12 Obat Radang Sakit Tenggorokan Alami dan Ampuh

obat sakit tenggorokan alami

Obat Sakit Tenggorokan Alami – Kadangkala seseorang mengalami masalah pada tenggorokannya. Salah satunya adalah radang pada tenggorokan. Tentu hal ini membuat aktivitas menjadi tidak nyaman terutama saat berbicara dengan orang lain. Radang tenggorokan bisa disebabkan banyak hal. Salah satu penyebab umum yang biasa terjadi adalah adanya infeksi oleh virus ataupun bakteri yang menyerang pada bagian tenggorokan. Sehingga hal ini mempengaruhi keadaan tenggorokan menjadi kurang nyaman

Namun, anda bisa menggunakan beberapa bahan herbal alami ataupun tradisional yang bisa anda manfaatkan sebagai obat herbal alami dan tradisional yang ampuh untuk membantu mengatasi dan menyembuhkan masalah radang tenggorokan ini. Namun, sebaiknya anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab dan gejala yang muncul pada penderita radang tenggorokan ini. Berikut ini adalah beberapa ulasannya untuk anda

Gejala Radang pada Tenggorokan

Radang tenggorokan secara umum dapat ditandai oleh beberapa gejala-gejala sebagai berikut :

  • Tenggorokan menjadi terasa sakit serta kering
  • Otot pada leher terasa nyeri dan kaku saat digerakkan
  • Tenggorokan terasa sakit saat menelan makanan
  • Hidung menjadi tersumbat serta pilek
  • Bau mulut menjadi kurang sedap
  • Persendian terasa nyeri serta pegal
  • Terasa Sakit pada kepala
  • Mengalami Demam dengan suhu yang cukup tinggi
  • Badan lemas dan menjadi kurang nyaman
  • terasa mual serta diikuti dengan muntah

Penyebab-penyebab Radang pada Tenggorokan

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang umum pada radang tenggorokan:

  • terjadinya iritasi pada tenggorokan bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu karena memiliki alergi terhadap beberapa benda seperti debu, asap kendaraan, radikal bebas maupun alergi terhadap bulu hewan tertentu.
  • tenggorokan bisa menjadi kering serta terdehidrasi karena keadaan suhu yang tinggi. Hal ini merupakan salah satu penyebab mudahnya berkembang biaknya bakteri serta menyebabkan iritasi pada tenggorokan jika pada jangka wktu yang lama
  • iritasi dapat disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi beberapa makanan yang terlalu pedas, banyak lemak dan minyak, terlalu asam, minuman beralkohol, minuman bersoda sehingga menyebabkan tenggorokan menjadi gatal serta kurang nyaman.
  • Memiliki riwayat menderita atau genetik penyakit anemia aplastik yaitu gangguan pada sumsum tulang belakang yang menyebabkan sumsum tidak mampu lagi memnproduksi sel sel darhnyaa dengan normal. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada tenggorokan berupa peradangan.
  • Adanya infeksi oleh virus dari jenis jamur oral trush yang menginfeksi pada tenggorokan.
  • adanya dehidrasi yang diakibatkan oleh kekurangan cairan sehingga berpengaruh terhadap kondisi tenggorokan , sehingga menyebabkan kondisi tenggorokan menjadi kering, hal ini menyebabkan mudahnya bakteri masuk pada tenggorokan melalui udara dan mempermudah iritasi.

Baca juga: 5 Cara menyembuhkan batuk kering

Obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak

Obat Radang Tenggorokan Tradisional paling alami dan ampuh

Beberapa bahan atau tanaman herbal alami dan tradisional bisa anda gunakan sebagai obat radang tenggorokan yang ampuh untuk membantu menyembuhkan dan meringankan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang pada tenggorokan. Berikut ini adalah beberapa bahan alami tersebut:

  1. Rebusan daun pepaya

Salah satu dedaunan alami yang bisa anda manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah radang atau sakit tenggorokan adalah daun pepaya muda. Caranya cukup mudah, anda bisa menyediakan beberapa lembar daun pepaya lalu rebus daun pepaya tersebut dan saring airnya. Air daun pepaya tersebut bisa anda tambahkan dengan asam jawa, Bawang putih yang telah dihaluskan, Air lobak serta air hangat. Gunakan campuran ramuan tersebut sebagai obat alami yang ampuh dengan cara berkumur agar gatal dan dahak pada tenggorokan dan rasa nyeri menjadi hilang.

  1. Daun sirih

Dedaunan selanjutnya yang bisa anda manfaatkan adalah daun sirih. Caranya anda bisa merebus daun sirih hijau atau merah kemudian dinginkan dan ambil airnya dengan menyaringnya lalu minumlah ramuan itu 2 kali setiap hari melawan bakteri penyebab radang tenggorokan dan mempercepat proses penyembuhannya. Daun sirih kaya manfaat termasuk mampu mengobati sakit tenggorokan.

  1. Daun tapak liman

Daun tapak liman juga tak kalah ampuh untuk membantu meringankan radang atau sakit tenggorokan. Caranya anda bisa merebus daun tapak liman lalu saringlah sarinya lalu didinginkan. Setelah dingin, Minumlah secara rutin setiap hari hingga radang dan sakit pada tenggorokan membaik dan mereda. Daun tapak liman ini tergolong daun herbal yang ampuh dijadikan sebagai obat radang tenggorokan herbal alami pada anak maupun dewasa.

  1. Daun Kemangi

Selain daun tapak liman diatas, daun kemangi ternyata juga bermanfaat sebagai Obat radang tenggorokan alternatif yang terbukti manjur untuk pengobatan radang tenggorokan. Anda bisa merebus daun kemangi, lalu dapat diminum langsung maupun dapat digunakan untuk berkumur. Manfaatnya agar tenggorokan lebih nyaman dan terhindar dari gatal dan rasa nyeri akibat peradangan. Minumlah secara rutin dua kali sehari agar peradangan bisa cepat disembuhkan.

  1. Lidah buaya

Anda bisa memanfaatkan lidah buaya denga cara mengambil lendirnya kemudian haluskan dan tambahkan madu secukupnya. Anda bisa meminum ramuan dari lidah buaya yang dicampur madu tersebut untuk membantu meringankan nyeri pada tenggorokan.

  1. Madu dan lemon

Perpaduan antara air lemon dan madu sangat kaya manfaat untuk melindungi tenggorokan dari serangan bakteri dan meningkatkan daya tahan tubuh setelahnya sehingga penyakit tenggorokan berupa nyeri, Batuk, Gatal , suara serak mudah disembuhkan. Obat radang tenggorokan tradisional ini cocok diberikan pada anak anak dan balita karena memiliki rasa yang nikmat dan bernutrisi tinggi.

  1. Bawang putih

Jenis bawang-bawangan yang bisa anda manfaatkan salah satunya adalah bawang putih. Makanlah bawang putih ketika tenggorokan terasa gatal, Serak ataupun sakit untuk menelan. Bawang putih memiliki zat anti radang dan antioksidan yang kuat dan aktif dalam membasmi pertumbuhan bakteri penyebab peradangan pada tenggorokan. Sebagai  obat radang tenggorokan alami bawang putih termasuk bahan herbal paling aman dan cepat dalam menyembuhkan luka, Iritasi dan pembengkakan akut pada tenggorokan.

  1. Minuman air jahe

Selain nikmat dan menghangatkan tubuh, Jahe merupakan salah satu bahan minuman yang bermanfaat untuk melegakan dan meredakan sakit tenggorokan, jahe juga berkhasiat menenangkan aliran darah dan berguna juga untuk membuat daya tahan tubuh meningkat terhadap serangan termasuk serangan oleh bakteri penyebab radang tenggorokan yang terbawa oleh radikal bebas maupun makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya.

  1. Minuman air kunyit

Tanaman obat Kunyit mempunyai beberapa kandungan. Salah satunya yaitu kandungan zat antiseptik dan anti luka yang dapat melindungi luka pada tenggorokan yang disebabkan oleh peradangan. Obat radang tenggorokan tradisional yang berbahan dasar kunyit sudah dipercaya ribuan tahun sebagai obat penyembuh peradangan yang ada ditubuh termasuk saluran kerongkongan. Anda bisa meminum air rebusan kunyit secara rutin hingga peradangan pada tenggorokan dapat mereda dan membaik.

  1. Jus belimbing dan madu

Anda juga dapat memanfaatkan jenis buah yaitu buah belimbing. Anda bisa membuat jus belimbing yang dicampur dengan madu yang berguna untuk melawan aktivitas bakteri penyebab sakit pada tenggorokan. Madu berkhasiat untuk melindungi saluran pada tenggorokan dari peradangan sedangkan nutrisi dari jus belimbing dapat mencegah saluran tenggorokan mengalami dehidrasi yang memicu iritasi.

  1. Kayu manis, lada, dan garam

Anda bisa memanfaatkan ramuan dari campuran lada, kayu manis, serta garam. Caranya, anda bisa mencampurkan Lada bubuk dengan kayu manis serta garam secukupnya kemudian rebuslah sampai matang. Setelah itu diamkan hingga airnya dingin lalu ambil airnya dengan menyaringnya lalu bisa anda minum ramuan tersebut 1 kali dalam sehari secara rutin yang berguna untuk melegakan pernafasan, Mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan, Menghilangkan rasa gatal serta mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan.

  1. Air cengkih tua

Air cengkih ternyata juga berguna untuk melawan rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan. Cengkih merupakan salah satu obat radang tenggorokan tradisional yang memiliki kandungan anti inflamasi yang sangat tinggi dan mampu memblokir aktivitas virus maupun bakteri hasil dari radikal bebas termasuk dari makanan.

kata untuk mencari artikel ini:
  • gambar radang tenggorokan
  • foto radang tenggorokan
  • gambar radang
  • gambar tenggorokan radang
  • gambar sakit tenggorokan
  • gambar radang tengorokan
  • gambar obat orang sakit
  • gambar tenggorokan sakit
  • gambar tenggorokan
  • gambar rada
  • gambar obat radang tenggorokan
  • gambar tenggorokan yang memiliki radang
  • gambar penyakit radang tenggorokan
  • gambar penyakit radang
  • cara membuat obat daun sirih untuk penyakit radang tenggorokan

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

12 Obat Radang Sakit Tenggorokan Alami dan Ampuh | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: