pola makan dan bagi pada pecandu alkohol dapat menyebabkan terjadinya kerusakan secara permanen pada gigi dan gusi.

  • Pemakaian Gigi Palsu atau Kawat gigi

Pemakaian gigi palsu atau kawat gigi yang tidak tepat atau kurang pas dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada gusi, kondisi ini juga dapat disebabkan karena tambalan gigi, karena sisa-sisa makanan dan bakteri yang ikut serta menempel pada sela-sela gigi akan memicu terjadinya pembengkakan pada gusi. Maka dari itu, sebaiknya jangan sembarangan memasang gigi palsu atau kawat gigi. Kunjungi dokter gigi terdekat dan berpengalaman dalam hal ini.

Lalu, bagaimana cara mengobati gusi bengkak?

Cara Mengobati Gusi Bengkak

cara mengobati gusi bengkak sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara medis dan juga cara alami. Kadua metode pengobatan ini akan kami ulas secara lengkap dan anda bisa simak ulasannya dibawah berikut ini.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Medis

Di dalam dunia medis, masalah kesehatan ringan seperti terjadi pembengkakan padea gusi dapat diatasi dengan cara memberikan banyak perhatian dalam urusan kebersihan mulut dan gigi. Bersihkan gigi secara rutin dan teratur dengan menggosok gigi dua kali sehari, bersihkan juga sela-sela gigi dengan menggunakan alat seperti benang gigi.

Untuk mengobati gusi bengkak, pasien atau penderita sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur dan juga buah-buahan serta hentikan kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dan juga makanan tinggi gula. Untuk gusi bengkak yang disebabkan oleh karena gigi sensitif terhadap pemakaian pasta gigi, maka dapat segera diatasi dengan mengganti produk kebersihan gigi dan mulut yang biasa digunakan. Sedangkan jika gusi bengkak disebabkan karena konsumsi obat-obatan tertentu, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengganti obat tersebut dengan obat lain.

Kemudian untuk penanganan gusi bengkak yang disebabkan oleh karena plak gigi, maka dokter akan menyarankan untuk melalukan pembersihan plak gigi melalui proses Scalling. Selain itu, pada sebagian kasus perlu dilakukan proses root planning untuk membersihkan plak gigi yang menempel.

Jika kondisi gusi bengkak sudah cukup parah, maka kemungkinan besar dibutuhkan penanganan medis lebih lanjut seperti dengan pemberian obat anti nyeri, pemberian antibiotik dan juga obat kumur khusus yang mengandung hidrogen peroksida dan juga klorheksidin. Jika gusi bengkak tidak kunjung sembuh dalam waktu 2 minggu, maka segera kunjungi dokter gigi terdekat.

Baca Juga : 

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Jika gusi bengkak yang di alami belum terlalu parah, maka anda bisa mencoba mengatasinya dengan cara alami atau cara herbal yang sering digunakan oleh para leluhur kita dulu. Bagimana caranya?

Berikut ini merupakan beberapa bahan alami yang ampuh untuk mengobati gusi bengkak, diantaranya yaitu :

1. Bayam Duri

Caranya yaitu :

  • Siapkan bayam duri secukupnya.
  • Bakar tanaman ini di atas alas genteng, lalu tumbuk hingga halus.
  • Gunakan bubuk tanaman bayam duri yang telah di bakar dan dihaluskan seperti salep dengan mengoleskannya pada gusi yang bengkak.

2. Asam Jawa

Asam jawa sangat efektif untuk membersihkan karang gigi dan sekaligus mengobati gusi bengkak.

Caranya yaitu :

  • Siapkan asam jawa secukupnya, lalu sangrai hingga kering.
  • Setelah itu, tumbuk halus dan gosokan pada gigi menggunakan kain atau sikat gigi.
  • Bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

3. Kulit Andong

Caranya yaitu :

  • Siapkan kulit andong dan bersihkan dengan air, lalu kupas kulitnya dan beri sedikit garam dapur.
  • Setelah itu, oleskan pada bagian gigi dan gusi yang sakit.

4. Krokot

Caranya yaitu :

  • Siapkan 200 gram krokot dan 3 gelas air bersih
  • Cuci bersih kerokot dan masukan ke dalam air, lalu rebus sampai mendidih dan air hanya tersisa 1 gelas saja.
  • Angkat dan biarkan sampai hangat, lalu minum dan gunakan sebagian untuk berkumur-kumur.

Itulah cara mengobati gusi bengkak secara alami. Agar gusi bengkak ini tidak datang lagi atau bagi anda yang belum pernah mengalami bisa mencoba cara berikut ini untuk mencegahnya.

Cara Mencegah Gusi Bengkak

  • Rajin membersihkan gigi dan mulut, gunakan sikat gigi berbulus halus dan ganti setiap 3 bulan sekali
  • Perbanyak konsumsi makanan sehat dan bergizi seperti sayur dan buah yang kaya kalsium, vitamin C dan mineral lainya.
  • Hindari minum air yang terlalu panas dan dingin
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Hindari stres karena dapat memicu resiko peradangan pada gusi.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Obat Gusi Bengkak Medis dan Tradisional (Serta Pencegahan), semoga ulasan kami diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahua anda semua.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat gusi bengkak 2017
  • obat alami buat gusi bengkak 2017
  • Obat gusi bengkak
  • Obat gusi bengkak medis
error: