9 Tanda Penyakit yang Bisa Terlihat dari Mata

Penyakit yang Bisa Terlihat dari Mata

Penyakit yang Bisa Terlihat dari Mata

Tanda Penyakit yang Bisa Terlihat dari Mata

9 Tanda Penyakit yang Bisa Terlihat dari Mata – Mata merupakan salah satu panca indera yang tuhan berikan untuk melihat. Namun tahukah anda, ternyata dari mata kita bisa mengenali tanda-tanda adanya masalah kesehatan suatu penyakit yang sedang diderita seseorang dengan hanya melihat kondisi dari matanya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa fungsi mata sangatlah penting bagi kehidupan manusia, karena fungsi dari mata yang sangat vital sudah seharusnya kita selalu menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita harus mengetahui beberapa fakta mengenai mata, karena mata dapat mendeteksi adanya gangguan kesehatan yang terdapat pada tubuh kita.

Macam-Macam Penyakit yang Bisa Terlihat dari Mata

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa kita lihat dari mata. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Penyakit Diabetes

Seseorang yang menderita penyakit diabetes dapat dikenali dengan beberapa ciri, salah satu cirinya bisa kita deteksi dari mata. Cara untuk mendeteksi seseorang menderita penyakit diabetes dari mata yaitu cukup mudah, salah satu ciri atau tanda yang paling menonjol pada penderita penyakit diabetes yaitu memiliki lensa mata yang keruh.

Kenapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan terlalu tingginya kadar gula dalam darah pada tubuh seseorang yang menyebabkan pembuluh darah pada bagian retina matah sangat mudah pecah. Untuk mencegah kondisi yang semakin memburuk, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter apabila anda mengalami tanda tersebut pada mata anda. Jika dibiarkan saja dan kondisinya semakin memburuk, maka kemungkinan besar anda bisa mengalami kebutaan permanen.

  1. Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Jenis penyakit lain yang bisa dideteksi dari mata yaitu penyakit darah tinggi, salah satu ciri atau tanda yang bisa kita lihat dari mata pada seseorang yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi yaitu dari warna matanya yang mengalami perubahan menjadi sedikit keperakan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh karena terjadinya penyempitan pada pembuluh darah dibagian mata, terjadi kebocoran pada pembuluh mata atau mengencang karena tekanan darah di dalam tubuh mengalami ketidak seimbangan. Jika terjadi seperti hal ini, maka segera lakukan pemeriksaan medis atau pencegahan agar kondisinya tidak semakin parah.

  1. Penyakit Kolesterol

Kolesterol yang terlalu tinggi tentunya sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, seseorang yang memiliki kolesterol tinggi memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat dari kondisi matanya. Jika pada matanya terdapat cincin berwarna putih melingkar pada iris mata, maka dapat dipastikan jika lingkaran berwarna putih tersebut yang dikenal dengan istilah medisnya ‘Archus Senilis’.

Faktor penyebab utama dari munculnya lingkaran berwarna putih tersebut yaitu disebabkan oleh karena adanya timbunan lemak pada bagian kornea mata. Bagi seseorang yang mengalami gejala tersebut, maka sebaiknya selalu memperhatikan pola makan dan juga gaya hidup yang lebih sehat. Jika kondisi tersebut sudah terasa mengganggu, maka langkah terbaik yang harus anda lakukan yaitu dengan memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.

  1. Penyakit Melanoma

Mungkin sebagian dari anda masih banyak yang bertanya-tanya, apa itu Melanoma? Melanoma merupakan jenis penyakit kanker ganas yang biasanya muncul pada sel tubuh yang dapat menghasilkan melamin pada pigmen yang memiliki peran penting dalam memberikan warna kulit. Tidak hanya pada bagian kulit saja, melanoma juga dapat menyerang organ mata dan juga beberapa organ tubuh lain yang terdapat di bagian dalam tubuh.

Faktor penyebab kemunculan Melanoma yang paling sering dialami oleh penderitanya yaitu akibat dari radiasi sinar UV yang dapat meningkatkan resiko munculnya kanker pada bagian bola mata. Inilah yang disebut dengan istilah Melanoma mata, ciri-ciri kanker ini bisa dilihat adanya titik kecil yang terdapat pada lapisan pigmen mata.

  1. Stress

Akibat dari terlalu lama bekerja di depan layar komputer atau laptop memang dapat beresiko seseorang mengalami penumpukan cairan pada retina mata, akibat yang ditimbulkan dari penumpukan cairan tersebut maka bisa menyebabkan daya penglihatan menjadi kabur atau tidak jelas. Terjadinya penumpukan cairan berlebih pada retina mata yang disebabkan oleh karena stres dikenal dalam istilah medis dengan sebutan Centralserosa Retinopati.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Ophthalmology mengungkapkan bahwa lebih dari 38% seseirang yang menderita penyakit Centralserosa Retinopati merasakan jika tubuh penderitanya berada dalam kondisi tekanan tinggi. Selain dapat membuat penglihatan menjadi kabur, tanda lain akibat dari stres ini yaitu dengan munculnya lingkaran berwarna hitam yang terletak dibagian bawah mata. Penyebab yang sering dialami yaitu karena kurangnya istirahat atau tidur, atau bisa juga disebabkan oleh karena penyebab lain seperti menerapkan pola diet yang tidak tepat.

  1. Alergi

Debu dan juga kotoran yang beterbangan di udara tanpa sengaja bisa terhirup dan juga masuk ke dalam mata, sehingga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mata kita. Tubu biasanya akan melakukan pencegahan dengan cara meningkatkan produksi histamin dan juga zat kimia lain dalam tubuh untuk membantu melawan alergi dan juga bebnda asing yang masuk ke dalam mata.

Pada saat terjadi proses produksi histamin ini dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah di mata dan juga dapat menyebabkan bola mata menjad kemerahan disertai dengan rasa gatal yang muncul pada bagian putih mata. Jika anda mengalami kondisi seperti ini, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis untuk menurunkan resiko yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba.

  1. Disfungsi Tiroid

Jenis penyakit yang bisa terlihat dari mata yaitu penyakit disfungsi tiroid, penyakit ini bisa kita deteksi kepastiannya dengan melihat ciri-cirinya dari bentuk alis mata yang terlihat tipis. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh faktorlain sepeti disfungsi tiroid.

Perlu anda semua ketahui bahwa hormon tiroid sangat berfungsi untuk melindungi metabolisme tubuh dan juga pertumbuhan rambut. Jika anda mengalami disfungsi tiroid baik itu yang terlalu aktif atau dikenal dalam istilah (Hiperteroid) atau bisa juga disebabkan oleh karena tidak terlalu aktif yang dikenal dengan istilah (hipoteroidisme) yang dapat mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. Gejala lain yang sering dialami oleh penderita disfungsi teroid yaitu tubuh mudah lelah dan susah buang air besar (BAB).

  1. Penyakit Hati dan Empedu (Penyakit Kuning)

Jenis penyakit ini bisa dideteksi dengan mudah dengan melihat kondisi mata, mata seseorang yang menderita penyakit hati dan empedu dapat membuat mata penderitanya berubah warna yang asalnya berwarna putih dapat berubah menjadi berwarna kuning dan penyakit ini lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan ‘penyakit kuning’. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penyakit hati dan empedu ini merupakan jenis penyakit yang cukup serius mengingat fungsi dan peran dari organ hati dan kantung empedu pada tubuh manusia sangat vital. Maka dari itu, jika anda mengalami masalah kesehatan ini, sebaiknya segera pergi memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter.

  1. Penyakit Katarak

Jenis penyakit lain yang bisa kita deteksi keberadaannya dari mata yaitu penyakit mata katarak. Mata Katarak bisa dikenali dengan adanya gumpalan yang mirip dengan awan yang menempel pada bola mata, sehingga penglihatan akan menjadi terganggu dan terasa seperti ada yang menghalangi. Mata katarak tidak bisa diatas dengan menggunakan kacamata tetapi harus dilakukan operasi katarak, mata katarak sendiri disebabkan oleh karena lensa mata menjadi keruh.

Nah, itulah beberapa jenis Penyakit yang Bisa Terlihat dari Mata, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua.

kata untuk mencari artikel ini:
  • apakah anak yg berpenyakit bisa di lihat dari mata nya?
  • cara liat mata yang ber penyakit
  • cara mengobati penyakit demam tinggi untuk dewasa
  • penyakit yang bisa dilihat dari mata
  • tubuh sehat terlihat dari mata

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

9 Tanda Penyakit yang Bisa Terlihat dari Mata | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: