15 Obat Sakit Kepala di Apotik dan Tradisional Alami

Obat Sakit Kepala

Obat Sakit Kepala

15 Obat Sakit Kepala di Apotik dan Tradisional Alami – Sudah dapat dipastikan jika semua orang pastinya pernah mengalami yang namanya sakit kepala, maka dari itu pada ulasan kali ini sehat-natural.com akan membagikan informasi mengenai cara mengobati sakit kepala secara tradisional yang mungkin sedang anda cari saat ini.

Menderita sakit kepala memang terasa tidak nyaman dan bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih jika sakit kepala ini menyerang pada saat-saat dimana kita sedang melakukan pekerjaan penting atau kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Hal seperti ini tentunya sangat tidak kita harapkan, bukan? Oleh karena itu, jika anda sering menderita sakit kepala sebaiknya anda mempersiapkan obat sakit kepala di dalam tas anda yang bisa anda beli di apotik atau toko obat. Namun jika anda tidak terbiasa minum obat kimia, maka ada beberapa jenis obat sakit kepala alami yang ampuh untuk mengobati sakit kepala.

Sebelum kami mengulas informasi tentang obat sakit kepala, penting untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat menjadi penyebab sekit kepala. Beberapa faktor penyebab sakit kepala yang umum terjadi pada kebanyakan orang yaitu bisa dipicu oleh karena faktor kelelahan akibat kurangnya istirahat, faktor cuaca yang terlalu ekstrim, terlalu banyak beban pikiran atau stres, suasana lingkungan yang bising, terlambat makan, sakit gigi, kekurangan cairan dan bisa juga disebabkan oleh perubahan hormonal yang sering di alami oleh wanita saat hamil atau menstruasi. Selain itu, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh pengaruh dari gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, jarang berolahraga, terlalu sering tidur larut malam, kebiasaan merokok dan juga minum alkohol.

Dengan mengetahui penyebab sakit kepala tersebut, maka anda bisa mengetahui apa faktor penyebab yang sering anda lakukan. Dengan demikian, maka anda bisa mengurangi atau menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat anda menderita sakit kepala sebelum anda memutuskan untuk minum obat. Memskipun anda sering minum obat sakit kepala tetapi anda tidak mengatasi atau menghindari penyebabnya, sakit kepala bisa kembali menyerang kapan saja dan dimana saja.

Jenis Obat Sakit Kepala Tradisional Paling Ampuh

Jika anda memilih untuk minum obat sakit kepala alami (tradisional), ada beberapa jenis obat herbal yang bisa anda pilih untuk mengobati sakit kepala yang anda derita, diantaranya yaitu :

  1. Jahe

Anda semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman obat yang satu ini. Tanaman obat ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati sakit kepala. Selain itu, kandungan zat alami yang terdapat pada jahe mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dengan rutin minum air rebusan jahe atau wedang jahe anda tidak akan terlalu sering terserang sakit kepala.

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan satu rimpang jahe ukuran sedang, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu iris kasar jahe tersebut dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian saring dan dinginkan, agar rasanya lebih nikmat anda bisa menambahkan sedikit madu dan minum sampai habis selagi hangat. Jika anda  tidak sempat untuk membuat air rebusan jahe, maka anda bisa membeli wedang jahe instan yang tinggal di seduh dengan air hangat.

  1. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga merupakan salah satu jenis tanaman obat yang terbukti efektif untuk meredakan sakit kepala. Tanaman yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan ini mudah untuk didapatkan dan bahkan selalu ada di dapur anda. Cara membuat obat sakit kepala dari kunyit ini sangatlah mudah, yaitu siapkan 1 rimpang kunyit ukuran sedang dan cuci sampai bersih. Setelah itu haluskan dengan cara di parut, lalu seduh dengan segelas air panas dan aduk-aduk. Setelah itu saring airnya dan minum selagi hangat sampai habis, anda juga bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya lebih enak dan nikmat.

  1. Daun Mint

Obat herbal untuk sakit kepala berikutnya yaitu dapat menggunakan daun mint. Daun mint merupakan daun tanaman yang memiliki rasa dan aroma khas dan menyegarkan, sehingga dapat memberikan efek relaksasi yang cukup ampuh untuk meredakan sakit kepala. Cara membuat ramuan obat sakit kepala dari daun mint yaitu, siapkan daun mint segar secukupnya dan bersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, rebus daun mint dengan segelas air sampai mendidih, lalu saring dan dinginkan. Setelah itu minum ramuan daun mint tersebut selagi hangat sampai habis.

  1. Daun Dewa

Mungkin sebagian dari anda masih ada yang belum tahu apa itu daun dewa. Daun dewa merupakan salah satu jenis daun dari tanaman obat yang memiliki khasiat cukup ampuh untuk meredakan sakit kepala. Di dalam daun dewa mengandung senyawa seperti flavanoid, saponin, tanin dan juga minyak atsiri yang terbukti ampuh untuk mengobati sakit kepala. Selain itu, daun dewa juga berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit lainnya seperti demam, menghentikan pendarahan, mengobati kejang-kejang, mencegah tumor, meredakan pembengkakan dan beberapa jenis penyakit lainnya. Cara mengobati sakit kelapa dengan daun dewa sama dengan cara yang dilakukan dengan menggunakan daun mint, minum ramuan ini secara rutin dan teratur sampai sakit kepala yang anda derita hilang.

  1. Kentang

Mungkin anda tidak akan menyangka jika ternyata kentang juga sangat ampuh untuk meredakan sakit kepala, ini dikarenakan kandungan vitamin B dan kandungan mineral yang terdapat pada lkentang ini mampu meredakan sakit kepala dengan cepat. Cara membuat ramuan obat sakit kepala dengan kentang yaitu dengan makan kentang rebus, makan kentang rebusa selagi hangat dan dalam waktu singkat sakit kepala akan mulai berkurang.

  1. Kulit Manggis

Kulit manggis merupakan salah satu obat sakit kepala yang sudah terbukti ampuh, bahkan kulit manggis juga dapat mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh kanker. Hal ini dikarenakan, di dalam kulit manggis mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi dan dikenal dengan sebutan xhantone. Cara membuat ramuan obat herbal sakit kepala dari kulit manggis sangat mudah, anda cukup merebus satu buah kulit manggis dengan dua gelas air bersih sampai mendidih. Biarkan air rebusan kulit manggis tersebut hanya tersisa 1 gelas saja. Setelah itu, saring airnya dan minum sampai habis selagi hangat secara teratur sampaiu sakit kepala yang anda derita sembuh.

  1. Daun Jeruk Nipis

Obat herbal untuk mengobati sakit kepala yang terakhir yaitu dapat menggunakan daun jeruk nipis segar. Mungkin anda juga sering mengguakan daun jeruk nipis ini untuk menambah aroma pada masakan, namun tahukan anda ternyara kandungan zat yang terdapat di dalam jeruk nipis sangat efektif untuk meredakan sakit kepala. Caranya yaitu, anda bisa mengkonsumsi langsung 2-3 lembar daun jeruk nipis segar pada saat sakit kepala menyerang, atau anda juga bisa menghaluskan daun jeruk nipis dan diberi sedikit minyak kayu putih kemudian mengoleskannya pada bagian kening, tengkuk dan juga bahu.

Daftar Merk Obat Sakit Kepala di Apotik

  • Aspirin
  • Ibuprofen
  • Paracetamol
  • Rizatriptan ( Maxalt, Maxalt – MLT )
  • Frovatriptan ( Frova )
  • Naratriptan ( Amerge )
  • Analgesik opioid
  • Isometheptene, dichloralphenazone, dan acetaminophen (Midrin, Epidrin)

Perhatian :

Jika dalam 3 hari sakit kepala tidak kunjung sembuh dan mlah semakin parah, maka segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai obat sakit kepala tradisional, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • obat sakit kepala
  • obat sakit kepala tradisional
  • obat sakit kepala di apotik
  • tanaman obat sakit kepala
  • obat sakit k
  • obat sakit kepala alami
  • obat pusing kepala
  • obat sakit kepala herbal
  • obat untuk sakit kepala
  • obat sakit kepala tradisional paling mujarab
  • obat sakit kepala com
  • obat sakit ke
  • obat sakit kpala
  • obat sakit kepala adalah
  • Obat puyeng kepala

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

15 Obat Sakit Kepala di Apotik dan Tradisional Alami | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: